Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Gadget
Nur Luthfiana Hardian (brl/lin)

07 Oktober 2019 20:00

Cara mengatur jadwal unggahan di Instagram, mudah dan nggak ribet

Buat yang sibuk tapi tetep pengen update, merapat....

Cara mengatur jadwal unggahan di Instagram, mudah dan nggak ribet

View Image



Brilio.net - Instagram merupakan salah satu media platform populer. Ada miliaran orang yang sudah menggunakan aplikasi ini untuk berselancar di dunia maya. Melalui Instagram, kamu akan mudah menemukan teman lamamu, berkenalan dengan orang lain hingga menjalankan bisnismu. Maka dari itu penting untuk aktif di Instagram.

Sayangnya mengunggah sesuatu ke Instagram bisa sangat memakan waktu. Tapi sekarang kamu nggak perlu cemas. Pasalnya kamu bisa mengunggah foto secara terjadwal. Sehingga foto akan terunggah secara otomatis pada waktunya. Cara ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki akun Instagram bisnis.

Menjadwalkan postingan memiliki banyak manfaat. Selain itu feed Instagram juga akan mudah diatur dengan baik. Setelah selesai mengatur jadwal, kamu dapat meluangkan waktu untuk mengerjakan hal-hal lain.

Nah, apa sebenarnya manfaat mengatur jadwal unggahan di Instagram dan seperti apa caranya? Simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (7/10).

Manfaat mengatur jadwal unggahan di Instagram.

Loading...

Cara mengatur jadwal unggahan di Instagram pixabay

foto: pixabay.com

Mengatur jadwal unggahan sangat bermanfaat dilakukan oleh akun Instagram bisnis. Sebenarnya fitur ini bukanlah hal yang baru. Namun pada kenyataannya masih banyak yang belum tahu fungsinya.

1. Menghemat waktu.

Waktu optimal untuk mengirim postingan ke penghuni Instagram atau konsumenmu, tidak selalu waktu yang paling nyaman bagimu. Menjadwalkan unggahan sebelumnya akan menghemat waktumu, terutama pada Sabtu dan Minggu. Sebagai gantinya kamu dapat mengatur unggahan ketika waktu luang atau jam kerja, hari Senin hingga Jumat misalnya.

2. Konten Instagram jadi lebih banyak.

Mengatur jadwal unggahan membuatmu lebih leluasa untuk fokus pada konten sekaligus jumlah konten Instagram jadi lebih banyak. Apalagi saat pengikut atau konsumen melihat kamu telaten dan teratur mengunggah konten, maka kepercayaan akan muncul dengan sendirinya. Beri tambahan nilai seni pada feed Instagram menggunakan palet warna, tagar dan caption yang menarik.

3. Mendapatkan lebih banyak pengikut Instagram.

Sebuah brand atau merek yang memposting tujuh kali atau lebih dalam seminggu, akan meningkatkan jumlah keterlibatan serta jumlah pengikut. Jumlah pengikut meningkat empat kali lebih cepat ketika akun memposting sekali sehari daripada seminggu sekali. Pasalnya menarik pengikut baru membutuhkan pemikiran dan usaha. Menjadwalkan postingan membantu pekerjaanmu dengan baik.

Cara menjadwalkan unggahan di Instagram.

Cara mengatur jadwal unggahan di Instagram pixabay

foto: pixabay.com

Fitur ini akan lebih bermanfaat untuk pengguna akun bisnis. Beberapa dari pengguna juga sering mengubah akunnya jadi bisnis. Nah, jika kamu sudah memiliki profil bisnis, kamu dapat langsung ke langkah nomer dua.

1. Konversi akun ke profil bisnis.

Profil bisnis di Instagram dapat mengakses beberapa fitur canggih yang bermanfaat. Misalnya, Instagram Insights yang menunjukkan mengenai pencapaian jangkauanmu, di kota mana pengikutmu berada, serta usia dan jenis kelamin mereka. Mengonversi profil Instagram ke profil bisnis cukup mudah:

- Ketuk tombol elipsis di profil Instagram.

- Ketuk beralih ke profil bisnis.

