Brilio.net - Fitur dark mode alias mode gelap ramai dibincangkan pada tahun 2019 kemarin. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba mengumumkan mengenai rencana peluncuran fitur kekinian itu. Mulai dari media sosial sampai gadget menyuguhkan fitur dark mode untuk menarik perhatian penggunanya.

Facebook adalah salah satu perusahaan yang juga menawarkan fitur dark mode. Media sosial milik Mark Zuckerberg itu menawarkan tampilan gelap pada aplikasi utamanya maupun pada Facebook Lite. Namun menariknya, pada Februari tahun 2020  ini justru Facebook menghadirkan dark mode terlebih dahulu pada Facebook Lite.

Dark mode di FB Lite © 2020 brilio.net

foto: androidpolice.com

Facebook Lite adalah versi ringan pada aplikasi utama Facebook. Kehadiran Facebook Lite memberikan beberapa keuntungan bagi para penggunanya. Facebook yang dulu hanya bisa diakses melalui komputer kini lebih mudah diakses dengan Facebook lite. Meskipun sempat eksis pada 2009, Facebook Lite harus dihentikan sementara pada tahun 2010.

Loading...

Meski begitu, bukan berarti eksistensi Facebook Lite meredam. Terbukti Facebook Lite lebih dulu mendapatkan fitur dark mode dibandingkan aplikasi utamanya. Dilansir brilio.net pada Selasa (18/2) dari androidpolice.com, aplikasi utama Facebook pertama kali menunjukkan tanda-tanda mode gelap pada bulan November, tetapi fitur ini masih belum menjangkau semua orang.

Tapi menariknya, beberapa pengguna sudah terlihat mendapatkan tampilan gelap pada Facebook Lite. Meskipun belum tersedia pada semua pengguna, namun secara khusus pengguna Facebook Lite bisa memilih tampilan dark mode. Untuk mendapatkan tampilan dark mode pada Facebook Lite bisa diubah dalam opsi pengaturan.

Dark mode di FB Lite © 2020 brilio.net

foto: androidpolice.com

Setelah berhasil diaktifkan, kamu bisa menikmati fitur dark mode pada seluruh tampilan Facebook Lite. Kamu bisa menjelajahi semua menu dengan warna hitam yang dianggap lebih membuat mata rileks. Selain itu, penerapan fitur dark mode juga disebut bisa lebih menghemat daya bateraimu.

Facebook dikabarkan akan masih mengembangkan fitur dark mode, terutama untuk versi desktop. Meski belum ada tanggal resmi kapan akan diluncurkan, ada kemungkinan Facebook akan merilisnya secara global. Keputusan Facebook untuk menerapkan fitur dark mode pada Facebook Lite dianggap tepat sebelum meluncurkan pada tampilan utamanya.

Hal ini mengingat Facebook Lite memiliki ukuran yang lebih ringan dibandingkan aplikasi utamanya. Selain itu Facebook Lite juga meminimalisir waktu dalam proses loading, aman untuk Android versi lama, dan juga bisa diakses pada semua jaringan.

RECOMMENDED BY EDITOR