Brilio.net - Perusahaan alat komunikasi, Vivo tak henti-hentinya mengeluarkan produk smartphone terbaru dengan beragam fitur baru. Smartphone rilisan baru ini dibanderol dengan harga yang sesuai dengan kualitasnya.

Pada akhir September 2020 lalu, Vivo merilis seri V20. Vivo menyebut V20 hadir dengan desain smartphone yang tipis, ditambah warna lebih segar dan stylish. Dilansir dari liputan6.com, Vivo Indonesia pada Senin (21/9/2020), menggelar acara online product hands on untuk memperlihatkan desain dan beberapa fitur utama keduanya.

Senior Product Manager Vivo Indonesia, Ricky Bunardi, menjelaskan beberapa keunggulan yang ditawarkan dari Vivo V20 ini. Salah satu keunggulan utama dari kedua varian tersebut terletak pada fitur kamera. Seperti yang diketahui, sejak awal kemunculannya, Vivo memang unggul dalam kualitas kameranya. Vivo V20 memiliki kamera depan 44MP Eye Autofocus. Kamera ini bisa melakukan perekaman selfie video dengan kualitas 4K.

"Di teknologi kamera ini ada sensor yang sangat besar yaitu 44MP. Hasilnya akan sangat depth," ungkap Ricky.

Fitur autofocus juga menjadi andalan kamera depan. Kehadiran fitur tersebut membuat pengguna bisa mengambil foto close up selfie mulai dari jarak 15 cm. Namun tak hanya unggul dalam kamera saja, Vivo V20 ini juga memiliki keunggulan yang lain, serta tetap memiliki kekurangan.

Loading...

Ingin tahu ulasannya? Yuk intip spesifikasi Vivo V20 beserta kelebihan dan kekurangannya, brilio.net rangkum dari vivo.com dan sumber lainnya pada Kamis (22/10).

- Spesifikasi

1. Prosesor: Qualcomm Snapdragon 720G

2. RAM: 8GB Storage: 128GB

3. Baterai: LiPo 4.000 mAh, Fast Charging 33W

4. Layar: AMOLED 6,44 inchi (rasio layar-ke-bodi 90,37%), resolusi 2.400 × 1.080 piksel (FHD+)

5. Kamera depan: 44MP AF

6. Kamera Belakang: 64MP AF + 8MP AF (Wide-Angle/Macro/Depth Kamera) + 2MP (Mono)

- Harga

Dimulai dari Rp. 4.999.000

- Kelebihan Vivo V20

1. Triple Camera yang memukau.

Spesifikasi Vivo V20 © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

HP Vivo V20 dilengkapi dengan triple camera atau tiga lensa kamera yang terletak di body belakang. Konfigurasi tiga kamera ini terdiri dari lensa utama 64 MP dengan bukaan apertur f/1.9 dan focal length 26mm.

Ada pula lensa 8 MP dengan fungsi ultra lebar dengan sudut keluasan 120 derajat. Terakhir, adalah kamera berkekuatan 2 MP yang difungsikan untuk mengambil gambar bokeh.

Untuk fitur video, Vivo V20 didukung resolusi 4K pada frame rate 30 FPS dengan hasil gambar yang tajam dan warna memukau. Selain itu HP ini juga dilengkapi dengan super night mode, yang akan membantu penggunanya dalam mengabadikan momen di malam hari dengan tetap jelas dan terang.

 

2. Dapur pacu yang powerful.

Spesifikasi Vivo V20 © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Vivo V20 dibekali dengan dapur pacu yang ditenagai Snapdragon 720G. Selain itu tersedia pula fitur Ultra Game Mode yang bisa mengoptimalkan pengaturan sistem operasi agar alokasi CPU dan GPU-nya bisa difokuskan pada game yang sedang dimainkan. Sehingga gamer yang menggunakan V20 ini akan merasa dimanjakan, karena tidak akan ditemui kendala apapun saat bermain gamer menggunakan Vivo V20.

