Brilio.net - Realme merupakan salah satu brand yang termasuk dalam anak perusahaan BBK Electronics. Sejak kemunculannya, Realme membidik segmen smartphone mid end hingga entry level. Karena terkenal sebagai smartphone dengan harga terjangkau dan spesifikasi mumpuni, brand Realme ini juga sering disebut-sebut sebagai saingan brand Xiaomi.

Di Indonesia sendiri, HP Realme cukup laris manis di pasaran. Hal ini dikarenakan harga HP Realme yang sangat terjangkau meski dibekali dengan spesifikasi mumpuni. Tak hanya itu, saking laris manisnya membuat Indonesia menjadi pasar kedua terbesar setelah India bagi smartphone Realme.

Pada pertengahan September 2020 lalu, Realme baru saja merilis perangkat Realme 7 series yang hadir membawa peningkatan dari segi desain, kamera, dan performanya. Dilansir dari liputan6.com, Product Manager Realme Indonesia Felix Christian mengatakan, Realme 7 hadir dengan desain yang trendy dan kekinian.

"Desain Realme 7 ini terinspirasi dari pantulan kaca di alam, bertekstur matte sehingga menampilkan kesan lebih premium," kata Felix saat memperkenalkan Realme 7 dalam peluncurannya yang ditayangkan live streaming, Kamis (17/9).

Realme 7 merupakan seri smartphone terbaru Realme dengan embel-embel angka yang telah lebih dulu dirilis di India belum lama ini. Pada perayaan ulang tahun keduanya, perusahaan Realme menegaskan seri smartphone angka mengusung jargon "Capture Sharper, Charge Faster". Artinya, seri smartphone ini menargetkan pengguna yang menginginkan kemampuan kamera tajam dan pengisian daya cepat.

Loading...

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan pengguna temui saat memakai Realme 7. Berikut spesifikasi, kelebihan dan kekurangan dari Realme 7, brilio.net rangkum dari realme.com dan sumber lainnya, pada Rabu (27/10)

- Spesifikasi

1. Chipset : Mediatek Helio G95

2. CPU : Octa-core (2x2.05 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55) GPU Mali-G76 MC4

3. RAM & Memori : 8 GB + 128 GB

4. Kamera : 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP

5. Baterai : Li-Po 5000 mAh

- Harga

Dimulai dari Rp. 3.999.000

- Kelebihan Realme 7

1. Performa chipset untuk gaming.

Spesifikasi Realme 7 © 2020 brilio.net

foto: realme.com

Realme 7 dibekali dengan chipset gaming MediaTek Helio G95. MediaTek Helio G95 dirancang khusus dirancang pada arsitektur 12nm, sehingga ia menjadi lebih bertenaga dan memiliki efisiensi lebih tinggi.

Chipset ini juga dilengkapi dengan dua inti Cortex-A76 hingga 2.05GHz dan enam inti Cortex-A55 hingga 2GHz, serta Mali-G76GPU pada 900MHz. Menariknya lagi, chipset ini hanya dihadirkan pada realme 7. Sedangkan realme 7 series lainnya tidak dibekali oleh chipset gaming ini.

Di luar keperluan gaming, performa Realme 7 tanpa ragu dapat diandalkan untuk keperluan sehari-hari mulai dari streaming musik, video, atau sekadar mengakses email dan media sosial.

2. Baterai jumbo.

Spesifikasi Realme 7 © 2020 brilio.net

foto: realme.com

Sebagai sumber tenaga, Realme 7 dibekali dengan baterai kapasitas jumbo yakni Li-Po 5000 mAh. Selain itu, Realme juga dibekali dengan teknologi fast charging atau pengisian daya dengan cepat sebesar 30 W Dart Charge.

Sistem pengisian daya cepat ini mampu mengisi baterai dari nol hingga seratus persen dalam waktu 65 menit. Masa pakai baterai tentunya bervariasi dan tergantung pada pemakaian pengguna. Namun Realme mengklaim, baterai ini dapat membuat ponsel menyala 733 jam dalam keadaan siaga, 48 jam untuk bertelepon, 15 jam menonton video di YouTube, dan 81 jam memainkan streaming musik.

3. Dibekali Quad Camera.

Spesifikasi Realme 7 © 2020 brilio.net

foto: realme.com

Realme 7 dibekali dengan 4 lensa kamera atau quad camera pada bodi belakang. Adapun empat kamera tersebut masing-masing adalah kamera utama 64 MP dengan sensor Sony IMX682, lensa wide angle 8 MP dengan jangkauan 119 derajat, lensa makro 2 MP, dan lensa B&W resolusi 2 MP. Sementara itu, kamera selfie Realme 7 adalah 16MP dengan dukungan mode AI Beauty, Efek Bokeh, dan lain-lain.

Dengan adalnya lensa Sony IMX682 sebahgai kamera utama, membuat Realme 7 mampu menghadirkan tampilan foto yang lebih jernih dan tajam, bahkan pada kondisi minim pencahayaan sekalipun. Yang menariknya lagi, ada fitur Starry Mode yang memungkinkan pengguna untuk mengabadikan bintang gemerlap di malam hari dengan kualitas bagus.

4. Ada fitur NFC.

Spesifikasi Realme 7 © 2020 brilio.net

foto: realme.com

Realme 7 dibekali dengan konektivitas NFC atau Near Field Communication. Bagi pengguna yang sering lupa membawa kartu akses atau ingin mempermudah kegiatan hariannya, NFC Multifunctions selain bisa digunakan sebagai top-up dan cek saldo e-money serta transfer data, dapat pula digunakan untuk menduplikasi fungsi kartu akses kantor, rumah atau apartemen.

5. Desain yang memukau.

Spesifikasi Realme 7 © 2020 brilio.net

foto: realme.com

Desain Realme 7 hampir mirip dengan saudaranya di lini berbeda, yakni Realme Narzo. Untuk varian warnanya, tersedia pilihan Mist Blue yang menggunakan warna biru gelap, dan Mist White dengan balutan warna yang terang. Luas layarnya 6,5 inci dengan rasio terhadap bodi mencapai 90,5 persen.

Realme 7 hadir dengan layar panel IPS LCD pada ukuran 6,5 inci yang sudah dibekali resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel) dan dilindungi dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3. Lalu pada body belakang, di bagian kiri atas terdapat empat lensa kamera yang berderet secara vertikal. Lalu di bagian kiri bawah ada tulisan "realme" berwarna perak yang menjadi ciri khas perusahaan.

 

- Kekurangan Realme 7

1. Belum dibekali layar AMOLED.

Spesifikasi Realme 7 © 2020 brilio.net

foto: realme.com

Biasanya HP dengan harga hampir Rp 4 juta yang sekelas dengan Realme 7 sudah dibekali dengan panel layar AMOLED yang bisa menampilkan kualitas gambar lebih cerah dan tajam lagi dengan daya yang lebih hemat, sementara Realme 7 belum.

RECOMMENDED BY EDITOR