Brilio.net - WhatsApp merupakan aplikasi pesan yang cukup banyak digunakan oleh orang. WhatsApp memiliki banyak kelebihan, tak hanya bisa mengirim pesan teks saja, melainkan juga bisa mengirim berupa foto, video, hingga pesan suara. Kecanggihan WhatsApp semakin disukai dengan adanya fitur yang bisa digunakan untuk mengungguh kegiatan seseorang, yang disebut story WhatsApp.

Menjadi aplikasi yang penting tentunya kamu juga ingin mengetahui berbagai hal mengenai aplikasi canggih satu ini. Salah satunya adalah cara menyimpan pesan lama agar tidak terhapus. Ini dianggap penting karena terkadang seseorang lupa dan tidak sengaja menghapus pesan penting yang dikirim oleh orang lain.

Jika kamu mengalami hal tersebut, kamu tidak perlu khawatir karena WhatsApp telah menyediakan fitur untuk menyimpan chat lama kamu. Aplikasi ini seakan-akan mengerti apa yang diperlukan oleh pengguna, sehingga akan semakin nyaman ketika memakai aplikasi WhatsApp.

Dilansir brilio.net dari liputan6.com, pesan WhatsApp bisa tersimpan secara otomatis. Pesan akan disimpan ke memori telepon setiap hari. Akan tetapi, semua tergantung pada setelan aplikasi di smartphone. Kamu juga bisa secara berkala mencadangkan chat WhatsApp ke Google Drive.

Jika tidak ingin kehilangan chat saat mencopot pemasangan WhatsApp di smartphone, pastikan kamu telah mencadangkan semua chat secara manual.

Loading...

a © 2019 brilio.net

foto: unsplash/@christianw

Dilansir dari blog resmi WhatsApp, untuk mencadangkan chat caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu membuka aplikasi WhatsApp> lalu klik Tombol Menu>.

Selanjutnya, klik tanda tiga vertikal yang terletak di sudut kanan atas, kemudian klik Setelan> Chat> Cadangkan Chat> langkah terakhir, yaitu klik Cadangkan.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mengekspor salinan riwayat chat (chat lama yang terhapus) pribadi maupun grup, menggunakan fitur Ekspor chat. Berikut caranya:

Pertama, buka chat individu atau grup yang ingin dipindahkan. Lalu, klik tombol titik tiga vertikal yang ada di sudut kanan atas. Selanjutnya, klik Lainnya. Kemudian, klik Ekspor chat dan pilih apakah kamu ingin melampirkan media atau tidak.

Sebagai catatan, jika kamu memilih untuk Lampirkan Media, file tersebut akan dikirim dan ditambahkan sebagai lampiran pada email. Tetapi, pesan yang dapat dikirim hanya 10.000 pesan.

Berbeda dengan tanpa media, yang bisa mengirim sampai 40.000 pesan. Hal ini dipengaruhi karena adanya keterbatasan pada ukuran email.

RECOMMENDED BY EDITOR