Brilio.net - Sebagai aplikasi media sosial yang mengandalkan tampilan visual, Instagram memiliki fitur utama yakni memposting foto ataupun video. Untuk Instagram Story, fitur ini akan muncul di bagian atas tampilan layar.

Kamu akan melihat deretan postingan Instagram Story, yang urutannya bakal selalu berubah-ubah berdasarkan seberapa sering profil tersebut kalian kunjungi. Misalnya karena melakukan interaksi lewat DM dan beberapa faktor lain.

Nah, kamu pernah kesal dengan postingan ataupun Instagram Story seseorang yang terlalu banyak dalam sekali waktu? Ya, hal ini bagi sebagian orang dianggap mengganggu spamming. Pasalnya terkadang unggahan itu bisa hingga puluhan dalam satu hari. Rasanya seakan kamu ingin meng-unfollow akun tersebut. Tapi, juga nggak enak hati jika melakukannya.

Nah rupanya ada cara lain yang bisa kamu lakukan tanpa harus unfollow. Kamu bisa menyembunyikan postingan dan Instagram Story seseorang dengan fitur 'Mute'.

Tenang saja akun yang kamu bungkam tersebut nantinya nggak akan tahu kalau akunnya telah kamu mute. Fitur ini bukan memblokir akun tersebut, kamu tetap masih bisa mengunjungi halaman profil mereka dan melihat postingan di profilnya. Tapi kamu nggak akan bisa melihat postingan di Feed dan di-update Story-nya.

Nah, penasaran seperti apa caranya? Yuk, simak ulasan berikut yang brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (28/1).

Cara mute postingan & story di Instagram (IG) tanpa unfollow.

Cara mute postingan & story di Instagram pixabay.com freepik.com

foto: pixabay.com

1. Pertama buka aplikasi Instagram di smartphone.

2. Lalu cari akun Instagram yang akan di-mute, bisa melalui klik postingan di Feed ataupun melalui opsi pencarian di aplikasi.

3. Setelah itu kamu bisa membuka profilnya, dan ketuk tab ikon "Following" yang ada di bawah Bio akun.

4. Kemudian akan muncul beberapa pilihan, seperti tambah ke daftar teman dekat, notifikasi, senyapkan atau mute, batasi serta berhenti mengikuti. Kamu dapat memilih senyapkan.

5. Lalu tekan "Post" untuk mengaktifkan mute postingan atau tekan "Story" untuk mute Instagram Story. Saat tombol bergeser berwarna biru, artinya kamu telah membisukan konten milik akun tersebut.

Cara unmute postingan dan Instagram Story.

Cara mute postingan & story di Instagram pixabay.com freepik.com

foto: pixabay.com

Mungkin terkadang kamu juga menyesal telah membisukan postingan dan Instagram Story temanmu. Nah ketika kamu ingin mengetahui postingan update story dari pengguna tersebut, kamu bisa unmute atau tidak menyembunyikan postingan dan Story seseorang. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Instagram kamu.

2. Di bagian atas halaman utama atau di Instagram Story, gulir ikon story semua pengguna yang kamu ikuti sampai ke ujung kanan atau benar-benar mentok.

3. Lalu kamu akan menemukan akun yang telah kamu bisukan tersebut, di bagian paling akhir deretan story serta warna ikonnya abu-abu. Umumnya yang tanpa mute akan berwarna pink atau hijau untuk teman dekat.

4. Tekan agak lama, gambar profile yang Instagram Story-nya ingin kamu aktifkan kembali (unmute).

5. Setelah itu akan muncul "Unmute" dan "View Profile", lalu pilih unmute untuk mengaktifkan kembali Instagram Story.

Fitur mute dan unmute ini begitu bermanfaat bagi para pengguna platform ini. Meski demikian kamu bisa memilih akaun-akaun mana saja yang ingin kamu follow. Begitu juga kau dapat melakukan mute dan unmute pada akun Instagram yang agak mengganggu. Gimana tertarik mencobanya?