Brilio.net - Smartphone merupakan salah satu alat komunikasi yang digunakan hampir setiap hari. Gawai ini merupakan salah satu alat yang dipakai untuk menunjang pekerjaan dan keperluan setiap hari.

Akibat dari penggunaan smartphone yang terlalu sering, salah satu komponennya yaitu ruang penyimpanan pun menjadi bagian krusial. Tidak jarang ruang penyimpanan pada smartphone mengalami kepenuhan data. Tentu saja hal ini akan berpengaruh terhadap performa smartphone milikmu.

Nah, agar tidak mengalami ruang penyimpanan smartphone yang penuh, berikut brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber, cara mengosongkan ruang penyimpanan di smartphone tanpa menghapus aplikasi pada Senin (21/2).

1. Bersihkan cache.

Cache merupakan salah satu data yang dihasilkan smartphone selama masa penggunaannya. Semakin sering kita menggunakan smartphone maka akan semakin banyak cache yang dihasilkan oleh smartphone kita.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengosongkan ruang penyimpanan adalah dengan menghapus cache. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membuka Pengaturan, lalu buka aplikasi yang ingin kamu bersihkan, kemudian hapus cache yang ada pada aplikasi tersebut. Lakukan cara itu pada setiap aplikasi yang ingin kamu bersihkan. Setelah membersihkan cache yang terdapat pada aplikasi, kapasitas penyimpanan smartphone kamu pun akan bertambah.

2. Menghapus file ganda.

Tidak jarang kamu menemukan suatu file yang tersimpan pada smartphone namun sebenarnya file tersebut adalah file yang sama. Tentu saja file yang sama akan memakan banyak ruang penyimpanan, apalagi jika file tersebut memiliki ukuran yang besar.

Menghapus file ganda pada smartphone bakal melonggarkan kapasitas penyimpanan yang ada di perangkatmu. Oleh karena itu kamu perlu melihat ulang apakah terdapat file ganda atau tidak pada smartphone milikmu. Jika ada, maka segera hapus agar ruang penyimpananmu bisa kembali longgar.

3. Mengupdate software sistem.

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah mengupdate software smartphone. Dengan melakukan update pada smartphone, beberapa file sampah yang tidak diperlukan akan terhapus juga selama proses update berlangsung. Dengan demikian penyimpanan smartphone kamu dapat kembali longgar.

Oleh karena itu kamu perlu memeriksa apakah di smartphone kamu tersedia update atau tidak. Jika ada, maka segera update software sistem kamu.

4. Mendengarkan musik secara online.

Kamu dapat menggunakan aplikasi YouTube atau yang sejenisnya untuk mendengarkan musik dan menonton video kesukaan. Selain itu kamu juga bisa menggunakan situs web untuk menonton film atau mendengarkan lagu favoritmu. Dengan demikian penyimpana kamu tidak akan berkurang karena lagu atau video kesukaanmu dapat kamu tonton dan dengarkan menggunakan aplikasi atau situs yang terdapat di internet.

5. Berlangganan layanan Cloud.

Kamu dapat menyimpan file penting menggunakan layanan Cloud seperti Google Drive atau sejenisnya. Tentu saja penggunaan layanan ini bertujuan agar file kamu dapat disimpan dalam layanan Cloud tersebut.

Selain itu data yang kamu miliki juga akan aman karena ketika penyimpanan kamu mengalami masalah atau bahkan hilang, kamu bisa mengakses kembali data yang kamu miliki di dalam layanan Cloud.

6. Menggunakan penyimpanan external.

Beberapa smartphone memiliki opsi expansi penyimpanan yang dapat diisi menggunakan Micro SD. Kamu dapat memindahkan beberapa data atau bahkan aplikasi ke dalam Micro SD yang kamu miliki. Jadi penyimpanan smartphone HP kamu dapat lebih longgar berkat adanya penyimpanan external yang dapat digunakan untuk menyimpan datamu.

7. Memindahkan data ke laptop.

Kapasitas penyimpanan yang disediakan laptop biasanya cenderung lebih besar daripada smartphone. Dengan demikian kamu dapat memindahkan data yang kamu miliki ke dalam laptop.

Ketika membutuhkan data yang kamu simpan di laptop, kamu dapat menyalinnya atau membuka data tersebut menggunakan laptop yang telah digunakan sebagai tempat menyimpan datamu.