Brilio.net - Pada bulan September lalu, Google menyatakan akan mengizinkan pengguna Gmail untuk bisa membuat panggilan secara langsung melalui perangkat iOS dan Android. Awalnya, pengguna bisa membuat link Google Meet dalam aplikasi tersebut dan membagikannya. Pengguna juga dapat join meeting yang dibuat melalui aplikasi di perangkat mobile.

Kini penggunaan fitur-fitur ini bisa dilakukan dengan mudah. Sekarang Google telah membuat tombol akses untuk mempermudah pengguna dalam melakukan panggilan audio maupun video secara langsung di aplikasi Google Mail.

Menurut pernyataan Google di laman The Verge, Gmail telah dilengkapi tombol terbaru untuk pengguna dapat melakukan panggilan audio dan video. Untuk mengakses tombol ini, pengguna dapat mencarinya setelah mengetuk sebuah percakapan. Bila masih belum tampak, pengguna harus meng-update aplikasi Gmail versi terbaru.

Gmail bisa akses audio dan video call © 2021 brilio.net

foto: Google

Selanjutnya, Google juga menyebutkan bahwa fitur ini akan dirilis ke semua perangkat secara merata selama 15 hari, dimulai dari Rabu (8/12). Fitur terbaru ini kini tersedia untuk semua pengguna aplikasi Google seperti Google Workspace, G Suite Basic, hingga pengguna semua akun Google.

Fitur-fitur ini membuat Gmail menjadi aplikasi yang mudah diakses sebagai media berkomunikasi. Perusahaan tersebut juga menegaskan bahwa dengan mengklik tombol "Join a call" pada Google Chat, pengguna akan langsung diarahkan ke aplikasi Gmail.

Sebagai informasi tambahan, Google terus mengembangkan fitur terbaru untuk setiap aplikasinya sebelum mengalami pemberhentian seperti Google Hangouts. Untuk itu, perusahaan megah itu terus mengembangkan Gmail dengan memperkaya bahan untuk mempermudah berkomunikasi, seperti adanya tambahan tabs di tampilan bagian bawah yang menjadi empat: Mail, Chat, Rooms, dan Meet.