Brilio.net - Ketatnya persaingan pasar smartphone, mau nggak mau membuat beberapa brand ternama menjual produknya dengan harga ekonomis. Sama halnya dengan pabrikan terkemuka asal China yaitu Oppo. Seperti yang diketahui, selama ini Oppo banyak diincar sebagian kalangan pencinta elektronik Tanah Air.

Selain harganya yang tak banyak menguras kantong seperti seri A, Oppo juga menjual keunggulan spesifikasi. Di awal tahun 2020, Oppo kembali merilis banyak seri handphone yang salah satunya adalah Opo A31.

Oppo A31 memiliki desain Waterdrop dengan layar poni yang keren. HP ini memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 12 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera potrait 2 MP. Sementara kamera depannya dibekali dengan lensa 8 MP.

Namun sebelum mantap membeli smartphone ini, simak ulasan lengkap mengenai Oppo A31 terlebih dulu. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (17/11).

 

Kelebihan HP Oppo A31.

1. Kamera.

harga Oppo A31 © oppo.com

Loading...

foto: oppo.com

Oppo A31 didukung oleh triple kamera. Tiga lensa menginspirasimu untuk mengambil gambar dengan lebih banyak cara daripada sebelumnya. Kamera utama 12 MP, fokus jelas dan membuat gambar tampak besar. Sementara lensa makro bisa membantumu memperbesar bahkan hingga detail terkecil.

Sedangkan kamera depan atau selfie tampak lebih alami dan indah. Dilengkapi AI Beautification, fokus kamera depan 8 MP secara otomatis mengidentifikasi usia dan jenis kelamin untuk menciptakan selfie hasil yang lebih sesuai, alami dengan kulit, lebih halus, dan indah.

2. Layar.

harga Oppo A31 © oppo.com

foto: oppo.com

Layar oppo A31 berukuran 6.5 inci sudah dibenami Waterdrop Eye Protection atau pelindung mata. Nano-Waterdrop Notch didesain dengan model terbaru, berukuran 31,4% lebih kecil dari sebelumnya.

Hasilnya adalah layar yang lebih besar, membuat bermain game dan menonton video jadi lebih imersif serta super enjoy dari sebelumnya. Juga, Oppo A31 bisa menyaring cahaya biru yang berbahaya untuk mencegah mata lelah, melindungi penglihatan, dan menciptakan kesenangan sepanjang hari.

3. Desain.

harga Oppo A31 © oppo.com

foto: oppo.com

Selain punya spesifikasi andal, Oppo A31 dirancang dengan desain kekinian. Handphone yang satu ini hadir dalam tiga warna baru yang terinspirasi dari alam. Lake Green atau hijau dari danau yang luas, Mystery Black (hitam) dari tengah malam tanpa bulan, dan Fantasy White (putih).

4. Memori.

harga Oppo A31 © oppo.com

foto: oppo.com

Terdapat tiga slot penyimpanan kartu yang bisa kamu manfaatkan. Dual Sim dan MicroSD untuk menambah memori ekstra hingga 256GB. Sebab itu jangan ragu untuk mengambil lebih banyak foto, mengunduh beragam video, dan menyimpan lebih banyak musik. Dengan penyimpanan sebesar ini, seolah hiburan untuk kamu nggak ada batasnya.

5. Baterai.

harga Oppo A31 © oppo.com

foto: oppo.com

Ponsel Oppo A31 dilengkapi dengan kapasitas baterai besar 4.230 mAh. Kamu bisa menonton video, mainkan game, dan mendengarkan musik sepanjang hari. Berdasarkan laman resminya, setidaknya kamu bisa menonton video HD online hingga 14 jam, bermain game online hingga 7 jam, dan mendengarkan musik sampai 111 jam.

6. Performa.

harga Oppo A31 © oppo.com

foto: oppo.com

Performa Oppo A31 semakin keren dengan Prosesor Octa-Core 2.3GHz. Smartphone ini tak hanya bisa berjalan mulus saat bermain game dan video, tetapi juga tak terlalu banyak mengonsumsi daya baterai.

 

Kekurangan HP Oppo A31.

1. Belum ada fitur fast charging.

harga Oppo A31 © oppo.com

foto: oppo.com

Meski tidak terlalu banyak memakan baterai, Oppo A31 masih belum punya fitur fast charging. Sejak rilis pada Februari lalu, Oppo A31 masih memakai port microUSB. Ketika baterai kosong, setidaknya kamu butuh waktu cukup lama untuk mengisi ulang.

2. Layar belum Full HD+.

harga Oppo A31 © oppo.com

foto: oppo.com

Ada begitu banyak handphone keluaran baru yang sudah menawarkan layar Full HD+. Sayangnya tidak demikian dengan Oppo A31 ini. Walaupun layar Oppo A31 sudah bisa dibilang cerah, namun dengan harga di atas dua juta handphone ini masih memakai layar resolusi HD+ terasa kurang menarik.

3. Kamera selfie.

harga Oppo A31 © oppo.com

foto: oppo.com

Jika kamera utama atau belakang dirasa sudah pas yakni 12 MP. Berbeda halnya dengan kamera Oppo A31 bagian depan yang masih menawarkan fokus 8 MP. Secara harga, hasil kamera selfie Oppo A31 masih terkesan kurang natural karena peran AI yang terlalu dominan.

 

Spesifikasi HP Oppo A31.

- Layar: 6.5 inches, 102.0 cm2 (~82.4% screen-to-body ratio)

- Resolusi layar: 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density)

- Protection: Corning Gorilla Glass 3

- Type: IPS LCD, 480 nits (typ)

- OS: Android 9.0 (Pie), ColorOS 6.1

- Chipset: Mediatek MT6765V/CB Helio P35 (12nm)

- CPU: Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)

- Kecepatan CPU: 4 × 1.8 GHz + 4 × 2.3 GHz

- GPU: PowerVR GE8320

- RAM: 4 GB, 6 GB

- Memori Internal (ROM): 128 GB

- Memori Eksternal: Up to 256 GB

- Kamera Belakang: 12 MP, f/1.8, (wide), 1/2.86", 1.25µm, PDAF

2 MP, f/2.4, (macro)

2 MP, f/2.4, (depth)

- Fitur kamera belakang: LED flash, HDR, panorama

- Kamera depan: 8 MP, f/2.0, (wide), 1/4.0", 1.12µm

- Fitur kamera depan: HDR

- Video belakang: 1080p@30fps

- Video depan: 1080p@30fps

- Kapasitas baterai: 4.230 mAh (Non-removable Battery)

- Berat: 180 gram

- Fitur lainnya: Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, Triple Cameras, 3.5mm Headphone Jack.

Dengan berbagai kecanggihan yang sudah disebutkan, kamu bisa menikmati kemudahan memakai HP Oppo A31 dengan merogoh uang kisaran Rp 2.500.000

RECOMMENDED BY EDITOR