Brilio.net - Tak sedikit orang rela merogoh kantong dalam-dalam demi mendapatkan barang elektronik sesuai yang diinginkan. Beberapa kalangan menilai smartphone iPhone lebih mantap karena prosesor yang dimiliki andal.

Begitu pula dengan seri iPhone 8 ini. iPhone 8 memperkenalkan desain kaca model baru. Soal fitur seperti chip, lebih andal dan cerdas.

Saat baterai habis, pengisian daya iPhone 8 lebih mudah dilakukan. Pengisian daya iPhone 8 besifat nirkabel, jadi kamu terbebas dari kabel.

Apple mengklaim bahwa layar iPhone 8 adalah layar yang paling tahan banting yang pernah disematkan pada sebuah smartphone. iPhone 8 menggunakan gelas berkekuatan Ion.

Tapi masih ada beberapa kekurangan yang ternyata dimiliki oleh iPhone 8. Simak ulasan lengkap iPhone 8 seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (16/12).

Loading...

Kelebihan iPhone 8.

harga iPhone 8 © apple.com

foto: apple.com

1. Desain.

iPhone 8 hadir dengan desain kekinian mengkilap seperti kaca yang menawan. Bahan kaca diklaim kuat terpasang di bagian depan maupun belakang. Bagian tepinya berasal dari aluminium, dipadukan dengan warna serasi abu-abu, perak, dan emas baru. Selain pas digenggaman, ponsel ini juga bisa menambah aksen keren saat dipakai.

2. Layar.

iPhone 8 punya layar Retina HD yang jauh lebih menawan dibandingkan sebelumnya. Dilengkapi True Tone, rentang warna luas, dan 3D Touch. True Tone telah disesuaikan dengan white balance secara otomatis supaya lebih pas dengan cahaya di sekitar. Layar tetap nyaman saat dibuka di bawah terik matahari.

3. Kamera.

iPhone 8 didukung oleh kamera 12 MP. Kamera ini makin canggih dengan adanya sensor yang lebih besar dan cepat. Nggak ketinggalan, kamera iPhone 8 sudah dilengkapi filter warna baru, piksel yang lebih dalam, dan penstabilan gambar optik untuk foto dan video.

4. Performa CPU lebih cepat.

iPhone 8 hadir memperkenalkan A11 Bionic, empat core efisiensi yang lebih cepat hingga 70 persen dibanding Fusion A10. Dan dua core performa yang lebih cepat hingga 25 persen.

5. Baterai awet.

iPhone 8 dirancang bisa mengatur performa daya. Meski pemakaian tergolong besar, kamu tetap bisa menjaga kekuatan baterai dengan baik. Kelebihan lainnya ialah daya baterai iPhone 8 bisa diisi tanpa memerlukan kabel atau nirkabel.

Menurut situs resmi Apple, iPhone 8 tertulis dapat bertahan untuk aktivitas 14 jam menelpon, berselancar internet bisa kuat selama 12 jam, menonton video bisa bertahan selama 13 jam, dan mampu memutar audio 40 jam lamanya.

6. Prosesor.

Ponsel pintar ini didukung oleh sistem operasi iOS 11. Teknologi ini menambah kenyamanan saat membuka aplikasi. Kamu bisa membuka dan berganti-ganti aplikasi dan menu dengan cepat. Menjamin kegiatan mulitasking dan semakin ringkas.

7. Tahan percikan air dan debu.

iPhone 8 dirancang secara presisi agar tahan air dan debu. Bersertifikasi IP67, menurut berbagai sumber, iPhone 8 bisa bertahan di dalam air delaman 1 meter.

Kekurangan iPhone 8.

harga iPhone 8 © apple.com

foto: apple.com

1. Kapasitas RAM.

iPhone 8 menawarkan RAM 2 GB. Kapasitas ini terbilang masih sangat kecil. Terlebih lagi iPhone 8 tidak menyediakan memori eksternal atau microSD untuk menambah memori.

2. Kamera.

Meskipun kamera belakang iPhone 8 dibilang mumpuni, namun hanya dengan satu lensa kamera membuat ponsel ini terasa kurang. Sedangkan saat ini sudah banyak model smartphone yang menawarkan lebih dari satu kamera belakang.

3. Tidak terdapat colokan audio.

iPhone 8 diklaim punya stereo speaker lebih kecang dibanding iPhone terdahulu. Sayang, ponsel ini masih belum menyertakan colokan audio 3,55 mm serta tombol home tradisional. Kekurangan ini sama dirasakan oleh seri sebelumnya, yakni iPhone 7.

Spesifikasi iPhone 8.

harga iPhone 8 © apple.com

foto: apple.com

- Layar: 4.7 inches, 60.9 cm2 (~65.4% screen-to-body ratio)

- Resolusi: 750 x 1334 pixels, 16:9 ratio (~326 ppi density)

- Protection: Ion-strengthened glass, oleophobic coating Wide color gamut 3D Touch display & home button True-tone

- OS: iOS 11, upgradable to iOS 14.2

- Chipset: Apple A11 Bionic (10 nm)

- CPU: A11 Bionic chip with 64-bit architecture Neural Engine Embedded M11 motion coprocessor

- GPU: Apple GPU (three-core graphics)

- RAM: 2 GB

- Memori Internal (ROM): 64 GB, 128 GB, 256 GB

- Memori Eksternal: Tidak tersedia

- Kamera Belakang: 12 MP, f/1.8, 28mm (wide), PDAF, OIS

- Fitur kamera belakang: Quad-LED dual-tone flash, HDR

- Video belakang: 4K@24/30/60fps, 1080p@30/60/120/240fps

- Kamera depan: 7 MP, f/2.2

- Fitur kamera depan: Face detection, HDR, panorama

- Video depan: 1080p@30fps

- Kapasitas baterai: Li-Ion 1821 mAh, non-removable (6.96 Wh)

- Charging: Fast charging 15W, 50% in 30 min (advertised) USB Power Delivery 2.0 Qi wireless charging

- Berat: 148 gram

- Fitur lainnya: Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, OIS, Flas, Waterproof.

Didukung berbagai kecanggihan yang sudah disebutkan, kamu bisa menikmati kemudahan teknologi memakai iPhone 8. Semakin besar memori internal, harganya makin tinggi. Saat ini kamu bisa mendapatkan iPhone 8 dengan merogoh uang kisaran Rp 7.440.000.

RECOMMENDED BY EDITOR