Brilio.net - Dua tahun setelah Apple mengeluarkan fitur Family Sharing di AppStore-nya, Google kini tak mau kalah dengan mengumumkan fitur serupa yang disebut Google Play Family Library, yang memungkinkan berbagi TV, aplikasi, film dan buku langsung pada enam akun Google lainnya. Tak hanya itu, seperti yang dilansir brilio.net dari mashable.com, Selasa (2/8), fitur baru Google Play ini tak hanya akan bekerja di perangkat Android dan Chrome saja, tetapi juga di iPhone dan iPads. Layanan nantinya akan bebas digunakan siapa saja asalkan ia memiliki akun Google.

Hanya saja, meski diklaim bisa berbagi apapun di fitur, kamu tetap tak bisa berbagi musik karena di Google sendiri sudah ada fitur sendiri yang mewadahi kamu untuk berbagi musik yakni Google Play's Music Family Plan. Aplikasi untuk musik ini diluncurkan tahun lalu dan bisa menampung hingga enam akun Google dengan tarif sekitar USD 14,99 per bulan atau setara Rp 195.000.

Google Family Library © 2016 brilio.net

foto: androidcentral.com

Untuk mendaftar ke Google Play Family Library, caranya sangat mudah. Yakni, kamu tinggal masuk ke Google Play akun kamu, lalu menuju ke Menu, lanjut ke Account, kemudian ke Family, dan terakhir ke Sign up for Family Library.

Loading...

BACA JUGA: 10 Pengorbanan yang sering dilakukan cowok saat ngejar gebetan

Untuk menambahkan akun, kamu tinggal klik Menu, lalu klik Family, lalu klik Manage family members, dan terakhir klik Invite family members. Di sini, Anda harus menentukan nomor telepon atau alamat email yang ingin kamu masukkan menjadi Family Member. Nantinya, anggota keluarga yang kamu masukkan ke dalam daftar tadi akan mendapatkan teks atau email berupa undangan untuk bergabung dengan akun keluarga yang sudah kamu buat tadi.

Google Family Library © 2016 brilio.net

foto: androidauthority.com

Google Play Family Library ini tersedia di Amerika Serikat, Australia, Brasil, Kanada, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Jepang, Meksiko, Selandia Baru, dan Inggris. Wah, nggak sabar untuk bisa launching di Indonesia dan seluruh dunia, ya.

Semakin membuat penasaran? Yuk, simak dulu videonya berikut ini tentang Google Play Family Library. Check this out!

RECOMMENDED BY EDITOR