Brilio.net - SharePlay adalah fitur baru yang diusung di iOS 15 dan berkaitan erat dengan fitur panggilan video dan audio, FaceTime di Apple. Fitur ini digunakan untuk menonton video, berbagi layar, hingga mendengarkan musik dengan orang lain.

Meskipun sempat absen pada perilisan iOS 15.0, kini SharePlay tersedia untuk pengguna iOS 15.1 dan iPadOS 15.1. Fitur ini sangat penting bagi pengguna yang hendak membagikan musik, video, maupun seluruh kegiatan di layar ponsel ke partner panggilan mereka.

Namun, bagaimanakah cara menggunakan SharePlay di iPhone dan iPad? SharePlay memudahkan kita untuk membagi tiga hal ke orang lain, yakni layar, musik, dan video. Berikut langkah-langkahnya:

Membagikan layar atau share screen ke orang lain

Pengguna iOS dan iPad pasti ada momen ingin membagikan layarnya ke orang lain, bisa saja konten lucu dari TikTok dan cuitan-cuitan galau di Twitter. Caranya cukup ikuti langkah berikut:

1. Pada FaceTime, ketuk pilihan SharePlay
2. Pilih 'Share My Screen'
3. Minta lawan bicara untuk mengetuk tombol 'Open' pada tulisan 'Join Screen Sharing' yang muncul saat panggilan masih berlangsung
4. Setelah Screen Sharing berjalan, notifikasi akan tersembunyi.

Membagikan musik dan video

Jika kamu punya lagu yang enak didengar dan ingin orang lain merasakan keindahan lagu tersebut, SharePlay bisa membantu kendala ini. Untuk ini, pengguna tak perlu sampai membagikan layar mereka. Ikuti langkah-langkah berikut untuk bisa share musik dan video:

1. Mulai panggilan FaceTime
2. Pergi ke aplikasi yang didukung, pilih konten yang ingin kamu bagikan
3. Akan muncul informasi untuk memberitahu bahwa SharePlay dengan otomatis akan membagikan konten ke orang yang terhubung
4. Akses video atau lagu yang ingin kamu bagikan. Semua video dan lagu yang dibagikan akan tersinkronasi dengan baik.