Brilio.net - Apple merilis iPhone seri ke-7 pada September 2016 silam. Ponsel generasi ke-7 ini diperkenalkan dengan struktur penamaan konvensional, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Gadget ini hadir dengan menghilangkan beberapa fitur utama yang telah menjadi bagian dari iPhone selama hampir satu dekade.

iPhone 7 diklaim sebagai ponsel dengan aspek penting untuk meningkatkan pengalaman pengguna iPhone. iPhone 7 dirancang dengan sistem kamera baru yang canggih. Performa dan kekuatan baterai juga terbilang tahan lama.

Speaker stereo yang dibenamkan pada iPhone 7 mampu menghanyutkan. iPhone 7 juga menawarkan layar cerah dan penuh warna. Poin penting lain adalah pihak apple menjanjikan kalau iPhone 7 tahan cipratan dan air.

Namun di balik andalnya spesifikasi yang disuguhkan iPhone 7, beberapa kelemahan masih dimilikinya. Apa saja itu, berapa harganya, seperti apa spesifikasi, serta ulasan lengkapnya?

Loading...

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (25/11).

Kelebihan iPhone 7.

1. Desain.

Harga iPhone 7 © apple.com

foto: apple.com

Dari lima warna iPhone, hadir pula warna baru jet black yang berbeda dengan lainnya. Body iPhone diproses dengan finishing glossy jadi terlihat makin mengilap dan menawan. Layar iPhone lebih jernih dan terang, tapi tidak membuat mata sakit.

2. Performa cepat.

Harga iPhone 7 © apple.com

foto: apple.com

Performa iPhone 7 untuk berselancar di dunia maya andal, dilengkapi 4G LTE dengan kecepatan mendownload sampai 150 Mbps serta kecepatan upload 50 Mbps. Tak hanya itu saja, iPhone 7 tetap dipasangi 3G HSDPA dan 2G berkecepatan GSM.

3. Tombol 'home' lebih responsif.

Harga iPhone 7 © apple.com

foto: apple.com

Teknologi baru tombol home solid state button telah disematkan pada iPhone 7. Saat kamu ingin kembali pada tampilan awal atau home, tombol ini sangat sensitif dan lebih responsif. Tombol home iPhone 7 telah dipadukan dengan taptic engine yang pernah disematkan pada iPhone 6 sebelumnya.

4. Tahan air.

Harga iPhone 7 © apple.com

foto: apple.com

Apple mengklaim kalau iPhone 7 dihadirkan tahan percikan air dan debu. Poin kelebihan ini sudah bersertifikat IP67.

5. Kamera.

Harga iPhone 7 © apple.com

foto: apple.com

iPhone 7 punya lensa kamera populer dan baru. Dengan kamera 12 megapiksel, sudah mencakup stabilisasi gambar optik dan bukaan ƒ/1.8 yang lebih besar. Serta lensa 6 elemen memungkinkan menangkap hasil gambar dan video lebih terang dan detail. Warna yang dihasilkan lebar, seolah gambar tampak lebih hidup dan detail.

6. Baterai.

Harga iPhone 7 © apple.com

foto: apple.com

Bisa dipakai untuk kegiatan normal selama 10 hari. Pemakaian internet dengan 3G selama 12 jam, 4G LTE juga 12 jam, dengan Wi-Fi bisa bertahan 14 jam, dipakai untuk menonton video selama 13 jam, serta mendengarkan musik sampai 40 jam.

7. Speaker.

Harga iPhone 7 © apple.com

foto: apple.com

Speaker stereo baru menawarkan suara yang jernih dan imersif. Apple menuturkan kalau suara yang dihasilkan ini dua kali lebih keras dibanding iPhone 6s. Suara dinamis meningkat dan speakerphone berkualitas lebih tinggi.

iPhone 7 hadir dengan EarPods dengan konektor Lightning untuk menghasilkan suara yang luar biasa, serta adaptor jack headphone 3,5 mm yang memungkinkan pelanggan untuk menggunakan headphone dan aksesori lama.

Kekurangan iPhone 7.

1. Tombol home.

Harga iPhone 7 © apple.com

foto: ibox.co.id

Meski iPhone 7 punya teknologi baru pada tombol home-nya, namun masih terdapat kekurangan yakni tidak terlalu respons dengan kain. Misalnya ketika kamu memakai sarung tangan, akan sedikit sulit untuk cepat kembali ke home.

2. Baterai.

Harga iPhone 7 © apple.com

foto: ibox.co.id

Walaupun kapasitas baterai iPhone 7 besar, tapi belum terdapat fitur fast charging. Pengisian daya baterai hingga penuh membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam 15 menit.

Spesifikasi iPhone 7.

- Layar: 4.7 inches, 60.9 cm2 (~65.6% screen-to-body ratio)

- Resolusi layar: 750 x 1334 pixels, 16:9 ratio (~326 ppi density)

- Protection: Ion-strengthened glass, oleophobic coating Wide color gamut 3D Touch display & home button

- Type: Retina IPS LCD, 625 nits (typ)

- OS: iOS 10.0.1, upgradable to iOS 14.2

- Chipset: Apple A10 Fusion (16 nm)

- CPU: Quad-core 2.34 GHz (2x Hurricane + 2x Zephyr)

- GPU: PowerVR Series7XT Plus (six-core graphics)

- RAM: 2 GB

- Memori Internal (ROM): 32 GB, 128 GB, 256 GB

- Memori Eksternal: tidak ada

- Kamera Belakang: 12 MP, f/1.8, 28mm (wide), 1/3", PDAF, OIS

- Fitur kamera belakang: Quad-LED dual-tone flash, HDR

- Kamera depan: 7 MP, f/2.2, 32mm (standard)

- Fitur kamera depan: Face detection, HDR, panorama

- Video belakang: 4K@30fps, 1080p@30/60/120fps, 720p@240fps

- Video depan: 1080p@30fps

- Kapasitas baterai: Li-Ion 1960 mAh, non-removable (7.45 Wh)

- Berat: 138 gram

- Fitur lainnya: Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, OIS, Flash, Waterproof.

Dengan berbagai kecanggihan yang sudah disebutkan, semakin besar memori maka harganya kian mahal. Kamu bisa menikmati kemudahan memakai iPhone 7 dengan merogoh uang mulai kisaran Rp 3.950.000.

RECOMMENDED BY EDITOR