Brilio.net - Beberapa hari belakangan pengguna Instagram sedang diramaikan dengan postingan campaign yang menyerukan #WeShouldAlwaysBeKind alias 'orang paling baik yang pernah saya kenal' di Stories. Dalam unggahannya akan terlihat tulisan the most kind person I've ever known dengan sebuah tanda panah, mengarah ke foto profil Instagram orang yang melihat IG story tersebut.

Campaign ini dibuat akun bernama Sulaiman Syahrod, @sulrod, untuk mengingatkan bahwa setiap orang pada dasarnya baik. Tak sedikit orang kemudian ingin mencobanya hingga menjadi viral atau tren baru.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Hai, ini adalah campaign #WeShouldAlwaysBeKind yang mengingatkan bahwa setiap manusia pada dasarnya baik Iya, kamu, aku, kita semua sudah intuisinya untuk berbagi kebaikan kepada sesama. Jangan lupa tebar kebaikan yaaa walaupun cuma satu story. Siap-siap di-DM kalimat dan doa-doa baik dari banyak orang Untuk ikutan bisa screenshoot pakai template di highlight-ku yang “Be Kind” . . Terus add sticker “Comments” di instastory jangan lupa perbesar hingga maksimal dan dimepetin. . Tambahin tag #WeShouldAlwaysBeKind ya Boleh tag aku @sulrod kalau mau dishare stories atau cerita pengalaman kamu setelah diDM banyak orang. .

A post shared by Sulaiman Syahrod (@sulrod) on

Postingan ini menjadi menarik karena membuat banyak orang terkejut melihat postingan teman yang tidak terlalu akrab, menganggap kita adalah orang yang paling baik. Tidak diketahui pasti apakah benar atau memang hanya prank saja. Namun hal itu berhasil membuat orang lain menjadi salah tingkah.

Sulaiman memberikan keterangan dalam unggahannya, bahwa ini bertujuan untuk mengingatkan setiap orang itu baik.

Loading...

"Hai, ini adalah campaign #WeShouldAlwaysBeKind yang mengingatkan bahwa setiap manusia pada dasarnya baik. Iya, kamu, aku, aku, kita semua sudah intuisinya untuk berbagi kebaikan kepada sesama," kata dia dalam sebuah unggahan.

Sulaiman juga menuliskan, jangan lupa tebar kebaikan walaupun hanya satu unggahan Story.

"Siap-siap di-DM kalimat dan doa-doa baik dari banyak orang," katanya.

Nah bagi kamu yang ingin ikutan atau memposting hal serupa dan masih bingung caranya bagaimana?

Langkah mudah posting The Most Kind Person:

1. Kamu screenshot template The Most Kind Person I've Ever Know yang sudah ditempatkan di highlight Instagram Story "Be Kind" milik @sulrod.

2. Tambahkan stiker Comments di Instagram Story. Pastikan untuk memperbesar ukurannya, sehingga foto profil orang lain bakal kelihatan jelas.

Kamu harus meletakkan stiker comments tersebut di sebelah pojok kanan. Kamu juga harus memastikan letak foto berada di dekat tanda panah.

Setelah itu, sembunyikan bagian stiker comments yang ada tulisannya, sehingga yang terlihat hanya foto profil.

3. Berikan #WeShouldAlwaysBeKind

4. Jika kamu mau, kamu bisa men-tag akun @sulrod. Biasanya si pemilik IG akan mengunggah kembali postingan kamu.

Jika kamu sudah melakukan semua itu, maka semua yang menyaksikan Instagram Stories akan secara otomatis muncul di dalam postingan tersebut dan disandingkan dengan tulisan 'This is the most kind person I've ever known'.

Lihat saja beberapa reaksi teman kamu, jika biasanya kamu tidak pernah melakukan komunikasi dengan mereka, tiba-tiba saja mereka akan menyapa kamu.

Tak sedikit yang baper karena postingan ini lho. Mereka berpikir kamu menganggap mereka adalah orang baik, meski tak saling sapa satu sama lain.

Fitur baru Instagram

Jika berbicara mengenai Instagram, memang nggak ada habisnya. Ada saja yang baru dan selalu menarik perhatian hingga akhirnya menjadi viral.

Seperti yang diketahui, Instagram sudah diunduh jutaan pengguna di belahan dunia. Seiring perkembangan zaman, platform ini selalu mengalami perubahan yang signifikan, baik dari tampilan maupun pembaruan fitur-fiturnya.

Pada tahun 2020 ini misalnya, Instagram melakukan sejumlah perubahan. Di antaranya menerapkan uji coba penghapusan like baik di Indonesia maupun global. Pengguna yang akan masuk dalam uji coba ini, nggak akan melihat jumlah "like" dari foto maupun video dari pengguna lain yang ada di akun mereka.

Selain itu ada fitur-fitur baru yang ditawarkan. Di antaranya:

1. Mode Reels Instagram mirip TikTok.

Instagram meluncurkan fitur Reels yang membuatnya jadi mirip aplikasi TikTok. Secara umum tampilan fitur ini hampir mirip dengan TikTok. Namun sayangnya fitur Reels ini baru bisa digunakan di Brasil.

Dengan fitur Reels, pengguna bisa merekam video selama 15 detik. Kemudian dapat dilakukan pengeditan dengan penambahan musik atau meminjam audio dari orang lain. Dengan fitur ini pengguna dapat membuat, mengunggah, dan mencampur video seperti fitur TikTok.