3. Kapasitas penyimpanan besar.

Spesifikasi Vivo V20 © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Vivo V20 pun memilik kelebihan dari segi memori penyimpanannya yang cukup besar. Untuk RAM-nya sendiri 8 GB sehingga memungkinkan untuk kebutuhan multitasking. Sementara itu memori internalnya 128 GB dan sangat mendukung untuk penyimpnan file-file berukuran besar.

4. Fast charging.

Spesifikasi Vivo V20 © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Sebagai HP mid-range, Vivo V20 dibekali dengan batrai LiPo 4.000 mAh yang juga dilengkapi dengan fitur fast charging 22 W. Fast charging ini membuat penggunanya lebih mudah dan cepat dalam mengisi daya, bahkan 2 kali lebih cepat dari seri vivo sebelumnya, seperti V19.

5. Dilengkapi fitur NFC.

Spesifikasi Vivo V20 © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Vivo V20 memberikan kegunaan lebih NFC (Near Field Communication) bagi konsumen sebagai NFC Multifunctions. Bagi pengguna yang sering lupa membawa kartu akses atau ingin mempermudah kegiatan hariannya, NFC Multifunctions selain bisa digunakan sebagai top-up dan cek saldo e-money serta transfer data, dapat pula digunakan untuk menduplikasi fungsi kartu akses kantor, rumah atau apartemen.

6. Layar AMOLED.

Spesifikasi Vivo V20 © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Layar Vivo V20 didesain berponi dengan bezel yang cukup tipis, meraih rasio perbandingan bodi ke layar yang sangat besar, yakni sekitar 83,7%. Vivo V20 juga hadir dengan layar AMOLED ukuran 6,44 inci pada resolusi Full HD+.

Penggunaan panel AMOLED ini membuat V20 mampu menyuguhkan sensor sidik jari di dalam layar atau yang biasa disebut in-display fingerprint scanner. Pastinya bakalan menjamin kemampuan visual yang tajam, jernih, dan berkualitas. Belum lagi resolusi layarnya sudah Full HD+ dengan ukuran 1080 x 2400 piksel yang membuat visual makin terlihat nyata.

 

- Kekurangan Vivo V20

1. Kapasitas baterai kurang besar.

Spesifikasi Vivo V20 © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Jika dibandingkan dengan vivo V20 SE yang rilis bersamaan dengan smartphone ini, kapasitas baterai vivo V20 justru lebih rendah padahal spesifikasinya dan harganya lebih tinggi. Kekurangan vivo V20 ini kapasitas baterainya adalah 4000 mAh. Sementara kapasitas baterai vivo V20 SE mencapai 4100 mAh.

 

2. Tidak dilindungi gorilla glass

Spesifikasi Vivo V20 © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Tidak ada yang tahu kapan kita akan menjatuhkan ponsel secara tidak sengaja. Masalah kecerobohan seperti ini adalah salah satu yang paling ditakutkan pada penggemar gadget dan membuat retakan di layar ponsel. Vendor mengakali hal ini dengan menghadirkan lapisan kaca pelindung bawaan, yang paling populer sih biasanya Gorilla Glass.

Vivo V20 sayangnya tidak memiliki ketahanan Gorilla Glass, jadi mau tidak mau konsumen pun diwajibkan berhati-hati jangan membiarkan ponsel terjatuh. Lagi pula juga, fungsi Gorilla Glass pun tak hanya untuk mencegah layar jadi retak, melainkan menjaga layar dari goresan-goresan kecil agar tidak baret. Sehingga mau tidak mau harus menambahkan tempered glass sendiri supaya HP terlindungi dari kerusakan saat terjatuh atau terbentur benda keras.

3. Belum Quad Camera.

Spesifikasi Vivo V20 © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Meskipun dibekali dengan triple camera dengan resolusi tinggi, seharusnya Vivo V20 dengan harga hampir Rp 5 juta, dibekali dengan 4 kamera di body belakangnya, seperti pada HP dari brand lain yang sekelas dengan Vivo V20.

RECOMMENDED BY EDITOR