Brilio.net - Dari awal hingga menjelang akhir tahun 2020 ini, Realme terus mengeluarkan produk-produk smartphone berbagai varian dengan harga dan fitur. Sejak kemunculannya di pasar Indonesia, Realme mengusung segmen smartphone mid end hingga entry level.

Terkenal sebagai smartphone dengan harga terjangkau dan spesifikasi mumpuni, brand Realme ini juga sering disebut-sebut sebagai saingan brand Xiaomi. Realme terus meramaikan pasar dengan berbagai smartphone baru. Salah satu yang baru ia rilis pada 16 Juni 2020 lalu adalah Realme Narzo.

Mengusung slogan "Feel the Power", Realme Narzo didukung gaming chipset MediaTek Helio G90T untuk menunjang perfomanya. Realme mengklaim merancang Narzo dengan keunggulan dalam mendukung pengguna bermain game.

Spesifikasi gaming dan harga yang terjangkau, membuat Realme Narzo ini laris manis. Bahkan ketika Realme mengumumkan smartphone terbarunya, Realme Narzo, habis terjual dalam waktu 4 menit. Dilansir dari liputan6.com, jumlah total Realme Narzo yang terjual sebanyak 1.500 unit di penjualan perdananya.

Marketing Director Realme Indonesia, Palson Yi mengatakan pihaknya tidak menyangka peluncuran produk yang dikemas dalam konsep perjalanan luar angkasa ke Realme universe ini bisa memikat anak muda.

"Hal ini terbukti dari rekor penjualan yang diraih Realme Narzo, Realme Watch, dan Buds Air Neo, tidak lama setelah peluncuran," kata Palson, dalam keterangan Realme, Jumat (19/6/2020).

Tiga bulan setelah merilis seri Narzo, tepatnya pada September lalu, Realme memperkenalkan trio smartphone terbaru yang masuk dalam lini Narzo, yakni Narzo 20 Pro, Narzo 20, dan Narzo 20A. Namun hingga saat ini seri-seri terbaru tersebut baru akan dirilis di Indonesia dalam waktu dekat ini.

Sambil menunggu 3 smartphone tersebut rilis, kamu bisa melihat dan mengetahui spesifikasi Realme Narzo generasi pertama supaya nanti dapat membandingkannya dengan seri-seri Narzo terbarunya. Berikut spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Realme Narzo, brilio.net rangkum dari realme.com dan sumber lainnya pada Selasa (3/11)

 

- Spesifikasi

1. Chipset : Mediatek MT6785 Helio G90T (12 nm)
2. GPU : Mali-G76 MC4
3. RAM : 4 GB
4. Memori internal : 128 GB
5. Memori eksternal : microSDXC (slot khusus)
6. Kamera belakang : 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
7. Kamera depan : 16 MP
8. Baterai : Non-removable Li-Po 4300 mAh
9. Layar: 6,5 inci IPS full HD+, Ultra Smooth Display 90Hz

 

- Harga

Dimulai dari Rp. 2.999.000

 

- Kelebihan Realme Narzo

1. Ditenagai chipset gaming.

Spesifikasi Realme Narzo © 2020 brilio.net

foto: realme.com

Realme Narzo ditenagai chipset MediaTek Helio G90T. Chipset ini dirancang menggunakan teknologi fabrikasi 12nm sehingga mampu menyajikan performa beternaga dan efisiensi. SoC ini juga dilengkapi dengan dua core Cortex-A76 kinerja tinggi hingga 2.05GHz dan enam core Cortex-A55 efisiensi tinggi hingga 2GHz, bersama dengan GPU 800MHz Mali-G76.

Dengan kombinasi CPU terbaru, GPU, RAM super cepat dan AI tangguh, realme Narzo menghadirkan pengalaman yang lancar bagi pencinta game mobile. merdeka.com melakukan pengujian performa menggunakan game popular saat ini PUBG Mobile. Saat dijalankan, game ini dapat berjalan secara lancar di pengaturan rata kanan. Tidak terdapat lag yang berarti saat game dimainkan.

2. Resolusi kamera yang besar.

Spesifikasi Realme Narzo © 2020 brilio.net

foto: realme.com

Untuk pecinta fotografi, Realme Narzo ini menghadirkan konfigurasi empat kamera pada bagian belakang. Empat kamera tersebut terdiri dari 8MP 119 ° ultra-wide-angle, kamera utama 48MP, lensa potret B&W 2MP dan lensa makro 2MP.

Di bagian depan, terdapat Kamera depan 16MP yang sangat jernih memenuhi kebutuhan selfie pengguna dengan aperture F2.0, mendukung mode kecantikan pintar, Efek Bokeh, dll. Sementara untuk sektor perekaman video, Realme Narzo juga diberikan kemampuan merekam pada resolusi 4K. Resolusi yang besar ini mampu menghadirkan ketajaman video yang lebih jelas serta lebih jernih walaupun ditonton pada monitor atau TV yang sangat besar.

3. Sudah fast charging.

Spesifikasi Realme Narzo © 2020 brilio.net

foto: realme.com

Dengan kapasitas batrai 4300 mAh, Realme Narzo ini dilengkapi dengan teknologi fast charging 30 W. Hal ini membuat baterai 4300mAh realme Narzo dapat terisi penuh dalam waktu 60 menit. Dan hanya dalam 30 menit, dapat mengisi kapasitas hampir 70%. Bahkan saat bermain game yang berat, 30W Flash Charge dapat mengisi daya hingga 55% hanya dalam 60 menit.

4. Memiliki desain splash-resistant.

Spesifikasi Realme Narzo © 2020 brilio.net

foto: realme.com

Untuk melindungi HP dari kerusakan, Realme Narzo ini hadir dengan desain splash resistant. Artinya, smartphone ini memiliki ketahanan bodi yang kuat terhadap percikan air dan debu, untuk mengantisipasi terkena air secara tidak sengaja yang dapat membuat HP mudah rusak.

5. Layar Full HD.

Spesifikasi Realme Narzo © 2020 brilio.net

foto: realme.com

Realme Narzo dihadirkan dengan layar LCD IPS berukuran 6,5 inci yang sudah dibekali dengan resolusi Full HD+ sebesar 2400 x 1080 piksel dan memiliki refresh rate 90 Hz. Ini berarti layar realme Narzo menghasilkan 90 frame per detik, layar 90Hz ini memiliki refresh rate 50% lebih tinggi bila dibandingkan dengan layar 60Hz konvensional. Dengan spesifikasi tersebut, membuat pergerakan layar terasa nyaman untuk digunakan bermain game atau menonton film dari HP.

 

- Kekurangan Realme Narzo

1. Charger 30 W belum termasuk dalam paket penjualan.

Spesifikasi Realme Narzo © 2020 brilio.net

foto: realme.com

Meski Realme Narzo sudah dilengkapi dengan teknologi fast charging 30 W, namun dari pabrik Realme hanya memberikan charger 20 W dalam paket penjualannya. Sehingga jika kamu ingin mencoba fitur fast charging 30 W, kamu perlu membeli charger dengan ukuran daya tersebut secara terpisah.

2. Belum dilengkapi fitur NFC.

Spesifikasi Realme Narzo © 2020 brilio.net

foto: realme.com

Fitur NFC atau Near Field Communication dapat memudakan pengguna sebagai top-up dan cek saldo e-money serta transfer data, dapat pula digunakan untuk menduplikasi fungsi kartu akses kantor, rumah atau apartemen dan lain sebagainya. Sayangnya, Realme Narzo ini belum dilengkapi fitur tersebut.