Brilio.net - Realme, produsen smartphone terkemuka asal Tiongkok selalu berinovasi dengan produk-produk yang memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama kaum milenial. Dengan harga yang terjangkau, Realme mampu mengeluarkan smartphone dengan kualitas yang tak kalah saing. Pada April 2021 lalu, Realme resmi meluncurkan produk terbarunya di pasar Indonesia, yakni Realme 8 Pro bersamaan dengan Realme 8.

Sesuai namanya, Realme 8 Pro merupakan varian yang dibekali kemampuan lebih mumpuni ketimbang versi reguler. Salah satunya seperti yang sudah diungkap bulan lalu, smartphone ini hadir dengan lensa utama 108MP, setelah sebelumnya Xiaomi Redmi Note 10 Pro yang juga memiliki kamera 108MP.

Kemunculan Realme 8 Pro ini juga sekaligus untuk menggantikan Realme 7 Pro yang diperkenalkan di pasar Indonesia pada Oktober 2020. Selain kamera beresolusi super tinggi, Realme 8 Pro juga didukung pengisian daya 50W yang sangat cepat. Spesifikasi Realme 8 Pro memang sangat menarik untuk dikulik, apalagi dengan spesifikasi yang mengagumkan, kamu tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Nah, penasaran kan seperti apa spesifikasi Realme 8 Pro serta berapa harganya? Berikut harga Realme 8 Pro beserta spesifikasi, kelebihan, dan kekurangannya, dirangkum brilio.net dari realme.com dan sumber lainnya pada Jumat (11/6).

Loading...

- Spesifikasi

1. Chipset: Snapdragon 720G (8 nm), GPU Adreno 618

2. Layar: Super AMOLED, 6.4 inci, 1080 x 2400 piksel

3. RAM: 8 GB

4. Memori Internal: 128 GB

5. Memori Eksternal: microSD (slot khusus)

6. Kamera Belakang: 108 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP

7. Kamera Depan: 16 MP

8. Baterai: Li-Po 4500 mAh, fast charging 50 W

- Harga

Dimulai dari Rp 4.499.000

- Kelebihan Realme 8 Pro

1. Kamera dengan hasil yang memukau.

Realme 8 Pro beserta spesifikasi © 2021 brilio.net

foto: realme.com

Realme 8 Pro dibekali dengan kamera utama 108MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM2 dan selain menjanjikan kualitas foto terbaik, juga menonjolkan 3x lossless zoom. Sensor ekstra besar 1/1,52 inci tersebut didukung teknologi isolasi piksel ISOCELL Plus yang mampu memberikan warna lebih nyata dan meningkatkan ISO sebesar 15 persen. Quad camera realme 8 Pro terdiri dari 8MP Ultra Wide-Angle Lens, 2MP Black & White Portrait Lens, 2MP Macro Lens, dan 16MP Selfie portrait.

Realme 8 Pro membawa serangkaian fitur fotografi yang membuat pengalaman memotret menjadi tanpa batas dengan dua highlight utama dari kameranya, yaitu 108MP Infinite Clarity Camera dan Fun Feature lainnya seperti Tilt-shift Time-lapse Video & Foto, Starry Time-lapse Video & Foto, Neon Portrait, Dynamic Bokeh, Dual-view Video New Super Nightscape Mode, Ultra Nightscape Video.

2. Ada mode Video Starry Time-Lapse.

Realme 8 Pro beserta spesifikasi © 2021 brilio.net

foto: realme.com

Yang menonjol dari Realme 8 Pro adalah pada bagian kameranya yang dibekali fitur-fitur canggih seperti Video Starry Time-Lapse pada ada pertama kali ada di dunia, pada smartphone. Saat memotret Starry Mode, realme 8 Pro mengambil 16 foto individual setiap 15 detik selama 4 menit, lalu algoritme menggabungkannya menjadi gambar akhir.

Hanya dengan satu smartphone dan satu tripod yang stabil, kamu dapat merekam Video Starry Time-Lapse tanpa kamera profesional dan perangkat lunak pengedit video komputer. Kamu dapat mengambil 240 foto berbintang dalam satu jam, dan kamu akan mendapatkan video selang waktu berbintang 8 detik.

3. Ada mode Video Time-Lapse Tilt-shift.

Realme 8 Pro beserta spesifikasi © 2021 brilio.net

foto: realme.com

Selain mode Video Starry Time-Lapse, Realme 8 Pro juga dilengkapi dengan Video Time-Lapse Tilt-shift pertama di dunia pada smartphone. Mode Tilt-shift dapat mengubah dunia nyata menjadi dunia miniatur, menggunakan semacam ilusi optik mata manusia. Dengan algoritme fotografi tilt-shift baru kami, realme 8 Pro sekarang dapat mengubah dunia nyata menjadi dunia miniatur yang ajaib.

