Brilio.net - Aplikasi WhatsApp, Instagram, dan Facebook sulit diakses pada Senin (4/10). Tak hanya di Indonesia, gangguan ini juga terjadi di seluruh dunia. Dampaknya, keluhan pun ramai disampaikan di media sosial terkait masalah ini.

Menanggapi kejadian ini, pihak Facebook, Instagram, dan WhatsApp akhirnya angkat bicara. Melalui akun Twitter resmi masing-masing, ketiganya menjelaskan bahwa sedang memperbaiki konektivitas layanan agar bisa segera kembali normal.

"Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," jelas pihak Facebook.

Sementara itu, komentar mengenai gangguan ini masih ramai disampaikan banyak pihak. Nggak ketinggalan pihak Twitter dan sang bos, Jack Dorsey ikut memberikan cuitan terkait layanan WhatsApp, Instagram, dan Facebook down.

Seakan menyapa para pengguna yang 'pulang' ke Twitter, akun resmi tersebut pun memberikan salam kepada warganet. Namun yang nggak kalah jadi sorotan, pihak WhatsApp dan Instagram melalui akun Twitter juga membalas cuitan tersebut.

Cuitan CEO Twitter saat WhatsApp down © Istimewa

foto: Twitter/@twitter

"Halo semuanya," tulis Twitter.

"Halo," jawab WhatsApp dengan emoji melambaikan tangan.


Tak hanya sampai di situ saja, CEO Twitter Jack Dorsey pun ikut membalas akun Twitter dan WhatsApp. Meski singkat, namun cuitan itu sukses mencuri perhatian warganet. Bahkan balasan Dorsey pun mendapatkan lebih dari 2 ribu balasan.

"Saya kira ini harusnya terenkripsi...," sebut Jack Dorsey.


Dalam momen itu, Dorsey pun ikut membalas beberapa tanggapan warganet. Salah satunya, ia melemparkan candaan tentang membeli domain nama facebook.com. Pria itu lantas menanyakan berapa harga yang harus ia bayar.


Gangguan yang terjadi pada aplikasi Facebook, WhatsApp, dan Instagram kali ini memang diakui berlangsung cukup lama. Dilaporkan The Verge, Facebook membutuhkan waktu setidaknya 6 jam untuk memperbaiki ketiga aplikasi tersebut. Verge mencatat bahwa ini merupakan gangguan terparah yang dialami Facebook, Instagram, dan WhatsApp sejak 2019. Saat itu layanan Facebook down lebih dari 24 jam.

INFOGRAFIS FACEBOOK INSTAGRAM WHATSAPP DOWN berbagai sumber