Brilio.net - Mac dan MacBook adalah alternatif lain dari PC dan laptop yang dapat digunakan untuk menjalankan berbagai kegiatan yang tidak bisa dilakukan oleh iPhone dan Android. Dalam penggunaannya, Mac dan MacBook memiliki berbagai keunggulan yang didapatkan berkat ekosistem dari Apple yang memudahkan penggunanya dalam menghubungkan berbagai perangkat dari produk Apple.

Selain efisien, performa dari Mac dan MacBook juga tidak bisa dianggap remeh berkat berbagai chipset tinggi performa, seperti Chip M1. Dalam menggunakan Mac dan MacBook, tentu tidak semua aplikasi pada perangkat tersebut diperlukan dan digunakan dengan sering. Terlalu banyak aplikasi yang tidak terlalu penting dapat menghambat performa dari suatu perangkat.

Penting bagi pengguna Mac dan MacBook untuk menghapus atau uninstal aplikasi yang dianggap tidak terlalu penting. Untuk membahas lebih lanjut mengenai penghapusan aplikasi pada Mac dan MacBook, berikut brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (26/3), cara uninstal aplikasi di Mac dan MacBook dengan mudah dan aman.

1. Menggunakan Launchpad

Cara uninstal aplikasi di Mac dan MacBook dengan mudah dan aman berbagai sumber

foto: support.apple.com

Cara pertama yang dapat kamu gunakan untuk uninstal aplikasi yang ada pada Mac dan MacBook adalah menggunakan Launchpad.

1. Buka launchpad pada Mac dan MacBook yang kamu gunakan.
2. Kamu akan menemukan berbagai aplikasi yang kamu instal di Mac dan MacBook yang kamu miliki. Jika tidak menemukan aplikasi yang ingin kamu hapus, kamu dapat mencarinya di kolom pencarian.
3. Drag aplikasi yang ingin kamu uninstal pada Trash Can yang ada di pojok kanan bawah Dock.
4. Konfirmasi penghapusan aplikasi.
5. Kamu juga dapat menggunakan tombol Option pada keyboard hingga muncul tanda x pada kiri atas aplikasi.
6. Klik logo x tersebut dan konfirmasi penghapusan aplikasi.

2. Menggunakan Finder

Cara uninstal aplikasi di Mac dan MacBook dengan mudah dan aman berbagai sumber

foto: support.apple.com

Cara lain yang dapat kamu gunakan adalah mencari aplikasi yang ingin kamu uninstal menggunakan kolom pencarian. Cara yang dibutuhkan cukup mudah dengan mengikuti langkah berikut:

1. Cari aplikasi yang ingin kamu uninstal di Finder.
2. Tekan tombol Command + klik dua kali aplikasi tersebut di Spotlight.
3. Seret aplikasi yang ingin kamu uninstal ke Trash Can atau kamu juga bisa pilih aplikasi yang ingin kamu uninstal lalu pilih File, Pindahkan ke Trash Can.

3. Menggunakan Uninstaller

Cara uninstal aplikasi di Mac dan MacBook dengan mudah dan aman berbagai sumber

foto: acpaw.com

Cara lain yang dapt kamu gunakan untuk unistal aplikasi pada Mac dan MacBook adalah menggunakan Uninstaller. Kamu hanya perlu memanfaatkan aplikasi CleanMyMac yang ada pada Mac dan MacBook yang kamu gunakan.

1. Buka aplikasi CleanMyMac.
2. Buka fitur uninstall yang ada di CleanMyMac.
3. Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus dari Mac dan MacBook yang kamu gunakan.
4. Klik Uninstall pada aplikasi yang sudah kamu pilih.
5. CleanMyMac akan melakukan uninstal pada aplikasi yang kamu pilih sebelumnya dan tunggu hingga prosesnya selesai.