Brilio.net - Sebagai anak sekolahan, pasti kamu nggak akan pernah bisa terlepas dari urusan tugas. Ketik mengetik atau membuat tulisan dengan komputer, sudah biasa dilakukan oleh pelajar. Apalagi bagi kamu mahasiswa tingkat akhir yang tengah disibukkan dengan tugas akhir atau skripsi. Tak ayal membuatmu selalu berkutat pada menulis di Word. Jangan pernah mengeluh dengan beragam tugas yang diberikan.

Karena setiap tugas jika dilakukan dengan ikhlas, maka akan membuahkan hasil yang maksimal. Tidak ada hasil yang membohongi usaha. Kendati demikian, sayangnya masih banyak pelajar yang kerap menunda-nunda tugas karena mereka merasa kesusahan. Lantaran ribetnya menyusun struktur tulisan, tak sedikit pelajar yang meminta bantuan orang lain.

Bisa melalui tukang rental atau penyedia jasa ketikan, bisa juga meminta tolong pada teman yang lebih ahli. Salah satu hal yang paling dianggap ribet adalah ketika kamu diminta membuat file atau tulisan berbentuk PDF. Bagaimana caranya?

Yang pertama harus kamu lakukan adalah membuat tulisan seperti biasa menggunakan format Word terlebih dulu. Kemudian baru kamu ubah jadi PDF. Skripsi atau tugas akhir juga akan diminta mengubah Word skripsimu jadi PDF nantinya.

Kenapa harus PDF? PDF kerap digunakan untuk urusan pekerjaan. Dengan PDF, tulisan tidak akan diedit oleh orang lain, tidak mudah disalin orang lain, lebih enak untuk discroll ke bawah, dan bisa mudah digunakan untuk mempresentasikan hasil tulisan. 

Loading...

Kamu harus bisa mengubah Word jadi PDF mulai sekarang. Sebab setelah kamu lulus nanti, kamu akan bertemu dengan tugas itu lagi saat di dunia kantor. Suatu saat kamu pasti akan diminta untuk mengubah Word ke PDF lagi. Jangan cuma mengeluh tentang tugas-tugas kamu yang menumpuk. Kamu juga harus sesegera mungkin menyelesaikannya.

Di balik semua keribetan mengubah Word ke PDF, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan. Kamu bisa memilih cara simpel secara offline. Atau buat kamu yang suka berselancar dunia maya, bisa juga menggunakan situs web untuk mengubah Word ke PDF. Nggak perlu nunggu lama, selesaikan tugasmu, ubah langsung ke PDF.

Berikut cara mudahnya sudah brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (11/11).

Cara mengubah atau mengkonversi Word ke pdf secara online. 

Ada banyak web yang menyediakan bantuan untuk mengubah Word jadi PDF. Dari beragam situs, punya cara yang berbeda-beda. Namun setidaknya cara yang dipakai tidak jauh berbeda satu dengan lainnya. Nah, berikut cara mengubah Word ke pdf melalui altoconvertWordtopdf.

1. Buka aplikasinya di browser web.

2. Klik atau pilih file, untuk mengunggah file Word atau seret dan tarik file Wordmu kemudian jatuhkan pada kotak 'choose file'.

Cara mengubah Word ke pdf secara online dan offline youtube

foto: brilio.net

3. Klik ikon layanan penyimpanan cloud (seperti Dropbox, Google Drive atau OneDrive) untuk menambahkan file yang disimpan di cloud.

4. Tunggu unggahan file Word sampai.

Cara mengubah Word ke pdf secara online dan offline youtube

foto: brilio.net

5. Klik atau pilih 'convert now' dan proses file Word milikmu.

Cara mengubah Word ke pdf secara online dan offline youtube

foto: brilio.net

6. Tunggu sampai Word keubah jadi pdf.

Cara mengubah Word ke pdf secara online dan offline youtube

foto: brilio.net

7. Pilih penyimpanan yang kamu sukai. Klik atau pilih 'Unduh PDF' jika kamu ingin menyimpan filemu ke hard drive, hardisk, flasdish, atau penyimpanan telepon.

8. Jika simpan dokumen ke akun layanan penyimpanan cloud, klik sesuai ikon masing-masing.

9. Kamu juga bisa mengedit atau melihat langsung hasil konversi PDF.

Cara mengubah Word ke PDF secara offline. 

Nggak hanya secara online, kamu juga bisa mengubah Word jadi pdf secara offline atau langsung. Cara ini sangatlah mudah, sayangnya masih banyak orang yang belum tahu.

1. Gunakan Add-On Save As PDF.

2. Buka hasil ketikan Word.

3. Klik menu 'File' di sudut kiri atas jendela Word.

Cara mengubah Word ke pdf secara online dan offline youtube

foto: brilio.net

4. Klik atau pilih 'Ekspor'. Opsi ini berada di bagian kolom sebelah kiri.

5. Kamu juga bisa memilih 'save as', tepat di bagian bawah 'save'.

Cara mengubah Word ke pdf secara online dan offline youtube

foto: brilio.net

6. Setelah memilih save as, pilih 'save as type' di saat kotak kolom baru muncul. Kamu tinggal memilih 'PDF'.

Cara mengubah Word ke pdf secara online dan offline youtube

foto: brilio.net

7. Tinggal kamu beri nama file sesuai keinginan.

8. Setelah itu, klik atau pilih 'save' sesuai di mana folder yang kamu inginkan.

Cara mengubah Word ke PDF secara offline menggunakan aplikasi. 

Ketika kamu ingin mengubah Word ke PDF secara offline, selain dengan menggunakan menu save as, kamu juga menginstal terlebih dulu software di komputer. Salah satu software yang biasa digunakan adalah Adobe Reader. Berikut cara mudah mengubah Word ke PDF dengan Adobe Reader.

1. Download terlebih dulu aplikasi, bisa melalui play store atau situs-situs penyedia lainnya. Instal seperti aplikasi biasanya.

2. Buka aplikasinya di komputer. Dengan cara klik atau pilih 'Create PDF'.

3. Pilih file Word yang mau kamu rubah ke PDF, lalu klik Open.

4. Terakhir klik Convert. Selesai deh, mudah sekali bukan.

RECOMMENDED BY EDITOR