Brilio.net - Pernahkah kamu mencoba untuk menghubungkan smartphone kamu dengan perangkat lain? Pasti yang bakal tampil di perangkat tersebut adalah nama dari ponsel pintar kamu. Tentunya biar HP kamu dikenal orang lain, kamu perlu mencantumkan nama kamu pada ponsel yang kamu pakai bukan?

Pada saat pertama kali membeli, smartphone kamu akan teratur secara otomatis menampilkan nama seri smartphone yang kamu gunakan. Biasanya, nama tersebut berupa nama standard pabrik atau nama seri.

Namun zaman now, nama-nama yang unik justru banyak diaplikasikan untuk memberi nama ponsel mereka. Selain bisa mengganti nama dengan varian yang unik, tujuan dari mengganti nama pada smartphone adalah untuk membedakan HP kamu dengan pengguna HP lain dengan brand maupun seri HP yang sama.

Seperti yang kita tahu, pengguna brand Android seperti Oppo, Vivo, Xiaomi, Realmi, hingga Redmi tentu sudah banyak dijumpai di Indonesia, kan? Selain itu, pengguna iPhone juga tak kalah banyak dengan beragam seri. Karenanya, cukup penting untuk mengubah nama smartphone dengan nama kamu sendiri.

Namun perlu dicatat, cara mengubah nama di setiap vendor smartphone berbeda-beda. Namun, brilio.net telah merangkum cara mengubah nama smartphone secara umum bagi pengguna Android dan iPhone. Tanpa berlama-lama lagi dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (22/12), berikut cara mudah mengganti nama smartphone ponsel Android dan iPhone:

1. Cara mengubah nama smartphone Android.

Secara general, ponsel Android memiliki metode tersendiri untuk mengubah nama HP pengguna. Namun, cara ini kurang lebih sama dari berbagai brand. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa menyimak langkah-langkah berikut:

1. Pergi ke Pengaturan atau Settings.
2. Pilih General > About Phone.
3. Selanjutnya, pilih opsi Phone Name.
4. Ketuklah nama smartphone kamu yang sekarang ini untuk mengubahnya.
5. Ganti nama dan jangan lupa klik OK untuk menyimpan.

2. Cara mengubah nama smartphone iPhone

Mengubah nama pada iPhone sangatlah penting. Hal ini dikarenakan pemakaian fitur bawaan iPhone seperti Find My dan iCloud mengharuskan pengguna melakukan identifikasi profil berdasarkan nama. Untuk itu, kamu harus segera mengganti nama HP kamu untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Sebagai informasi lebih lanjut, kamu bisa mengubah nama iPhone kamu yang bisa digunakan dengan iCloud, AirDrop, Personal Hotspot milikmu, dan komputer. Dengan sistem operasi iOS 15, begini cara mengganti nama di iPhone:

1. Pergi ke Pengaturan atau Settings.
2. Pilih General > About.
3. Setelah itu, ketuk opsi Name.
4. Ketuk tanda silang untuk mengisi nama baru.
5. Isi nama sesuai kehendak dan jangan lupa klik Done untuk menyimpan.