Brilio.net - Bulan November 2020 lalu, Vivo merilis salah satu smartphone terbarunya di keluarga Y series, yakni Y12s di kelas menengah. Sebelumnya, smartphone asal China ini memang banyak digandrungi dari berbagai kalangan, terutama anak muda.

Selain baterai, yang menarik dari perangkat ini adalah soal kamera. Dari awal kemunculannya di pasar Indonesia, Vivo memang konsisten dalam menyajikan fasilitas kamera yang mumpuni, sesuai kelasnya masing-masing. Selain memiliki fitur yang menarik dan kualitas yang makin bagus, harga HP ini juga relatif murah.

Yang unik dari Y12s ini fitur pengaman seperti fingerprint yang biasanya ada di body belakang atau pada layar, terdapat di bagian samping body sehingga diberi nama side fingerprint. Bodynya juga mengusung desain 2.5D dengan warna yang indah dan mempesona. Vivo menghadirkan dua varian warna yakni glacier blue yang tampil layaknya glasier es berpadu pancaran sinar matahari, dan phantom black yang memadukan warna hitam dan biru tua sehingga menghasilkan tampilan mewah.

Penasaran bagaimana tampilan dari Vivo Y12s ini? Berikut spesifikasi Y12s beserta kelebihan dan kekurangannya, brilio.net lansir dari vivo.com dan sumber lain pada Kamis (17/12).

Spesifikasi

1. Kapasitas baterai: Li-Po 5000 mAh

Loading...

2. Resolusi kamera belakang: Dual camera 13 MP + 2 MP

3. Resolusi kamera depan: 8 MP

4. Ukuran layar: IPS-LCD 6.51 inch resolusi 720 x 1600 pixels

5. Prosessor: Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm)

6. Sistem operasi: Android 10, Funtouch 11

7. RAM: 3 GB

8. Penyimpanan internal : 32 GB

Harga

Harga Vivo Y12s dimulai dari Rp 1.999.000

Kelebihan Vivo Y12s

1. Fitur Side Fingerprint.

Spesifikasi Vivo Y12s © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Biasanya, smartphone memiliki fitur kunci pengaman seperti fingerprint yang berada di body belakang HP ataupun di layar HP. Vivo berinovasi lewat Y12s menyematkan fitur side fingerprint yang terletak di body samping.

Vivo Y12s ini dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari yang sudah terintegrasi dengan tombol powernya untuk dapat membuka dan menutup perangkat secara cepat.

Dalam pengujiannya, Vivo mengklaim side fingerprint ini memiliki kecepatan buka dari fasilitas fingerprint unlocknya hanya selama 0,23 detik saja dan kecepatan layar mati selama 0,32 detik.

2. Kapasitas baterai besar.

Spesifikasi Vivo Y12s © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Vivo Y12s ditenagai baterai dengan kapasitas besar, yakni 5.000 mAh. Untuk ukuran smartphone kelas entry level, baterai dengan kapasitas sebesar itu sudah lebih dari cukup untuk digunakan selama berhari-hari atau untuk berbagai aktivitas.

Vivo mengklaim bahwa baterainya tahan lama walaupun digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti menonton video, mendengarkan musik, mengoperasikan aplikasi sampai bermain game. Satu kali pengisian daya penuh dapat mendukung streaming film HD online hingga 16,3 jam, atau bermain game yang membutuhkan daya besar selama 8,9 jam. Tidak hanya itu, hanya dalam sekali pengisian ulang, baterainya mampu bertahan sampai berjam-jam.

3. Dilengkapi AI Dual Camera.

Spesifikasi Vivo Y12s © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Meski hanya memiliki 2 lensa kamera belakang, tapi gambar yang dihasilkan oleh kamera Vivo Y12s ini sudah mumpuni pada kelasnya. Dua kamera tersebut terdiri dari lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 13MP, sedangkan lensa satunya mempunyai resolusi sebesar 2 MP.

Melalui website resminya, Vivo mengklaim kamera super bokeh 2 MP pada Vivo Y12s bisa memberikan hasil yang akurat dan canggih berkat algoritma bokeh Vivo yang diperbarui. Sementara bagian depan, terdapat kamera selfie dengan resolusi sebesar 8 MP.

4. Fitur Reverse Charging.

Spesifikasi Vivo Y12s © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Selain baterai dengan kapasitas besar, Vivo Y12s ini dibekali juga dengan fitur Reverse Charging yang dapat digunakan sebagai power bank. Artinya, Vivo Y12s ini dapat mengisi daya perangkat lain, seperti HP temanmu yang sedang kehabisan daya. Hal ini menjadi kelebihan untuk seseorang yang memiliki 2 HP, dengan salah satu daya yang kurang maka Vivo Y12s bisa menjadi penyelamatnya.

5. Dilengkapi Multi-Turbo 3.0

Spesifikasi Vivo Y12s © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Adanya Multi-Turbo 3.0 ini dapat mengoptimalkan seseorang saat bermain game supaya gangguan saat ngegame seperti lag dapat berkurang. Selain itu, fitur ini secara cerdas mengalokasikan dan memprioritaskan CPU dan sumber daya penyimpanan internal, terutama ketika terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan di latar belakang.

6. Penyimpanan yang besar.

Spesifikasi Vivo Y12s © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Vivo Y12s memiliki RAM sebesar 3 GB dengan ROM 32 GB yang mana masih dapat ditambah lagi kapasitasnya sampai dengan 256 GB menggunakan microSD. Dengan penyimpanan besar dan chipset Helio P35 dengan prosesor Octa-core yang memiliki clock speed mencapai 2.3GHz serta memakai kartu grafis PowerVR GE8320, membuat seseorang dapat bermain games dengan mulus dan tak takut berjalan lemot.

Kekurangan Vivo Y12s

1. Belum Fast Charging.

Spesifikasi Vivo Y12s © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Semakin besar kapasitas baterai smartphone akan semakin lama juga proses pengisian dayanya. Sayangnya, Vivo Y12s ini belum dilengkapi dengan fitur fast charging atau pengisian daya secara cepat.

2. Layar belum Full HD.

Spesifikasi Vivo Y12s © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Vivo Y12s masih menggunakan layar dengan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel). Padahal, HP sekelasnya dari brand lain sudah dibekali dengan layar beresolusi Full HD+ atau bahkan AMOLED.

RECOMMENDED BY EDITOR