Brilio.net - Google Translate adalah salah satu aplikasi yang sangat membantu kamu saat sedang mengalami kesulitan dalam membaca tulisan bahasa asing. Google Translate alias Google Terjemahan ini berguna untuk menerjemahkan sesuatu.

Google Translate dapat dibuka melalui komputer atau bisa juga diunduh langsung di Android. Cara paling mudah dan sering dilakukan oleh penggunanya adalah dengan menyalin (copy) kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan, lalu menempelkan (paste) pada aplikasi.

Namun tak banyak yang tahu kalau aplikasi Google Translate ini sebenarnya memberikan cara yang lebih mudah untuk menerjemahkan sebuah kata atau kalimat. Sehingga kamu tidak perlu keluar dari sebuah aplikasi untuk menyalin kata atau kalimat ke kotak penerjemah.

Nah, penasaran gimana caranya? Berikut ini adalah cara mudah untuk menerjemahkan kata atau kalimat langsung dari seluruh aplikasi seperti dilansir brilio.net dari Make Use Of, Selasa (24/9).

1. Unduh aplikasi Google Translate terbaru dari PlayStore.

2. Buka aplikasi, lalu pilih ikon hamburger di menu dan buka 'Settings'.

cara untuk menggunakan Google Translate lengkap istimewa

foto: Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar



3. Pilih 'Tap on Translate', selanjutnya aktifkan opsi 'Enable Tap to Translate'.

4. Untuk menerjemahkan kalimat atau kata, coba buka aplikasi apa saja.

5. Tandai teks yang ingin diterjemahkan dan pilih 'Copy'.

6. Lalu, akan ada ikon Google Translate yang muncul di sebelah kanan aplikasi. Ketuk ikon tersebut.

cara untuk menggunakan Google Translate lengkap istimewa

foto: Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar



7. Kemudian, akan muncul terjemahan dari teks tersebut langsung dari aplikasi tanpa perlu membuka Google Translate.

Saat ini Google Translate sudah menampung sebanyak 88 bahasa. Dulunya Google Translate lebih dominan untuk menerjemahkan Bahasa Inggris ke Bahasa lainnya. Namun sekarang, Google Translate mampu menerjemahkan lebih dari 100 bahasa.

Adapun maksudnya ialah pengguna bisa menerjemahkan dari Bahasa Prancis ke Bahasa Arab atau Bahasa Mandarin ke Bahasa Jepang dan seterusnya.

--

Google Terjemahan dari komputer

Nah, jika tadi kamu sudah simak betul bagaimana cara menerjemahkan bahasa asing melalui aplikasi Google Translate, berikut ini cara untuk menerjemahkan langsung beragam bahasa dari Google Translate melalui komputer, seperti dikutip brilio.net dari translate.google.com.

1. Buka halaman website dengan alamat translate.google.com

2. Kamu bisa memilih pilih menu 'Text' di halaman itu apabila kamu ingin menerjemahkan per kata atau kalimat.

3. Jika kamu tak ingin susah-susah mengganti kata, Google Translate mampu mendeteksi langsung kata apa yang sedang kamu paste (salin).

4. Namun kamu bisa juga mengatur sendiri bahasa apa yang ingin kamu terjemahan.

5. Secara manual, semua bahasa sudah langsung bisa muncul terjemahannya.

cara untuk menggunakan Google Translate lengkap istimewa

foto: Brilio.net



6. Kamu juga bisa mengunggah langsung dokumen yang ingin kamu terjemahkan.

7. Pilih menu 'Documents' pada halaman Google Translate tersebut.

cara untuk menggunakan Google Translate lengkap istimewa

foto: Brilio.net



8. Kemudian pilih 'Browse your computer'. Lalu kamu bisa memasukkan dokumen apa yang akan kamu terjemahkan dari data yang sudah disimpan di komputer. Bisa berbentuk .doc, .docx, .odf, .pdf, .ppt, .pptx, .ps, .rtf, .txt, .xls, atau .xlsx.

9. Setelah selesai mengunggah dokumen, klik pada menu 'translate' di pojok kanan bawah.

 cara untuk menggunakan Google Translate lengkap istimewa

foto: Brilio.net



10. Secara otomatis Google Translate akan menerjemahkan dokumen yang sudah kamu masukkan.

Menurut penelitian yang pernah dilakukan oleh Julie Cattiau, selaku Product Manager Google Translate dalam sebuah sesi video conference yang diadakan di kantor pusat Google Indonesia, masyarakat Indonesia memang gemar menggunakan Google Translate bukan karena untuk belajar bahasa asing, melainkan kebutuhan di saat waktu tertentu.

Misalnya saat berlibur ke luar negeri atau bisa juga untuk mengerjakan tugas sehari-hari. Pasalnya selain dapat menerjemahkan kata atau kalimat, aplikasi Google Translate ini semakin lama semakin berkembang. Google Terjemahan dapat menerjemahkan gambar, suara, hingga percakapan langsung dengan beragam bahasa asing yang telah disediakan.

Kini, Google Translate menggunakan kombinasi mesin belajar (machine learning) dan relawan manusia untuk memastikan hasil alih bahasa yang akurat dan tidak konyol.

Bahasa-bahasa baru yang ditambahkan saat ini adalah Bahasa Amharic (yang dituturkan di Ethiopia); Bahasa Korsika; Bahasa Frisian (Belanda dan Jerman); Bahasa Kyrgyz; Bahasa Hawai; Bahasa Kurdi; Bahasa Luxembourg; Bahasa Samoa; Bahasa Scots Gaelic; Bahasa Shona (Zimbabwe); Bahasa Sindhi (Pakistan dan India); Bahasa Pashto (Afghanistan dan Pakistan); dan Bahasa Xhosa (Afrika Selatan).

--

Google Terjemahan Gambar

Dilansir dari blog resmi Google, berikut ini sejumlah cara mudah yang bisa kamu ikuti untuk menggunakan Google Translate Gambar. Di sini, kamu dapat menerjemahkan gambar yang sudah diambil, dan bisa juga mengambil gambar baru dari aplikasi.

cara untuk menggunakan Google Translate lengkap istimewa

foto: istimewa



1. Buka aplikasi Google Translate di Android. Kalau diperlukan memilih bahasa, pilih bahasa yang kamu butuhkan.

2. Jika sudah, klik ikon kamera pada laman utama Google Translate. Pilih 'Scan' untuk mengambil gambar baru, atau pilih 'Import' untuk menerjemahkan gambar yang sudah ada.

3. Kemudian klik 'Select All', dan klik tombol panah yang terletak di bagian kanan atas untuk menyalin teks dan menampilkannya di panel utama Google Translate.

4. Disarankan, untuk mengambil gambar dengan pencahayaan yang cukup, agar dapat diterjemahkan secara akurat.

5. Jika kamu tidak diizinkan untuk mengambil gambar, klik Pengaturan dan 'Penggunaan Data', lalu aktifkan Input Kamera.

Selamat mencoba!