Brilio.net - Instagram kini menjadi aplikasi media sosial favorit warganet. Layanan berbagi foto dan video ini menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Menurut laporan napoleoncat.com, pada Juni 2018 saja pengguna aktif bulanannya saja hampir satu miliar akun alias monthly active users (MAU). Bahkan di Januari 2019, aplikasi yang juga dimiliki oleh perusahaan Facebook ini, fitur Instagram Stories-nya aktif setiap hari mencapai 500 juta pengguna aktif harian. Angka itu meningkat 100 juga sejak Juni 2018.

Instagram sendiri kini terbagi menjadi dua versi, yakni untuk Instagram untuk berbisnis dan personal. Keduanya merupakan sebuah akun Instagram yang bisa dibuat secara gratis. Meskipun begitu keduanya memiliki tampilan yang sama, tetapi untuk bisnis memiliki fitur tambahan khusus. Tentunya dengan dua versi ini semakin menambah pengguna apliksi Instagram. Tak dipungkiri kalau kini lebih dari 100 juta foto dan video diunggah ke platform media sosial ini setiap harinya.

Aplikasi ini memang terbilang unggul dibandingkan aplikasi lainnya dari segi fitur yang ditawarkan. Di samping fitur untuk mengunggah foto dan video, Instagram juga memiliki berbagai macam fitur editan serta stiker-stiker dan fitur Instagram Stories yang begitu populer. Namun, pastinya kamu harus selalu mengupdate fitur-fitur terbaru tersebut untuk menggunakannya.

Nggak hanya itu aplikasi ini juga memberikan pilihan kepada penggunanya untuk menerapkan privat akun. Dengan memprivat atau mengunci akun Instagram, kamu dapat memilih siapa saja yang bisa mengikuti akun kita dengan persetujuan kita.

Meski demikian di sisi lain aplikasi ini juga memiliki beberapa persamaan dengan aplikasi lainnya. Misalnya saja fitur last seen atau terakhir dilihat. Di aplikasi Whatsapp ataupun Facebook juga terdapat filter ini. Menariknya kamu bisa mengatur ingin mengaktifkan atau menonaktifkan last seen dengan bebas. Sebab dengan mengaktifkan last seen di Instagram, maka kamu juga akan memberikan informasi kapan terakhir kamu membuka akun Instagram pada pengguna lainnya.

Bagi sebagian orang mungkin hal ini dapat mengganggu privasi. Nah, untuk kamu yang ingin tahu cara menonaktifkan last seen, begini cara menonaktifkan Last Seen di Instagram, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (25/1).


Cara menonaktifkan Last Seen di Instagram.

foto: pexels.com



1. Buka terlebih dahulu aplikasi Instagram di smartphone kamu.
 
2. Login menggunakan akun yang akan dinonaktifkan last seen-nya.

3. Buka profil Instagram dan masuk ke pengaturan yang berada di paling atas kanan.

4. Pilih ikon privasi "Show Activity Status"/Status Aktivitas.

5. Ubah settingan menjadi off.

6. Setelah kamu menonaktifkan, akun lain tak dapat melihat kapan terakhir kamu aktif di Instagram.

Umumnya seseorang akan mengetahui kapan terakhir kali kamu menggunakan Instagram, pada ikon Direct Message. Dengan menonaktifkan last seen secara otomatis tidak ada yang bisa mengintip aktivitas kamu. Sebaliknya kamu juga nggak bisa mengetahui aktivitas teman kamu.

2 dari 3 halaman



Cara agar Instagram tidak terlihat online di komputer.

foto: pixabay.com



1. Buka situs Instagram via web browser, kemudian log ini menggunakan akun kamu.

2. Pilih ikon profil Instagram di menu navigasi.

3. Kemudian edit profil.

4. Lalu beralih ke menu Privasi dan Keamanan dan hilangkan centang pada Status Aktivitas.

Khusus pengaturan di browser web akan berpengaruh pada versi aplikasi. Perlu diketahui jika Instagram versi web tidak menampilkan status aktivitas di layanannya.

3 dari 3 halaman



Cara membaca direct message (DM) Instagram teman tanpa ketahuan.

foto: pexels.com



Khusus untuk tanda baca seen di DM Instagram, aplikasi ini secara resmi tidak dapat menonaktifkan tanda baca seen yang menandakan kamu telah membaca Direct Message dari teman. Tetapi kamu bisa menyiasatinya dengan langkah-langkah berikut.

1. Buka Direct Message di aplikasi smartphone kamu. Pastikan jangan membuka chat terlebih dahulu.

2. Setelah berada di jendela DM akun kamu, lalu matikan data internet kamu dan alihkan ke Mode Pesawat.

3. Kemudian saat berada di dalam Mode Pesawat, kamu dapat membuka pesan atau DM yang ingin dibaca. Nah setelah selesai membaca semua, jangan terburu-buru mengaktifkan internet.

4. Setelah itu kamu harus logout atau mengeluarkan akun Instagram kamu meskipun dalam keadaan ponsel masih Mode Pesawat.

5. Pastikan smartphone tidak terkoneksi internet setelah kamu logout. Kamu tetap dapat logout dalam keadaan Mode Pesawat, namun membutuhkan waktu yang cukup lama dari biasanya.

6. Setelah logout kamu kisa menonaktifkan Mode Pesawat dan menonaktifkan data internet.

7. Kamu dapat masuk kembali ke akun Instagram kamu. Dan pesan di DM akan tetap ditandai dengan huruf tebal.