Brilio.net - Kemunculan media sosial yang semakin beragam seakan menunjukkan bahwa perkembangan teknologi dan informasi saat ini telah berkembang begitu pesat. Salah satu media sosial yang populer adalah Snapchat. Meski jumlah penggunanya belum mengalahkan Facebook, namun Snapchat memiliki pengguna yang mayoritas masih memasuki usia remaja.

Snapchat sendiri menawarkan fitur mengirim pesan (snap), namun dengan video dan foto. Seperti aplikasi lainnya, foto atau video yang diambil melalui Snapchat juga bisa diedit terlebih dahulu. Uniknya, Snap yang kamu bagikan kepada teman-temanmu akan terhapus dalam beberapa detik saja.

Jika kamu tertarik mencobanya, ada beberapa istilah yang harus kamu ketahui. Seperti snap, story, dan chat. Snap adalah penyebutan untuk foto atau video yang hendak kamu kirim untuk temanmu. Story adalah cerita dimana kamu bisa melihat kumpulan snap dari teman-temanmu yang akan diperlihatkan satu demi satu. Begitu pula sebaliknya. Kamu juga bisa memperlihatkan ceritamu pada teman-teman. Sedangkan Chat adalah fitur yang bisa kamu gunakan untuk melakukan percakapan dengan temanmu secara pribadi.

Mengingat berbagai fitur yang menarik pada Snapchat, sayang sekali jika kamu tidak mencobanya. Untuk kamu yang masih pemula, atau yang igin mencoba Snapchat versi terbarunya, berikut cara menggunakan Snapchat terbaru yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (15/11).

1. Download Snapchat

Loading...

snapchat © 2019 brilio.net

foto: brilio.net

Hal pertama yang sudah pasti harus kamu lakukan adalah mendownload Snapchat di ponselmu. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis melalui Play Store atau App Store. Caranya ketikkan saja snapchat di kolom search. Jika sudah klik "Install" atau "Instal kemudian klik "ACCEPT" atau "Buka". Namun jika kamu sudah memiliki aplikasinya, kamu tinggal mengupgrade nya saja untuk mendapatkan versi terbaru..

2. Siapkan akun Snapchat

snapchat © 2019 brilio.net

foto:brilio.net

Jika kamu sudah memiliki akun, kamu bisa klik "Login" atau "Masuk". Namun jika kamu belum memiliki akun, klik "Sign up" atau "Daftar". Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk mengisi nama, tanggal lahir, dan username yang akan kamu gunakan. Kemudian buatlah kata sandi yang kamu inginkan setidaknya 8 karakter. Terakhir, agar akunmu terverifikasi, cantumkan nomor telp. Selanjutanya, kamu akan mendapatkan sms yang berisi kode verifikasi. Jika nomor yang kamu cantumkan sudah terpasang di ponselmu, kodenya akan dengan sendirinya terisi. Nah akunmu sudah siap.

3. Cari dan tambahkan kontak teman-temanmu.

snapchat © 2019 brilio.net

foto:brilio.net

Secara otomatis, ponselmu akan mensingkronkan semua kontak teman-temanmu yang memakai Snapchat. Untuk menambahkan daftar temanmu, klik saja tanda "+Add" atau "Tambahkan" di samping kiri. Tunggu sampai temanmu memberikan konfirmasinya. Jika sudah, kamu dan temanmu bisa saling berbagi foto, video, atau melakukan live chat.

4. Ambil foto atau video dengan fitur Snap

snapchat © 2019 brilio.net

foto: brilio.net

Selanjutnya kamu bisa mulai dengan menggunakan fitur Snap pada Snapchat. Ambil foto atau video yang kamu inginkan. Kamu bisa menggunakan kamera depan ataupun kamera belakang untuk mengambil foto atau video. Untuk mulai mengambil foto klik icon berbentuk lingkaran yang berada di bagian bawah tengah. Jika ingin mengganti kamera belakang menjadi kamera depan, klik saja icon yang berada di pojok kanan atas. Selain itu, ada banyak stiker lucu yang bisa langsung kamu gunakan lho.

5. Edit foto dan videomu

snapchat © 2019 brilio.net

foto:brilio.net

Kamu juga bisa mengedit foto maupun videomu dengan fitur di Snapchat. Mulai dari mengganti filter, menambahkan teks, memberikan emoji, atau menghias dengan stiker-stiker. Nah jika kamu ingin menggunakan filter, geser saja kearah kanan dan kiri. Kemudian untuk menambah teks, klik icon T. Sementara untuk menambah stiker dan emoji, klik saja icon yang berada di atas icon berbentuk gunting. Ada banyak macam stiker yang disediakan hingga kamu mungkin akan dibuat kebingungan memilih. Jadi, berbagai kreasi lucu bisa kamu terapkan pada foto maupun videomu. Selamat berkreasi.

6. Buat story atau simpan hasil editanmu

snapchat © 2019 brilio.net

foto:brilio.net

Selanjutnya kamu bisa mulai membagikan snap mu pada teman-teman melali Story. Caranya klik icon bertuliskan "Story" atau "Cerita" dibagian kiri bawah layar. Namun jika kamu tidak ingin membagikannya, kamu bisa menyimpannya terlebih dahulu dengan mengklik "Save" atau "Simpan".

7. Kirim pesan untuk temanmu menggunakan Live Chat

snapchat © 2019 brilio.net

foto:brilio.net

Untuk menjaga privasimu, kamu bisa menghubungi temanmu lewat live chat. Caraya klik pada icon disebelah kiri pojok layar ponselmu. Selanjutnya kamu klik teman yang ingin kamu chat dan tulis pesan yang kamu inginkan. Jika temanmu membalas, kamu akan mendapatkan notification seperti biasa.

8. Update kabar terbaru dengan Discover

snapchat © 2019 brilio.net

foto: fastcompany.com

Salah satu fitur yang diperbarui oleh Snapchat adalah Discover. Fitur Discover Snapchat akan memudahkanmu untuk selalu update kabar terbaru. Sebab akan ada berbagai portal berita yang bisa langsung kamu baca di Snapchat. Layanan berita yang disajikan antara lain MTV, CNN, Dailymail, National Geographic, Cosmopolitan, dan masih banyak lagi. Fitur Discover juga mengirimkan berbagai kiriman dari komunitas yang disarankan untukmu.

mgg/Deta Jauda

RECOMMENDED BY EDITOR