2. Instagram deteksi foto editan.

Salah satu masalah yang kerap terjadi di media sosial adalah penyebaran informasi yang salah. Kita sering disulitkan dalam membedakan antara kabar asli dengan palsu. Misalnya saja penyebaran foto-foto palsu atau hoax di platform media sosial seperti, Facebook, Twitter maupun Instagram.

Baru-baru ini Instagram meluncurkan fitur terbaru untuk memerangi penyebaran informasi yang salah di platform ini. Hal tersebut agar mempermudah para pengguna dalam menyaring berita yang salah.

Instagram akan memberikan label dan menyembunyikan gambar yang menampilkan konten dari editan, seperti mendeteksi editan dari software Photoshop.

Ya pembaruan ini cukup pro kontra di kalangan penggunanya. Pasalnya pengguna seperti seniman digital yang telah menghasilkan karya seni dengan sentuhan digital akan dibatasi. Fitur ini akan menghilangkan foto-foto karya yang dibuat seniman dari halaman dan tagar secara otomatis.

3. Pause IG Story.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan jeda (pause) saat merekam cerita, lalu melanjutkan kembali rekamannya.

Pengguna dapat melakukan perekaman gambar langsung melalui fitur Story di Instagram seperti pada umumnya. Kemudian kamu bisa menekan tombol 'Pause', maka perekaman video akan terjeda dan tinggal menunggu kamu untuk menekan kembali tombol 'rekam'. Saat kamu melanjutkan rekaman, maka tidak akan mengulang hitungan dari awal lagi.

4. Filter dan efek baru di fitur Boomerang.

Boomerang merupakan salah satu fitur yang digemari para pengguna Instagram. Fitur ini membuat kamu dapat membuat video pendek dengan gerakan berulang.

Untuk meningkatkan kualitasnya, Instagram menambahkan efek dan serangkaian filter di fitur Boomerang. Seperti filter SlowMo, Echo dan Duo.

SlowMo memungkinkan kamu untuk menerapkan efek gerakan lambat di Boomerang. Kemudian Echo untuk membuat efek ilusi bayangan. Sedangkan Duo memberikan efek glitch pada video yang kamu buat.

Selain itu para pengguna juga dapat memotong video tersebut dengan filter trim.

Cara menggunakan filter di atas, kamu tinggal klik ikon loop setelah membuat video Boomerang.

Cara download video Instagram tanpa aplikasi

Nah kamu juga harus tahu nih bagaimana cara download video di Instagram tanpa ribet.

1. Cara download video di Instagram melalui downloadgram.com.

Cara ini dapat dilakukan dengan ponsel maupun dengan komputer, berikut langkahnya.

- Pertama buka situs https://downloadgram.com/

- Lalu copy link video Instagram yang ingin kamu download

- Paste link video tersebut ke boks yang telah tersedia

- Kemudian klik tombol download dan kamu sudah bisa men-download video tersebut

2. Cara download video di Instagram melalui gramsave.com.

- Pilih video yang kamu suka dari Instagram

- Klik copy link pada video Instagram yang kamu inginkan

- Buka browser kamu dan buka laman gramsave.com

- Paste link yang sudah kamu copy sebelumnya pada kolom link, lalu tekan ok/enter

- Jika sudah akan tampil gambar video yang ada dalam link

- Kamu akan diarahkan untuk ke tab baru yang berisikan video yang ingin kamu unduh. Klik tiga titik di pojok kanan bawah dan klik download. Tunggu sebentar dan video akan ter-download

3. Cara download video di Instagram melalui InstaSave.

Cara yang ketiga yakni melalui InstaSave, berikut langkahnya.

- Buka dan pilih video di Instagram yang ingin kamu download

- Kilk copy link videonya

- Buka browser dan buka laman InstaSave pilih https://instasave.xyz

- Paste link ke dalam box, lalu tekan submit

- Kemudian akan muncul gambar video tersebut, klik tiga titik di pojok kanan bawah dan klik download

- Video terdownload secara otomatis. Kamu bisa melihat file videonya di folder yang bernama Instagram Download

4. Cara download video di Instagram melalui situs dredown.com.

Cara selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan laman situs https://www.dredown.com/. Di sini kamu dapat memilih kualitas video yang ingin kamu simpan, berikut caranya.

- Seperti sebelumnya pastikan kamu sudah men-copy link video yang ingin kamu download di Instagram

- Setelah itu buka browser dan buka laman https://www.dredown.com/.

- Pilih Instagram

- Paste link URL yang telah kamu copy dari Instagram ke kolom yang tersedia dan klik download

- Pilih kualitas video yang ingin kamu simpan dan video langsung ter-download

- Video yang ter-download akan tersimpan di penyimpanan internal handphone

5. Cara download video di Instagram melalui situs InstaDownloader.

Cara terakhir dengan aplikasi InstaDownloader, berikut langkahnya.

- Copy link video yang ingin kamu download di Instagram

- Kemudian buka browser dan buka laman InstaDownloader tanpa harus menginstal terlebih dahulu

- Paste link URL yang telah kamu copy tadi ke kolom yang tersedia dan klik download

- Setelah itu akan muncul gambar yang akan kamu download, pilih dan klik titik tiga di pojok kanan bawah

- Video akan secara otomatis tersimpan

RECOMMENDED BY EDITOR