Brilio.net - Siapa sih yang tidak kenal media sosial di zaman sekarang ini? Media sosial sudah menjadi bagian hidup berbagai kalangan, baik itu anak-anak, remaja, hingga orang tua. Dengan media sosial seperti Twitter, Facebook, atau Tumblr banyak orang bisa kembali terhubung dengan keluarga dan kerabat.

Namun pernahkah Sobat Brilio terpikir bahwa banyak media sosial menggunakan warna biru sebagai warna logo mereka? Ternyata ada filosofinya di balik pewarnaan ini, lho. Ada pun media sosial yang dikenal dengan warna biru logonya antara lain Twitter, Facebook, Skype, WordPress, Pandora, LinkedIn, Vimeo, Tumblr, dan Foursquare.

Sekilas memang tidak tersadar, tapi hari ini brilio.net berbagi informasi seputar alasan banyak media sosial menggunakan warna biru sebagai warna logo mereka. Dikumpulkan dari berbagai sumber pada Senin (27/9), ini filosofinya yang perlu kamu ketahui.

1. Mendorong komunikasi dan mempromosikan interaksi.

Karena situs-situs web dirancang untuk komunikasi dan keterlibatan, alasan ini jadi masuk akal. Biru adalah warna yang paling sering diasosiasikan dengan komunikasi. Ia juga dikenal cair, tenang, dan membangkitkan perasaan aman yang disukai banyak orang.

Ketika warna lain cenderung mengalihkan perhatian konsumen, warna biru bisa terlihat sebagai latar belakang transparan. Setiap situs web menggunakan warna biru yang berbeda pada spektrum warna yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

2. Menarik untuk pria dan wanita.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, baik pria maupun wanita lebih memilih warna biru daripada warna lain. Perusahaan dapat mengambil manfaat dari penggunaan warna biru di logo merek dan situs web mereka karena pada dasarnya semua orang menyukainya dan menghasilkan emosi yang sangat positif. Faktanya, biru adalah warna paling populer di dunia.

Entah alasannya karena rasa ramah, rasa transparansi yang berkembang saat konsumen membaca situs web, atau simbolisme di balik warna, setiap situs web memilih desain mereka karena suatu alasan.

3. Biru adalah warna netral.

Sekitar 10% dari populasi mengalami buta warna merah dan hijau. Ini menjadikan biru adalah warna yang baik untuk digunakan sehingga individu yang buta warna merah dan hijau bisa melihat teks, logo, dan konten web lainnya.

4. Biru adalah warna yang ramah.

Terlepas dari kenyataan bahwa itu sering mengingatkan pikiran tentang lautan biru yang sejuk, biru adalah warna yang hangat. Warna ini menarik mata sekaligus menenangkan. Biru juga mendorong pemirsa untuk melihat konten sebagai hal yang menarik, efektif, dan dapat diandalkan.

5. Telah diyakini secara historis.

Secara historis, biru melambangkan kesetiaan, kepercayaan diri, ketenangan, kepercayaan, kecerdasan, iman, dan bahkan kebenaran. Biru juga telah terbukti secara ilmiah mendorong kreativitas. Cukup jelas bahwa warna biru bermanfaat bagi pikiran dan tubuh dalam banyak hal.

Jika lima poin tersebut merupakan filosofi umum, berikut brilio.net bahas tentang alasan spesifik kenapa lima media sosial ini menggunakan warna biru sebagai warna logo mereka.

1. Twitter.

Facebook hingga Twitter pakai logo warna biru, ini 5 folosofinya berbagai sumberb

foto: Pixabay/@Firmbee

Karena Twitter memiliki maskot seekor burung, mereka menggunakan warna biru karena itu mewakili langit pada hari yang cerah. Biru terasa dapat diandalkan, sama seperti pengguna bisa mengandalkan Twitter untuk memberi informasi tentang topik yang sedang tren dan peristiwa terkini secara real time.

2. Facebook.

Facebook hingga Twitter pakai logo warna biru, ini 5 folosofinya berbagai sumberb

foto: Pixabay/@Photo Mix

Alasan Facebook memiliki warna biru sebagai warna logonya cukup sederhana, karena pendirinya Mark Zuckerberg buta warna merah-hijau. Ini berarti biru adalah warna yang paling jelas yang bisa dia lihat.

Selain alasan itu, biru juga bisa digunakan untuk mempromosikan komunikasi dan interaksi, dua hal terbaik yang dimiliki Facebook. Tidak heran Facebook memiliki lebih dari 2,2 miliar pengguna aktif bulanan.

3. Skype.

Facebook hingga Twitter pakai logo warna biru, ini 5 folosofinya berbagai sumberb

foto: Pixabay/@Kevin Phillips

Sebelumnya Skype menggunakan warna biru di situs web mereka secara efektif untuk menyampaikan rasa inovasi. Saat ini Skype menyertakan beberapa tombol CTA berwarna biru dengan latar belakang biru-abu-abu.

Seperti yang diketahui, Skype memungkinkan pengguna terhubung dengan mudah ke siapa saja menggunakan aplikasi melalui video atau teks. Ini membuat Skype terlihat ramping dan modern.

Banyak perusahaan teknologi lain seperti Telecom, HP, Dell, dan AT&T, juga memanfaatkan penggunaan warna biru dalam pemasaran mereka untuk menarik pengunjung.

4. WordPress.

Facebook hingga Twitter pakai logo warna biru, ini 5 folosofinya berbagai sumberb

foto: Pixabay/@Dok Sev

Media sosial berikutnya yang menggunakan warna biru sebagai warna logonya adalah WordPress. Adapun filosofinya untuk memberi pengunjung perasaan dapat dipercaya dan stabil. Nuansa biru lainnya digunakan sebagai warna aksen untuk memberi perhatian pada navigasi dan ajakan bertindak mereka.

5. Pandora.

Facebook hingga Twitter pakai logo warna biru, ini 5 folosofinya berbagai sumberb

foto: Flickr/@The Focal Project

Alasan Pandora menggunakan warna biru adalah untuk menunjukkan kreativitas kepada pengguna. Beranda mereka menampilkan sedikit gradasi biru yang merupakan cara bagus untuk menambahkan minat ke halaman yang didominasi satu warna. Biru menarik perhatian pengguna dan mudah dilihat untuk jangka waktu yang lama.

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/tin)