- Pilih halaman Facebook bisnis (pastikan kamu seorang admin di halaman Facebook milikmu).

- Pastikan akun Instagram disetel ke publik.

- Pastikan semua informasi kontak (alamat, email, nomor telepon) akurat.

- Klik selesai

2. Gunakan aplikasi Hootsuite.

Ini adalah salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan. Tambahkan profil Instagram pada dasbor Hootsuite.

- Ketuk ikon profil lalu pilih 'tambahkan jejaring sosial'.

- Pilih profil bisnis Instagram milikmu.

- Ketuk 'hubungkan dengan Instagram' dan masukkan kredensialnya.

Jika kamu baru saja mengubah ke profil bisnis, kamu perlu mengesahkan ulang koneksi:

- Ketuk ikon profil.

- Pilih kelola jejaring sosial.

- Pilih profil bisnis Instagram.

- Ketuk 'hubungkan dengan Instagram' dan ikuti petunjuknya.

3. Susun postingan sesuai keinginan.

Di dasbor Hootsuite, pilih 'Posting Baru' dan pilih profil Instagram dari menu dropdown. Unggah foto atau video dan ketuk 'Edit dengan Creative Cloud'. Edit sesuai yang kamu inginkan seperti memotong, overlay, atau menyaring efek. Mainkan teknik copywriting dengan baik. Pastikan juga berapa jumlah tagar yang ingin kamu pakai (kamu dapat menggunakan hingga 30 tagar).

4. Jadwalkan postingan.

Di menu tarik-turun di bagian bawah layar, pilih 'Terbitkan pada Tanggal Jadwal' untuk mengantri posting nanti. Waktu terbaik untuk memposting di Instagram tergantung pada jam aktif pengikutmu. Kamu juga dapat menyesuaikan waktu dan tanggal sesuai keinginan. Setelah menyelesaikan detail jadwal, ketuk tombol 'Jadwal baru'.

5. Tunggu postingan dipublikasikan ke Instagram.

Langkah terakhir adalah menunggu postingan dipublikasikan oleh Instagram dengan sendirinya. Tidak ada waktumu yang terganggu karena harus memposting secara tiba-tiba.

Lalu, bagaimana jika kamu tak ingin merubah akun Instagram jadi bisnis?

Pasti ada beberapa alasan tersendiri untuk tidak mengonversi akunmu ke profil bisnis di Instagram. Jika kamu masih memilih untuk menjaga Instagrammu seperti biasa, kamu masih bisa menggunakan penjadwalan Instagram ini. Caranya hampir sama dengan akun Instagram bisnis. Kamu memerlukan satu akun bisnis untuk menyambungkan. Bagaimana caranya?

Cara mengatur jadwal unggahan di Instagram pixabay

foto: pixabay.com

1. Tambahkan profil Instagram ke platform manajemen media sosial.

- Dari dasbor Hootsuite, ketuk ikon profil Instagrammu, lalu pilih 'Tambahkan Jejaring Sosial'.

- Pilih profil bisnis Instagram yang sudah milikmu.

- Ketuk hubungkan dengan Instagram dan masukkan kredensial .

2. Buat kiriman.

Di dasbor Hootsuite, ketuk 'Posting Baru' dan pilih profil Instagram dari menu dropdown. Unggah video atau gambar. Pilih 'Edit dengan Creative Cloud' untuk mengakses alat pengeditan visual. Kamu juga dapat memoles detailnya nanti di Instagram. Asah kemampuan copywriting-mu, buat sesempurna dan sekreatif supaya bisa tepat sasaran.

3. Jadwalkan postingan.

Di menu tarik-turun di bagian bawah layar, pilih 'Terbitkan pada Tanggal Jadwal' Atur waktu sesuai keinginan. Kamu bisa menguji waktu terlebih dulu. Kapan sekiranya waktu terbaik untuk memposting di Instagram.

4. Publikasikan postingan.

Kamu akan menerima pemberitahuan push dari aplikasi Hootsuite di ponsel ketika waktunya untuk menerbitkan. Periksa ulang salinan dan ikuti petunjuk ke aplikasi Instagram.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Instagram Aplikasi Smartphone Media Sosial Tips Media Sosial
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE