Brilio.net - Sekilas terdengar mustahil. Namun, kamu tidak salah membaca bahwa WhatsApp bisa digunakan tanpa koneksi internet.

Ini bisa dinikmati lewat sebuah fitur baru yang disebut multi-device. Selain bisa menggunakan WhatsApp tanpa koneksi internet, fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan WhatsApp dari berbagai perangkat, sama seperti namanya.

"Jika bergabung ke beta multi perangkat, Anda dapat menggunakan WhatsApp pada hingga empat perangkat pendamping yang ditautkan sekaligus, tanpa perlu menghubungkan telepon ke internet," sebut WhatsApp dalam sebuah pernyataan lewat laman resminya dikutip brilio.net, Kamis (21/10).

Sekedar informasi, beta multi-device adalah program keikutsertaan yang memberi pengguna akses lebih awal untuk mencoba WhatsApp versi baru di Web, Desktop, dan Portal. Jika pengguna ingin bergabung dengan beta multi perangkat, maka mereka bisa menggunakan perangkat pendamping yang ditautkan tanpa perlu menghubungkan perangkat ke internet.

Seperti diketahui, fitur multi-device ini telah mulai menjadi bahan perbincangan usai diumumkannya pada Juli lalu. Kini, fitur ini sedang tersedia dalam versi beta atau masih diuji coba lebih lanjut.

Untuk menggunakan fitur ini, WhatsApp menegaskan bahwa pengguna tetap perlu mendaftarkan akun WhatsApp dan menautkan perangkat baru dengan telepon mereka. Jika perangkat tidak digunakan selama lebih dari 14 hari, maka perangkat yang ditautkan akan terputus.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut cara menggunakan WhatsApp tanpa koneksi internet di Android dan iOS yang dirangkum brilio.net pada laman resmi WhatsApp dan sumber-sumber lainnya.

Cara menggunakan WhatsApp tanpa koneksi internet di Android dan iOS berbagai sumber

foto: Freepik/@sompong_tom

Cara menggunakan WhatsApp tanpa koneksi internet di Android

- Buka WhatsApp seperti biasa, lalu pilih Opsi lainnya lewat tanda titik tiga.

- Ketuk Perangkat tertaut.

- Lalu pilih Beta multi perangkat.

- Setelah itu, tinggal klik gabung ke beta.

Cara menggunakan WhatsApp tanpa koneksi internet di iOS

- Buka Pengaturan WhatsApp.

- Klik Perangkat tertaut.

- Pilih Beta multi perangkat.

- Ketuk gabung ke beta.

Jika ingin keluar dari beta multi perangkat, lakukan langkah yang sama dan pilih opsi keluar dari beta.

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/pep)