Brilio.net - Akhir Juni 2020 lalu, Realme resmi merilis Realme C11 sebagai entry level smartphone terbarunya. Dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan, membuat HP ini banyak dilirik orang.

Realme memang salah satu brand smartphone yang laris di pasar Indonesia. Realme sering mengeluarkan produk smartphone dengan harga terjangkau. Meski terkenal ramah di kantong, bukan berarti HP ini murahan. Hal ini dikarenakan Realme juga selalu menyajikan HP dengan spesifik mumpuni dan mampu bersaing dengan brand HP yang lebih mahal darinya namun dalam kelas yang sama.

Dilansir dari liputan6.com, Marketing Director Realme Indonesia Palson Yi mengatakan, alih-alih menggantikan seri C3 yang sebelumnya hadir di Indonesia, Realme C11 merupakan penerus dari C2.

"Realme C11 melanjutkan kesuksesan Realme C Series yang digunakan oleh lebih dari tiga belas juta pengguna di dunia dan akan menjadi penerus langsung Realme C2," kata Palson saat memperkenalkan Realme C11 melalui Zoom, Selasa (30/6/2020).

Selain itu Realme mengklaim bahwa C11 akan menjadi "disruptor" smartphone di segmen entry level dengan menawarkan desain yang mewah.

Loading...

Penasaran seperti apa Realme C11 dan bagaimana spesifikasi yang ditawarkan pada pelanggannya? Berikut spesifikasi Realme C11 beserta kelebihan dan kekurangannya, brilio.net rangkum dari realme.com dan sumber lainnya pada Kamis (19/11).

- Spesifikasi

1. Chipset : MediaTek Helio G35 (12 nm)

2. GPU : PowerVR GE8230

3. RAM : 2 GB, 3 GB

4. Memori Internal : 32 GB Memory Micro SD slot (up to 256 GB)

5. Layar : Full HD 6,5 inci, IPS LCD, (1.560 x 720 piksel), Ratio 20:9

6. Baterai : Non-removable Li-Po 5000 mAh

7. Kamera belakang : 13 MP, PDAF (f/2.2) 2 MP (depth sensor) (f/2.4)

8. Kamera depan : 5 MP

- Harga

Dimulai dari Rp. 1.599.000

-Kelebihan Realme C11

1. Punya baterai kapasitas jumbo.

Spesifikasi Realme C11 © 2020 brilio.net

foto: realme.com

Realme C11 dibekali baterai kapasitas besar 5.000 mAh. Dengan kapasitas baterai yang besar, membuat Realme C11 dapat menunjang aktivitas pengguna lebih dari sehari dalam pemakaian normal.

Menurut hasil tes Realme Lab, Realme C11 dapat bertahan 40 hari dalam mode standby. Terlebih realme C11 dapat mendukung OTG reverse charging yang dapat berguna dalam keadaan darurat.

2. Dibekali chipset gaming.

Spesifikasi Realme C11 © 2020 brilio.net

foto: realme.com

Realme C11 mengandalkan chipset Media Tek Helio G35 sebagai dapur pacunya. Chipset ini merupakan prosesor gaming terbaik di segmen entry level. Helio G35 adalah sebuah prosesor delapan-inti yang dibuat dengan proses produksi 12nm dan kecepatan 2,3Ghz, mengadopsi struktur Cortex A53, menjadikannya salah satu prosesor tercepat dan terbaru dalam kategorinya.

Dengan Media Tek Helio G35, Realme C11 sangat mumpuni untuk aktivitas gaming. Saat kami memainkan PUBG Mobile, realme C11 dapat menjalankannya dengan cukup baik.

3. Kualitas kamera mampu bersaing.

Spesifikasi Realme C11 © 2020 brilio.net

foto: realme.com

Realme C11 menggunakan konsep dual-camera yang terdiri dari kamera utama 13 MP dan kamera sekunder 12MP pada bodi belakang. Selain itu, realme C11 juga mendukung PDAF yang menjadikan fokus lebih cepat dan akurat. Fitur 4x zoom juga memungkinkan pengguna mengambil foto yang jelas walau dari jarak jauh.

Sementara untuk kamera selfie, Realme dibekali lensa kamera 5 MP yang dibekali fitur AI Beauty, HDR, Panoramic View, dan Timelapse. Sedangkan untuk mode perekaman, ponsel ini mampu merekam video beresolusi 720p, 1080p di kecepatan 30 fps.

4. Desain bodi yang premium.

Spesifikasi Realme C11 © 2020 brilio.net

foto: realme.com

Meski dibanderol dengan harga terjangkau, Realme berani menyajikan desain yang premium dan terlihat mewah. Hadir dengan dua varian yakni Mint Green dan Pepper Grey, pada bagian bodi belakang, realme seperti memberikan aksen unik yang mirip dengan pita. Aksen tersebut membentang secara vertikal simetris sehingga memberikan kesan indah di realme C11.

Tekstur bodi Realme C11 juga dibuat dengan sedikit kesan doff sehingga membuatnya tidak mudah slip ketika digenggam. Tata letak dan konfigurasi kamera belakang disusun di dalam kotak persegi sehingga sekilas seperti konfigurasi kamera milik iPhone. Bagian bodi belakang bertekstur diproses menggunakan teknologi mutakhir dari Jerman dengan mesin ukiran lima sumbu presisi sehingga desain Realme C11 terlihat mahal.

-Kekurangan Realme C11.

1. Belum dilengkapi fingerprint.

Spesifikasi Realme C11 © 2020 brilio.net

foto: realme.com

Untuk pengamanan privasi, hampir sebagian besar smartphone terbaru sudah dilengkapi dengan 2 fitur pengaman seperti face unlock atau membuka kunci dari wajah si pemilik dan figerprint scanner yang digunakan untuk membuka kunci dengan mendeteksi sidik jadi si pemilik. Namun sayangnya, Realme C11 hanya memiliki 1 fitur pengaman saja yaitu face unlock dan tidak bekali fitur fingerprint.

RECOMMENDED BY EDITOR