Brilio.net - Di era sekarang, banyak sekali platform untuk berkirim pesan atau chat seperti WhatsApp, Facebook, Line, ataupun Google Mail. Ada juga Telegram yang tidak boleh kamu lewatkan.

Telegram sendiri adalah sebuah aplikadi layanan berkirim pesan instan multiplatform berbasis cloud yang bersifat gratis dan nirlaba. Telegram tersedia untuk perangkat telepon seluler seperti Android, iOS, Windows Phone, dan juga sistem perangkat komputer (Windows, OS X, dan Linux).

Sama halnya dengan platform berkirim pesan lain, kamu pun bisa mengirim pesan dan bertukar foto, stiker, video, audio, dan tipe berkas lainnya. Tidak hanya itu, Telegram juga menyediakan pengiriman pesan ujung ke ujung terenkripsi opsional.

Meski sempat jadi kontroversi beberapa tahun lalu, namun Telegram masih digunakan oleh banyak orang untuk bertukar file. Terkhusus untuk para pelajar, mahasiswa dan dosen, Telegram banyak digunakan untuk bertukar dokumen dalam ukuran besar.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan Telegram dan tak ingin ketinggalan zaman, berikut adalah cara menggunakan Telegram web di PC dan laptop yang brilio.net lansir dari berbagai sumber, Kamis (26/12).

Loading...

Keunggulan Telegram.

telegram web istimewa

foto: pixabay

Diklaim mirip dengan WhatsApp, Telegram ternyata memiliki sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki WhatsApp. Salah satunya adalah dapat menampung sampai 5.000 pengguna dalam satu grup.

Telegram juga memungkinkan penggunanya untuk mengirim file dengan ukuran besar. Jika pada WhatsApp hanya menyediakan kapasitas 16 MB untuk mengirim file, dengan Telegram kamu bisa berbagai file dengan ukuran hingga 1,5 GB per file.

Menariknya lagi, Telegram menyediakan fitur percakapan rahasia yang hanya bisa diakses pengguna tertentu. Keunggulan lainnya, aplikasi Telegram bisa kamu akses pada berbagai perangkat, seperti PC, laptop, ataupun smartphone. Yang mana, Telegram tidak mengharuskan penggunanya untuk aktif aplikasi tersebut di smartphone. Sehingga, kamu pun bisa menghemat paket data dan baterai smartphone.

Cara menggunakan Telegram Web di PC dan MAC.

telegram web istimewa

foto: pixabay

1. Menggunakan aplikasi Telegram.

Cara pertama untuk mengakses Telegram di PC ataupun Mac adalah dengan menggunakan aplikasi Telegram. Jika kamu belum memiliki aplikasi ini pada laptop, maka kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu melalui situs Desktop.telegram.com.

Berikut ini adalah cara mengunduh serta menginstal aplikasi Telegram di PC:

- Unduh aplikasi Telegram di situs desktop.Telegram.org melalui aplikasi browser pada PC.

- Setelah web tersebut terbuka, kamu bisa klik tombol "Get Telegram for Windows" jika kamu menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows. Namun, jika sistem operasi yang kamu gunakan di laptop bukan Windows, maka kamu bisa klik pada pilihan "Show all platforms".

- Pada "Show all platforms:, terdapat beberapa pilihan sistem operasi lainnya, seperti MacOS, Linux 32 bit, dan Linux 64 bit. Silahkan unduh aplikasi Telegram sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan di laptop milikmu.

- Selanjutnya, tunggu proses unduhan sampai selesai.

- Setelah aplikasi Telegram berhasil diunduh, langkah selanjutnya adalah menginstal aplikasi tersebut dengan cara membuka aplikasi yang telah diunduh.

- Setelah itu, akan muncul opsi untuk memilih bahasa yang digunakan untuk menginstal aplikasi. Klik pilihan OK setelah kamu bisa memilih bahasa yang digunakan.

- Lalu, klik tombol Next pada opsi untuk memilih lokasi file aplikasi yang akan diinstal.

- Klik tombol Next pada opsi untuk membuat folder di Data C yang ada.

- Klik tombol Next pada opsi untuk membuat shortcut di Desktop laptop kamu.

- Terakhir, klik tombol instal dan tunggu proses instal aplikasi Telegram sampai selesai.

- Setelah aplikasi berhasil diinstal, klik tombol finish.

- Buka aplikasi Telegram yang telah terpasang pada Desktop laptop. Setelah aplikasi tersebut terbuka, akan muncul halaman pembuka lalu klik "Start Messaging".

- Pilih negara Indonesia pada bagian Country Code (panah coklat) dan masukkan nomor handphone yang akan kamu gunakan untuk mengakses aplikasi Telegram (panah biru/di samping +62). Kemudian, klik tombol Next.

- Selanjutnya, kamu akan menerima SMS berisi kode yang dikirimkan ke nomor HP yang kamu pakai untuk mendaftar di aplikasi Telegram.

- Selanjutnya, kode yang kamu terima melalui SMS tersebut, dimasukkan pada bagian kolom verifikasi. Lalu klik next dan secara otomatis Telegram akan memverifikasi kode tersebut.

2. Menggunakan Telegram tanpa aplikasi.

- Kunjungi situs web.telegram.org melalui web browser yang ada di laptop kamu.

- Selanjutnya, kamu akan diarahkan pada halaman seperti gambar di atas. Pilih negara dan masukkan nomor HP. Nomor tersebut akan dikirim kode verifikasi.

- Klik 'Selanjutnya' atau Next.

- Setelah menerima SMS berisi kode verifikasi yang dikirim oleh Telegram, masukkan kode tersebut pada kolom kode. Lalu klik tombol Next.

- Jika nomor HP tersebut telah terdaftar, maka kamu akan langsung ditujukan tampilan chat. Kemudian kamu pun bisa langsung mengirim berbagai jenis file atau chatting di Telegram.

Reporter: Hameda Rachma

RECOMMENDED BY EDITOR