Mode Tilt-shift juga memungkinkan kamu menyesuaikan bentuk, sudut, posisi, dan ukuran efek blur secara manual. Kamu dapat dengan mudah memilih dan menyesuaikan efek blur agar sesuai dengan pemandangannya. Mode Tilt-shift juga mendukung perekaman video time-lapse dengan pemutaran 10x, menyajikan dunia nyata dengan cara yang lebih fantastis dan unik.

4. Fast charging 50 W.

Realme 8 Pro beserta spesifikasi © 2021 brilio.net

foto: realme.com

Realme 8 Pro ditenagai oleh baterai litium polimer 4500 mAh serta dibekali teknologi SuperDart Charge 50W yang secara efisien mampu meningkatkan kecepatan pengisian baterai dari 0% sampai 100% dalam waktu 47 menit. Untuk mengisi baterai 50 persen hanya butuh waktu 17 menit. Teknologi yang digunakan dijamin aman dan tidak akan merusak baterai. Sebab sudah ada 5 Level Intelligent Chip Protection yang melindungi baterai dari pengisian daya berlebih.

5. Chipset gaming.

Realme 8 Pro beserta spesifikasi © 2021 brilio.net

foto: realme.com

Bagi kamu yang hobi main game lewat ponsel pasti akan nyaman menggunakan Realme 8 Pro. Hal ini disebabkan Realme 8 Pro telah ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 720G yang sudah terintegrasi pada processor 8nm dengan clock speed Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver) dan didukung GPU Adreno 618. Performa yang dihasilkan akan sangat cepat sehingga semua game akan berjalan lancar.

Selain itu, Realme 8 Pro juga didukung dengan dua jenis memori yakni versi Ram 6GB + Internal 128GB. Lalu versi yang kedua memiliki Ram 8GB + Internal 128GB. Memori yang besar membuat penyimpanan terasa lebih lega.

6. Layar Super AMOLED.

Realme 8 Pro beserta spesifikasi © 2021 brilio.net

foto: realme.com

Realme 8 Pro dibekali layar super AMOLED 6,4 inci dengan tampilan fullscreen dan resolusi FHD+ (2400 x 1080 piksel), screen to body ratio 90,8 persen, tingkat kecerahan hingga 1000nits, dan refresh rate 60Hz. Ditambah teknologi warna DCI-P3 dan sRGB, di mana kamu dapat memilih antara mode warna Brilliant (oversaturated), Vivid (default, DCI-P3), atau Gentle (sRGB). Dengan demikian, kamu bisa penggeser suhu warna dari dingin menjadi hangat.

Selain tajam, layar Realme 8 Pro juga sangat sensitif terhadap sentuhan sehingga memberikan respon yang lebih optimal ketika memakainya bermain game. Rasio layar smartphone ini juga sangat luas dengan screen-to-body ratio mencapai 90.8 persen. Namun sayangnya untuk bezel layar bagian bawah masih cukup tebal. Sedangkan bezel atas sangat tipis dan memiliki punch hole sebagai kamera depan.

7. Desain mewah.

Realme 8 Pro beserta spesifikasi © 2021 brilio.net

foto: realme.com

Realme 8 Pro tampil dengan desain yang sangat menonjol, di mana bagian belakangnya dilapisi finishing sand-blasted (disebut Realme sebagai Infinite Starry Design) serta logo yang mengkilap dan tagline 'Dare to Leap' yang terpampang besar. Namun menurut kami, tagline tersebut terlihat terlalu mencolok.

Menggunakan proses teknologi AG-Crystal, Realme 8 Pro menunjukkan desain yang berbeda dari model smartphone Realme sebelumnya. Proses desain tersebut menciptakan kesan visual layaknya melihat pemandangan langit berbintang yang tersusun dari butiran-butiran kecil. Dengan bobot 176 gram dan ketebalan 8,1mm, Realme 8 Pro begitu friendly di tangan sehingga cocok untuk kamu yang nggak mau ribet dan suka menaruh smartphone di kantong, atau di dalam tas tanpa menambah beban menjadi terlalu berat.

- Kekurangan Realme 8 Pro

1. Speaker belum stereo.

Realme 8 Pro beserta spesifikasi © 2021 brilio.net

foto: realme.com

Meski Realme 8 Pro sudah mengantongi sertifikasi Hi-Res Audio yang membuktikan bahwa kualitas speaker Realme 8 Pro sangat mengagumkan, namun audionya belum stereo. Dukungan audio resolusi tinggi (Hi-res) serta campur tangan dari Dirac pun jadi sedikit mubazir karena speakernya hanya mono. Adapun kelantangan suara keluaran speaker-nya terbilang rata-rata, yakni -28.2 LUFS.

RECOMMENDED BY EDITOR