Brilio.net - Apa sih yang kamu lakukan saat pertama kali bangun tidur? Pasti kamu ngecek smartphone untuk melihat notifikasi terbaru seperti pesan instan atau media sosial. Saking seringnya, kamu bisa menghabiskan 30 menit hanya bermain smartphone sambil tiduran. Alhasil, pas waktunya bangun, tubuh jadi nggak segar dan kelelahan. Mood seharian bisa jadi bete gara-gara main smartphone di pagi hari.

Sadar atau nggak, godaan media sosial dan pesan instan bikin kita ketagihan. Kamu bisa ngobrol dengan santai selama berjam-jam sama gebetan atau pacar dengan aplikasi pesan instan atau video call. Kondisi terkini teman yang lagi ada di seberang pulau juga bisa kamu ikuti dengan media sosial. Bahkan, berita terbaru bisa kamu dapatkan dengan berselancar di internet melalui smartphonemu.

Kecanduan ini bisa bikin hidup jadi berantakan. Parahnya lagi, kamu akhirnya tak bisa berpisah dari smartphone. Cuma ke warung sebelah tanpa bawa HP bikin kamu seolah merasakan kehampaan.

Untuk itu, kamu harus bisa mengontrol diri agar tak terlalu ketagihan. Nah, lima aplikasi yang tersedia di Playstore dan Appstore ini bisa membantumu agar tetap fokus dalam kerjaan dan melupakan sejenak media sosial dan pesan instan.

Penasaran apa saja aplikasinya? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (21/5), berikut lima aplikasi worth it yang berguna demi menambah fokus ke kerjaan.

1. Tutup lockscreenmu dengan Flipd: Distraction Blocker.

Fokusmu nggak akan ke-distract dengan 5 aplikasi keren nan berguna ini berbagai sumber

foto: play.google.com

Susah berkonsentrasi selama 30 menit selama kerja atau belajar? Aplikasi ini berguna untuk ‘menguncimu’ dari fungsi media sosial selama periode tertentu. Kamu bisa memilih sendiri berapa lama kamu ingin fokus dan tak ingin diganggu dengan notifikasi. Kerennya lagi, aplikasi ini tetap berjalan walaupun smartphone di-restart. Alhasil, kamu bisa jadi lebih fokus ke kerjaan.

2. Blokir semua notifikasi mengganggu dengan Offtime.

Fokusmu nggak akan ke-distract dengan 5 aplikasi keren nan berguna ini berbagai sumber

foto: play.google.com

Ingin terlepas dari notifikasi tapi khawatir jika ada yang memang benar-benar penting? Aplikasi bernama Offtime ini menawarkan sesuatu yang berbeda. Dengan Offtime, nomor atau pesan instan yang dipilih sebelumnya bisa tetap masuk walaupun aplikasi sedang berjalan. Kamu juga bisa memberi jawaban otomatis yang bisa dibuat sendiri sesuai kebutuhan jika ada yang menghubungimu.

3. Nikmati sensasi menanam pohon dengan Forest: Stay Focused.

Fokusmu nggak akan ke-distract dengan 5 aplikasi keren nan berguna ini berbagai sumber

foto: chrome.google.com

Terkadang, kamu merasa malas jika hanya menutup notifikasi saja. Tapi aplikasi satu ini berbeda dari yang lain. Forest Stay Focused ini bekerja laiknya sebuah game. Game menanam pohon ini akan bekerja jika kamu nggak menggunakan HPmu. Dengan ini, kamu nggak cuma mengontrol diri agar tak ketagihan smartphone, tapi juga mendapat serunya bermain game.

4. Atur waktu penggunaan dengan Quality Time.

Fokusmu nggak akan ke-distract dengan 5 aplikasi keren nan berguna ini berbagai sumber

foto: blogs.systweak.com

Kamu bisa berjam-jam bermain media sosial? Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur berapa lama kamu ingin menghabiskan waktu di aplikasi tertentu. Selain itu, aplikasi ini juga berisi informasi berapa lama waktu yang kamu habiskan sehari-hari saat bermain media sosial. Ada juga peringatan jika jatah waktu sudah habis lho.

5. Ubah kebiasaanmu bermedia sosial dengan SPACE - Break phone addiction.

Fokusmu nggak akan ke-distract dengan 5 aplikasi keren nan berguna ini berbagai sumber

foto: play.google.com

Menyeimbangkan kehidupan di dunia maya dan nyata bisa bikin pusing. Kamu bisa saja menghabiskan waktu berjam-jam di dunia maya lewat media sosial dan mengabaikan teman terdekat.

Sebaliknya, kamu bisa khawatir kehilangan momen atau nggak update peristiwa terkini karena jauh dari smartphone. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur kebiasaanmu lewat sistem goal, reward, dan achievement yang keren abis. Jadi berasa ada motivasi agar hidup jadi seimbang deh.

Nah, begitulah caranya biar kamu bisa fokus ke kerjaan dan nggak terganggu. Ada saatnya kamu berselancar asyik di media sosial, ada kalanya kamu fokus ke kerjaan yang jadi tanggung jawabmu. Termasuk juga menyempatkan waktu bersosialisasi sama kawan-kawan nih, biar koneksi luas, banyak teman, dan nggak kudet (kurang update) info mulut ke mulut.

Kira-kira kamu sama teman-temanmu punya tips nggak sih biar fokus ke kerjaan? Bisa kamu share lho dengan ikutan nulis di Together Whatever melalui Brilio Creator. Nantinya tulisanmu bakal nongol di togetherwhatever.id.

Makin asyik, kamu juga berkesempatan mendapat hadiah menarik. Nggak cuma nulis, kamu juga bisa lihat konten-konten film, musik, sampai fashion yang hype di togetherwhatever.id. Tunggu apa lagi? Klik di sini, yuk!