Brilio.net - Pada akhir 2019, fitur dark mode sedang dipromosikan oleh beberapa aplikasi untuk para penggunanya. Salah satu aplikasi yang pertama mencoba fitur ini adalah Instagram, tepatnya pada Oktober lalu. Ternyata fitur dark mode ini mendapat respons positif dari penggunanya, tak sedikit dari mereka yang menyukai tampilan baru Instagram tersebut.

Ada beberapa keuntungan menggunakan dari mode, salah satunya berpengaruh pada mata kamu yang tidak mudah lelah jika dibandingkan dengan menggunakan mode terang seperti biasanya. Tak hanya itu saja, dark mode juga memberikan keuntungan lain bagi penggunanya, yakni membuat kapasitas pemakaian baterai lebih irit. Tapi itu hanya berlaku untuk kamu yang memiliki fasilitas layar AMOLED di smartphone kamu.

Setiap piksel di layar OLED memiliki cahayanya sendiri, sehingga dalam mode gelap (biasanya hitam), pada dasarnya mematikan cahayanya. Lebih sedikit lampu yang digunakan setara dengan lebih sedikit energi yang digunakan, yang pada akhirnya dapat menghemat baterai.

Dark mode kini menjadi yang begitu diunggulkan, sehingga tak heran jika banyak yang mencari bagaimana caranya agar smartphone mereka bisa menampilkan fitur dark mode, termasuk mereka pengguna iPhone.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu bagaimana caranya, berikut cara mengubah tampilan iPhone menjadi dark mode, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (18/1).

Cara aktifkan dark mode di iPhone
1. Pilih Control Center
2. Tap dan tahan slider Brightness
3. Tap toggle Mode Gelap di sudut kiri bawah layar
4. Toggle akan berubah putih ketika Dark Mode diaktifkan
5. Ulangi proses di atas jika kamu ingin mematikannya

Cara aktifkan dark mode lewat pengaturan iOS
1. Buka menu Settings
2. Pilih Screen & Brightness
3. Ketuk Dark
4. Ulangi proses ini jika kamu ingin kembali ke Light Mode

Cara aktifkan dark mode iOS secara otomatis
Jika kamu tidak ingin terus-terusan menggunakan dark mode, namun kamu ingin terjadwal, kamu bisa mengaturnya secara otomatis.

1. Buka menu Settings
2. Pilih Display & Brightness
3. Tap toogle Automatic untuk mengaktifkannya
4. Tap Options
5. Pilih antara Sunset to Sunrise, atau Custom Schedule
5. Ulangi proses di atas jika Anda ingin mematikan Mode Gelap Otomatis

Cara mengaktifkannya dark mode di iOS 12
Jika iPhone kamu masih menggunakan iOS 12 dan kamu ingin mengaktifkan dark mode, kamu bisa dengan mudah mengaturnya. iOS 12 punya fitur Smart Invert Colors bawaan. Fitur ini bisa kamu gunakan sebagai alternatif dark mode iOS 12.

1. Masuk ke setting
2. Pilih Accessibility
3. Klik Screen Accomodation
4. Invert Colors lalu nyalakan Smart Invert

Jika smartphone kamu tidak mendukung Smart Invert, maka smartphone akan menampilkan invert tradisional, yaitu mengembalikan semua warna termasuk file media seperti foto dan video.

Loading...
2 dari 2 halaman



Manfaat dark mode

Meski banyak orang menggunakan dark mode karena sedang hype saja, namun nyatanya fitur ini punya beberapa manfaat menarik. Hal inilah yang menjadikan alasan seseorang menyukai fitur baru ini satu ini. Pasalnya dark mode memberikan kesejukan pada mata dan bisa menghemat baterai. Jika diperhatikan, dark mode juga memberikan nuansa baru bagi mata dan menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Lalu sebenarnya apa sih, manfaat lainnya dari mengaktifkan dark mode?

1. Membuat baterai menjadi lebih hemat.
Ini menjadi keunggulan yang memang sangat menguntungkan bukan? Pasalnya orang terkadang malas untuk mengisi daya baterai. Ternyata menggunakan dari mode membuat ponsel tidak perlu bekerja dengan keras untuk menyalakan LED atau pun OLED.

Bahkan, pada layar OLED, piksel akan mati kalau layar menampilkan warna hitam. Jadi terbukti, dengan begitu dark mode bisa membuat penggunaan baterai jadi lebih hemat.

2. Membuat mata lebih nyaman.
Penggunaan ponsel maupun laptop dalam waktu yang cukup lama akan membuat mata menjadi sakit bahkan perih. Nah, dengan mengaktifkan dark mode akan membuat ketegangan pada mata berkurang.

3. Dark mode membuat mood menjadi lebih baik.
Boleh percaya atau tidak, ternyata mengaktifkan dark mode membuat mood si pengguna menjadi lebih baik. Ilmu psikologi menyebut bahwa warna hitam dapat membuat orang mudah berkonsentrasi pada satu titik.

Hal ini bisa kamu lihat ketika menyaksikan film di bioskop yang menggunakan warna gelap. Kamu sendiri bisa merasakan bahwa kamu akan fokus pada satu titik saja bukan?

4. Mengurangi cahaya biru pada smartphone.
Seperti yang diketahui cahaya biru yang keluar melalui smartphone merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit-penyakit berbahaya pada tubuh. Salah satunya adalah penyakit mematikan, kanker.

Namun jika kamu menggunakan dark mode, akan mengurangi cahaya biru yang keluar, sehingga tubuh akan terhindar dari risiko penyakit berbahaya.

5. Memperjelas tulisan.
Ketika kamu mengaktifkan dark mode, kamu bisa rasakan sendiri lebih jelas ketika membaca teks. Hal ini karena cahaya yang berkurang akan membuat mata lebih fokus terhadap hal-hal yang berada di layar smartphone.

6. Membuat pengguna lebih cepat tidur.
Berkurangnya cahaya biru ternyata juga berakibat baik pada sistem kerja otak. Pasalnya dalam kondisi tersebut, tubuh akan lebih mudah memproduksi melatonin atau hormon yang memberi perintah pada badan untuk tidur. Kamu akhirnya bisa lebih mudah tidur.



RECOMMENDED BY EDITOR