Brilio.net - Berbicara mengenai smartphone, berbagai brand terus mengeluarkan produk terbaiknya guna memanjakan konsumen. Salah satunya adalah Vivo.

Vivo menyediakan smartphone berkualitas dengan harga yang terjangkau. Smartphone ini biasa jadi incaran kelas menengah ke bawah. Salah satu serinya yang paling banyak dicari adalah Vivo V15.

Versi ini menjadi daya tarik lantaran dibekali dengan spesifikasi dan fitur canggih. Harganya juga tergolong murah, yakni hanya Rp 3 jutaan.

Buat kamu yang sedang mencari HP Vivo V15, yuk kenali dulu kelebihan dan kekurangan smartphone satu ini. Berikut ulasan brilio.net dilansir dari berbagai sumber, Kamis (15/10).

Kelebihan HP Vivo V15

1. Kamera berkualitas.

Seperti yang diketahui Vivo memang memiliki kamera andalan yang banyak disukai penggunanya. Vivo V15 juga dilengkapi dengan kamera depan beresolusi tinggi.

Loading...

Tak kalah keren dengan seri atasnya, Vivo V15 Pro, Vivo V15 juga dilengkapi dengan kamera utama dengan tiga buah lensa, yakni lensa utama beresolusi 12 MP yang memiliki 24 juta fotosensitif, lensa wide beresolusi 8 MP, dan lensa depth beresolusi 5 MP.

2. Ukuran layar besar.

Vivo V15 memiliki layar yang lebih luas tanpa terpotong kamera depan. Layar yang super lebar ini membuat pengguna lebih nyaman dan puas ketika menonton video dan lainnya.

Layar menjadi semakin lebar, karena Vivo V15 mengusung sistem kamera pop-up, yang menyembunyikan kamera pada bodi bagian atas. Ukuran layarnya 6,53 inchi, dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel).

3. Baterai tahan lama.

Keunggulan lainnya dari smartphone ini adalah baterai yang tahan lama. Dalam uji pemakaian, perangkat dengan baterai 4.000 mAh ini bahkan bisa bertahan hingga seharian penuh saat digunakan secara normal.

Perangkat ini juga telah dilengkapi dengan fitur pengisian cepat yang disebut Dual-Engine Fast Charging. Pengisian daya hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

4. Desain kekinian.

Desain Vivo V15 kekinian dan benar-benar enak dipandang mata, di mana terdapat gradasi warna yang sangat cantik. Bodi belakang HP ini tampil seolah-olah dilapisi kaca, sehingga terlihat sangat premium.

5. Dilengkapi audio jack 3.5 mm.

Vivo V15 dilengkapi audio jack berukuran 3.5 mm. Hal ini mempermudah penggunanya karena tidak perlu memasang dongle atau konektor ke USB type-C jika ingin menggunakan earphone atau headphone untuk mendengarkan musik atau bermain game.

Kekurangan HP Vivo V15

1. Tidak tahan air dan debu.

HP Vivo V15 ini belum mengantongi sertifikasi IP, sehingga rentan bermasalah jika terkena air maupun debu. Sebagai pengguna kamu harus berhati-hati.

2. Port lawas.

HP Vivo V15 masih menggunakan port Micro USB. Port lawas ini tertinggal dibandingkan USB Type-C. Namun itu bukan masalah besar, performanya masih bisa diandalkan.

Tips merawat kamera smartphone tetap jernih

Sekarang ini kamera bisa menjadi nilai jual utama sebuah smartphone. Nggak sedikit lho pabrik smartphone yang menghadirkan smartphone dengan kamera yang memiliki pixel besar.

Namun, kamera dengan pixel besar juga bisa menghasilkan gambar yang kurang baik kalau penggunaannya salah. Misalnya, kamera tergores dan membuat kamera menjadi buram.

Pengguna harus merawat kamera agar bisa terus menghasilkan gambar yang bagus, jernih dan tajam. Berikut cara merawatnya:

1. Gunakan case.

Harga Vivo V15 © 2020 brilio.net

foto: unsplash

Hal yang paling utama adalah gunakan case baik softcase atau hardcase. Penggunaan case bisa melindungi kamera dari goresan, dan benturan secara langsung.

2. Jangan gunakan jari untuk membersihkan kamera.

Harga Vivo V15 © 2020 brilio.net

foto: unsplash

Saat membersihkan lensa kamera usahakan untuk tidak menggunakan jari, tapi gunakan kain. Kamu bisa gunakan kain pembersih kacamata karena bahannya sangat bersahabat dengan lensa kamera.

3. Hindari terkena air.

Harga Vivo V15 © 2020 brilio.net

foto: unsplash

Air adalah musuh utama untuk smartphone, bahkan bagi smartphone yang tahan air sekalipun. Air akan membuat lensa kamera berembun, sehingga bisa mengganggu ketajaman dari kamera.

4. Gunakan pengering rambut untuk hilangkan embun.

Harga Vivo V15 © 2020 brilio.net

foto: unsplash

Ketika lensa kamera sudah terkena embun, gunakan hair dryer untuk menghilangkannya.

Jangan arahkan hairdryer secara langsung ke kamera. Arahkan ke bagian samping dari kamera yang terlihat ada garis sekat dengan jarang yang nggak terlalu dekat, sehingga tidak menimbulkan panas berlebih pada smartphone.

RECOMMENDED BY EDITOR