Brilio.net - Ramadan selalu menjadi momen yang tepat untuk bersilaturahmi bersama teman dan kerabat. Tapi, saat kamu berpuasa bukan berarti harus bermalas-malasan ya.

Banyak aktivitas positif yang bisa dilakukan agar kamu lebih produktif. Selain mesti memperbanyak ibadah, setiap Ramadan ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa selalu menjadi kegiatan wajib yang banyak dilakukan orang.

Kalau sudah dekat-dekat lebaran, mudik pun jadi “trending topic”. Saat ini menjelajah dunia maya saat Ramadan menjadi keseharian para pengguna teknologi. Ada yang mencari menu berbuka puasa, hingga tempat berbuka bareng teman atau kerabat.

Fitur Baru Google  © 2017 brilio.net

foto: brilio.net/yani andryansjah

Nah menyambut Ramadan, Google pun meluncurkan pembaruan sejumlah fitur produk andalannya. Lewat #GoogleTemanRamadan, fitur-fitur ini bisa membuat rutinitas pengguna menjalankan puasa menjadi lebih mudah.

“Google menghadirkan beragam fitur terbaru melalui ponsel pintar sebagai teman yang dapat membantu menemukan apa yang Anda butuhkan, terutama di momen terpenting saat Ramadan,” ujar Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami di Rumah Imam Bonjol, Jakarta, Senin (29/5).

Fitur terbaru mulai Search, Maps, GooglePlay dan YouTube bisa menjadi teman di empat momen terpenting Ramadan yaitu teman puasa, ngabuburit, mudik, dan hari raya.

Fitur Baru Google  © 2017 brilio.net

(ki-ka) Mira Sumanti, Product Marketing Manager Search & Maps Google Indonesia, Sasha Sunu, Product Marketing Manager Google Play Google Indonesia, Putri Silalahi, Head of Products Communications Google Indonesia, Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia (foto: brilio.net/yani andryansjah)

Untuk fitur Search, kamu bisa mencari informasi terkait Ramadan. Cukup masukkan satu kata pencarian, “Ramadan”. Kamu akan menemukan semua hal yang berkaitan Ramadan mulai resep makanan untuk berbuka, ucapan salam hingga mengetahui kapan matahari akan terbenam.

Selain itu, Google Maps juga membantu pengguna untuk booking tempat berbuka bersama teman atau kerabat melalui fitur cari meja (find a table). Nah untuk memudahkan pengguna Google Maps bekerja sama dengan Qraved dan Chope.

Lewat fitur ini, kamu nggak hanya dapat menemukan restoran terdekat, tetapi juga bisa memesan meja restoran langsung dari Google Maps sekalipun sedang dalam perjalanan. Kamu nggak perlu khawatir tidak kebagian meja untuk berbuka puasa bersama kerabat deh.

Fitur Baru Google  © 2017 brilio.net

foto: brilio.net/yani andryansjah

Oh ya, lewat Google Maps kamu juga bisa berbagi lokasi lho. Jadi kerabat bisa tahu posisi kamu secara real time. Nah buat kamu yang mau mudik, Google Maps juga bisa diandalkan untuk membantu mencari restoran dan SPBU, termasuk pencarian mesjid terdekat untuk beribadah saat di perjalanan.

Selama perjalanan mudik, biar nggak bosan ada fitur YouTube Offline yang nggak kalah seru. Tanpa koneksi internet lho. Kamu tinggal unduh konten yang diinginkan sebelumnya dan tonton deh saat mudik.

“Fitur yang kami hadirkan ini berdasarkan pencarian terbanyak selama Ramadan. Sebut saja pencarian tinggi di Google Search tentang menu buka puasa, jalur mudik, hingga tempat ngabuburit, keseluruhan fitur terbaru dari Google hadir untuk Anda dan menjadi teman selama Ramadan,” timpal Consumer Marketing Manager Google Search Indonesia Mira Sumanti.

Fitur Baru Google  © 2017 brilio.net

foto: brilio.net/yani andryansjah

Nggak cuma itu, untuk menemani aktivitas selama Ramadan, Google juga menyiapkan konten khusus Ramadan YouTube Shelf sebagai teman ngabuburit, seperti lagu, resep masak hingga konten Ramadan.

“Lewat fitur ini kami ingin membantu pengguna YouTube menemukan konten Ramadan dengan cepat, misalnya resep untuk berbuka. Kita bekerjasama dengan sejumlah kreator di Indonesia untuk konten terkait,” kata Head of Products Communications Google Indonesia Putri Silalahi.

Buat pecinta game, ada promosi khusus #SalipLevel. Kamu juga bisa berbagi kegembiraan dengan teman lewat Kartu Hadiah Google Play yang bisa dibeli di Indomaret dan toko-toko terdekat. “Game rekomendasi kami Warung Chain dan Tahu Bulat,” kata Sasha Sunu, Product Marketing Manager Google Play Google Indonesia.

Fitur Baru Google  © 2017 brilio.net

foto: brilio.net/yani andryansjah

Nah Hari Raya Idul Fitri juga menjadi saat yang tepat mengambil momen kebersamaan lewat foto. Kamu bisa berbagi foto tanpa repot, melalui fitur album sharing di Google Photos.

Oh ya, hari raya juga sering dimanfaatkan untuk berkunjung ke tempat wisata. Kini Google Maps juga dilengkapi fitur Transit untuk Commuter Line (KRL) secara real-time. Kamu bisa melihat lama perjalanan dan juga informasi biaya perjalanan.

Tuh asik kan? Jadi Ramadan kamu bisa lebih seru deh.