Brilio.net - Galaxy Note 8, Phablet flagship buatan pabrik teknologi raksasa Samsung ini akan segera diluncurkan 23 Agustus besok. Menjelang peluncurannya berbagai foto dan rumor yang diklaim merupakan bocoran dari salah satu produk andalan Samsung ini bertebaran di internet.

Tahun lalu, Samsung telah merilis produk Note 7 namun ditarik dari pasaran karena masalah baterai yang dapat meledak. Uniknya mereka mengubah fitur berbahaya ini menjadi salah satu fitur andalan Galaxy S8 yang dirilis Maret awal tahun ini.

Hal apa lagi yang kira-kira akan disematkan pada produk yang akan dirilis beberapa minggu lagi ini? Dilansir dari berbagai sumber, berikut brilio.net sampaikan 7 rumor yang paling layak ditunggu kebenarannya.

1. Dual kamera belakang 12 MP

Note 8 © 2017 brilio.net

Terdengar familiar? Yup! iPhone 7 Plus telah memiliki fitur ini. Kalau iPhone menggunakan kamera kedua untuk fungsi zoom dan efek bokeh, Note 8 membawa fungsi baru apa ya?

Dilansir dari Android Authority, kedua kamera belakang akan beresolusi 12 MP dibanding satu kamera 12 MP pada Note7. Salah satunya akan menjadi kamera utama dengan lensa wide-angle, bukaan f/1.7 dan dual-pixel autofocus. Kamera keduanya membawa fungsi yang mirip dengan kamera iPhone 7 Plus namun dengan bukaan f/2.4 dan 2x optical zoom.

2. Pemindai sidik jari

Note 8 © 2017 brilio.net

Fitur ini sedang hangat-hangatnya diperbincangkan terkait kemungkinan Note 8 akan menggunakan pemindai sidik jari yang ditanamkan ke dalam layar. Namun dilansir dari Gizmodo, fitur ini kemungkinan tidak akan disematkan pada produk Note 8. Wah padahal akan keren banget kalau Note 8 bisa memiliki fitur ini.

3. Desain

Note 8 © 2017 brilio.net

Dengan slogan baru Samsung "Unbox your phone" sejak peluncuran S8, Layar besar dengan body yang lebih ramping menjadi hal yang dinantikan oleh para penggemar. Secara umum bentuk Note 8 tidak akan terlalu jauh dari S8.

Menurut rumor yang beredar, bentuk sudut Note 8 akan lebih mengkotak dibanding dengan bentuk S8 yang lebih bundar. Tidak lupa Note 8 dirumorkan masih akan menyertakan Stylus.

4. Layar 6,3 inci Super AMOLED

Note 8 © 2017 brilio.net

Layar Note 8 diperkirakan akan berukuran 6,3 inci, sebuah upgrade yang jauh lebih lebar dari pendahulunya yakni 5,7 inci namun hanya sedikit lebih besar dari sepupunya S8 plus yakni 6,2 inci. Layar Note 8 diperkirakan akan memiliki resolusi yang sama dengan S8 Plus yakni 1,440 x 2,960 pada rasio 18.5:9.

5. Chipset Snapdragon 835 dan Exynos 8895

Note 8 © 2017 brilio.net

Samsung akan membedakan sumber tenaga dari phablet teranyar ini. Menurut data dari Techradar, Note 8 akan disematkan prosesor yang sama dengan S8 dan S8 Plus yakni Exynos 8895 kecuali untuk Amerika Serikat yang akan mendapatkan Snapdragon 835. Perbedaannya apa? Kita tunggu penjelasan dari Tim Samsung ya..

6. RAM 6GB

Note 8 © 2017 brilio.net

Berbeda dengan sepupunya S8 yang menggunakan 4GB RAM, dan kompetitornya iPhone 7 Plus dengan 3GB RAM, Note 8 akan menggunakan 6GB RAM. Apakah peningkatan RAM ini mengindikasikan adanya peningkatan software yang lain dan aplikasi bawaan? Memori telepon masih sama yakni 64GB. Masih cukup lah buat foto-fotoan.

7. Warna

Note 8 © 2017 brilio.net

Menurut Evan Blass dilansir dari Techradar, Note 8 akan datang dengan 4 warna yakni Midnight Black, Maple Gold, Deep Sea Blue dan Orchid Grey. Keempat warna ini mirip dengan warna S8 kecuali Deep Sea Blue.

Walaupun begitu, menurutnya kedua warna terakhir baru akan diperkenalkan beberapa minggu atau bulan setelah peluncuran sedangkan waktu peluncuran hanya akan ada warna Midnight Black dan Maple Gold.

Jadi, apakah kabar tersebut memang benar? Kita tunggu peluncurannya tanggal 23 Agustus mendatang.