Brilio.net - Sudah bukan rahasia lagi jika smartphone belakangan ini menjadi suatu kebutuhan. Jangan heran jika banyak orang menyimpan data-data yang bersifat pribadi di dalam smartphone. Jika kamu berpikir smartphone adalah tempat yang aman untuk menyimpan data-data pribadi, kamu salah besar. Pasalnya, setiap smartphone ternyata punya celah keamanan yang bisa dieksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Ngerinya lagi, data-data pribadi yang kamu simpan itu bisa dengan mudah dicuri oleh para peretas. Nah, untuk meningkatkan kewaspadaanmu, berikut brilio.net sajikan 6 tanda tak terduga dari smartphone yang kena retas, seperti dilansir dari laman Brightside, Jumat (13/10).

1. Baterai smartphone sering berkurang drastis secara tiba-tiba.

tanda tak terduga smartphone kamu sedang diretas © 2017 berbagai sumber

foto: gizbot.com

Setiap smartphone tentu memiliki kapasitas baterai yang berbeda-beda. Jika kamu sudah terbiasa menggunakan smartphone, kamu pastinya akan hapal berapa lama waktu pemakaian normal smartphone kamu hingga baterainya benar-benar habis.

Namun jika tiba-tiba daya baterai kamu berkurang drastis padahal pemakaian normal-normal saja, kamu patut waspada. Hal ini bisa terjadi karena ada aplikasi tak dikenal yang berjalan secara background.

Aplikasi itu bisa saja sejenis malware yang bisa mencuri data-data dari smartphone kamu. Terdengar mengerikan, bukan? Solusinya, jangan sembarangan meng-install aplikasi dari sumber yang tak dikenal.

2. Smartphone tiba-tiba menjadi hangat.

tanda tak terduga smartphone kamu sedang diretas © 2017 berbagai sumber

foto: thegadgetflow.com

Sama seperti poin nomor satu, tanda lainnya jika ada aplikasi yang berjalan secara background adalah smartphone tiba-tiba menjadi hangat. Tidak ada salahnya jika kamu mengecek aplikasi apa saja yang sedang berjalan melalui pengaturan.

Jika kamu pengguna Android, bisa masuk ke menu pengaturan, aplikasi, lalu klik tab running. Di menu itu bisa dilihat dengan jelas aplikasi apa saja yang sedang berjalan.

Apabila kamu menemukan aplikasi tak dikenal, segera hapus dan jangan pernah lagi meng-install aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya.

3. Wi-fi sering aktif sendiri.

tanda tak terduga smartphone kamu sedang diretas © 2017 berbagai sumber

foto: reviewcentralme.com

Saat berada di tempat umum, dan Wi-fi kamu tiba-tiba aktif sendiri, kamu patut waspada. Hal tersebut bisa jadi kamu sedang disadap. Lewat koneksi Wi-fi di tempat umum, para peretas bisa dengan mudah menginfeksi dan melakukan transfer data ke target yang mereka inginkan.

4. Muncul suara aneh saat melakukan panggilan.

tanda tak terduga smartphone kamu sedang diretas © 2017 berbagai sumber

foto: consumerreports.org

Salah satu tanda smartphone yang sedang dalam kondisi disadap adalah munculnya suara bising dan aneh selama kamu melakukan panggilan telepon. Kalau itu terjadi, kamu patut waspada, apalagi jika lawan bicara kamu merasa suara panggilan normal-normal saja.

5. Kuota tiba-tiba boros.

tanda tak terduga smartphone kamu sedang diretas © 2017 berbagai sumber

foto: brightside.me

Selain baterai yang tiba-tiba berkurang drastis, kuota yang mendadak jadi boros adalah salah satu tanda ada aplikasi yang sedang mengirim data tanpa sepengetahuan kamu. Jika kamu kerap menggunakan paket data, kamu pastinya hapal dong berapa lama biasanya kuotamu bertahan. Namun jika tiba-tiba menjadi boros, kamu patut waspada dan segera mengecek ada aplikasi apa saja yang terinstall di smartphone kamu.