Brilio.net - Awal tahun 2021, Samsung yang merupakan brand terkenal asal Korea Selatan ini meluncurkan smartphone seri terbarunya. Kali ini Samsung merilis smartphone dengan harga murah, yakni A02s.

Ponsel ini merupakan perangkat pertama yang dirilis Samsung di Indonesia pada tahun 2021. Untuk penjualannya, Samsung mengadakan Pre-order yang bisa dilakukan mulai 4-6 Januari 2021.

Dirilis 4 Januari, Samsung A02s ini dibekali dengan sejumlah fitur kekinian untuk para pengguna. Tak seperti pendahulunya yang hanya dibekali satu atau dua kamera, Galaxy A02s ini didukung tiga kamera utama dan sebuah kamera selfie.

Meski hadir menyasar segmen pengguna pemula, Samsung tak pelit dengan dukungan kemampuan kamera dan inovasi lainnya. Hal ini dibuktikan dengan fitur-fitur yang diusungnya. Salah satu fitur utama Galaxy A02s adalah opsi memori dari RAM 3GB dan memori internal 32GB serta opsi RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Dibanderol dengan harga 1 jutaan, HP ini akan menjadi incaran para milenial karena harganya yang murah namun tidak murahan. Namun, sebelum kamu membelinya, kamu harus tau kelebihan dan kekurangan HP terbaru ini.

Loading...

Berikut spesifikai, kelebihan dan kekurangan Samsung A02s, brilio.net lansir dari samsung.com dan berbagai sumber pada Rabu (6/1)

- Spesifikasi

1. Chipset : Qualcomm Snapdragon 450 Octa-Core 1.8GHz

2. Layar : 6,5 inci PLS LCD HD Plus (720 x 1.600 piksel)

3. RAM : 3 GB dan 4 GB

4. Memori : 32 GB dan 64 GB

5. Kamera : 13 MP + 2 MP + 2 MP

6. Baterai : Li-Po 5000 mAh, fast charging 15 Watt

- Harga

Dimulai dari Rp. 1.749.000

- Kelebihan Samsung A02s

1. Baterai jumbo.

Spesifikasi Samsung A02s © 2021 brilio.net

foto: samsung.com

Samsung Galaxy A02s memiliki kapasitas baterai jumbo, yakni 5.000 mAh yang didukung pengisian daya cepat 15 W. Dengan kapasitas baterai yang jumbo, Samsung mengklaim bahwa A02s ini mampu bertahan lama dalam pemakaian normal. Dilengkapi dengan adaptive fast charging, membuat baterai jumbo ini dapat diisi dayanya lebih cepat.

2. Triple camera.

Spesifikasi Samsung A02s © 2021 brilio.net

foto: samsung.com

Samsung Galaxy A02s dibekali dengan total 4 kamera, 3 kamera pada bodi belakang terdiri dari kamera 13 MP dengan aperture f2.2, macro 2MP dengan aperture f2.4, dan live focus 2MP dengan aperture f2.4. Sementara satu kamera selfie berada di bodi depan dengan kapasitas 5 MP f2.2. Kamera selfie-nya juga dilengkapi berbagai fitur seperti AR Live Sticker, Stamp, dan filter lain untuk mendukung pengguna membuat konten di Instagram Stories dan Tiktok.

3. Prosesor hemat energi.

Spesifikasi Samsung A02s © 2021 brilio.net

foto: samsung.com

Dibandrol dengan harga mulai Rp 1 jutaan, Samsung A02s dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 Octa-Core sebagai dapur pacunya. Chipset ini terkenal irit dalam mengonsumsi energi.

Meski prosesor tersebut terbilang sangat ketinggalan, dibandingkan dengan ponsel keluaran baru di awal tahun ini, namun dengan harga yang terjangkau sudah sangat cukup digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti bersosial media, mendukung belajar online selama masa pandemi, membuat konten, streaming, hingga main game dengan lancar.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan RAM 3GB dan 4GB serta internal storage sebesar 64GB. Untuk ROM-nya, kamu masih dapat menambah kapasitasnya sampai dengan 1TB dengan menggunakan microSD.

4. Face Unlock.

Spesifikasi Samsung A02s © 2021 brilio.net

foto: samsung.com

Untuk meningkatkan keamanan, Galaxy A02s juga dilengkapi fitur Face Unlock yang memudahkan pengguna untuk membuka smartphone dan melindungi data pribadi. Fitur ini memudahkan penggunanya untuk membuka kunci HP hanya dari mendeteksi wajah si pemilik. Padahal biasanya, HP dengan harga Rp 1 jutaan belum dibekali dengan fitur pengaman ini.

5. Desain elegan.

Spesifikasi Samsung A02s © 2021 brilio.net

foto: samsung.com

Hadir dengan tiga pilihan warna yakni Crush Black, Crush White, dan Crush Navy serta memiliki motif Haze pada bodi belakang, membuat Samsung A02s ini terlihat elegan dan tidak nampak seperti HP harga murah.

Sementara itu, layar handphone ini menggunakan desain penuh dengan poni berbentuk tetesan air pada bagian atasnya. Layarnya juga hadir dengan lebar 6,5 inci dan teknologi PLS LCD yang dapat membuat pengguna leluasa dalam menonton video.

Layarnya memiliki resolusi sebesar 720 x 1600 pixels dengan rasio screen-to-body sebesar 81,8 persen dan tingkat densitynya adalah 270 ppi. Dengan mengusung model bezel-less serta bentukan yang sleek, membuat smartphone ini terlihat seperti sebuah produk premium.

- Kekurangan Samsung A02s

1. Layar masih HD+

Spesifikasi Samsung A02s © 2021 brilio.net

foto: samsung.com

Layar dari Galaxy A02s masih beresolusi HD+ (1600 x 720 piksel). Padahal handphone yang bersaing di kelasnya rata-rata sudah menggunakan resolusi Full HD+ saat ini.

2. Tidak dilengkapi finger print.

Spesifikasi Samsung A02s © 2021 brilio.net

foto: samsung.com

Samsung A02s hanya dilengkapi fitur face unlock untuk meningkatkan keamanan data si pengguna. Padahal saat ini, banyak HP sekelasnya juga dibekali dengan fitur finger print sensor sebagai keamanan pendukung.

RECOMMENDED BY EDITOR