Brilio.net - Buat kamu yang hobi utak-atik gadget, pasti nggak asing lagi dengan istilah VPN. Virtual Private Network atau VPN adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara pribadi melalui jaringan internet.

VPN juga bisa diartikan sebagai jaringan virtual pribadi. Maksudnya adalah user nantinya akan memiliki sebuah jaringan pribadi tersendiri untuk melakukan akses terhadap internet, akan tetapi jaringan pribadi tersebut dibuat secara virtual oleh fitur yang dimiliki oleh PC desktop ataupun program lainnya.

VPN bekerja dengan membuat jaringan di dalam jaringan, atau sering juga disebut tunneling. Hal ini bertujuan untuk membuat jalur koneksi secara privat dengan memanfaatkan struktur jaringan lain. VPN nantinya akan mengenkripsi data sehingga hanya pengguna server VPN yang bisa mengetahui trafik data pengguna dan situs yang dibuka oleh pengguna.

Nah, namun mungkin nggak banyak yang mengetahui bagaimana cara mengaktifkan VPN pada smartphone, terutama untuk pengguna iPhone dan iPad. Ada cara praktis yang bisa kamu coba untuk mendapatkannya. Yuk, simak penjelasan selengkapnya dalam ulasan brilio.net yang dilansir dari imore.com pada Rabu (16/6) berikut ini.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Cara menggunakan VPN via aplikasi.

Cara mengaktifkan VPN di iPhone dan iPad © freepik.com

foto: freepik.com

Ada banyak cara untuk bisa menggunakan VPN. Salah satu cara praktis yang bisa dilakukan dengan menginstal aplikasi. ExpressVPN, VPN Mac, NordVPN, Surfshark adalah beberapa pilihan yang kerap direkomendasikan.

Setelah menginstal, kamu akan bisa mengikuti perintah dari masing-masing aplikasi untuk mengisi beberapa data yang diperlukan. Mulai dari menambahkan kode sandi hingga pengaturan touch ID.

Selain praktis, aplikasi tersebut dapat memberikan koneksi yang cepat. Namun jika kamu ingin mengaktifkan secara manual pun juga bisa.

Cara mengaktifkan VPN secara manual.

Cara mengaktifkan VPN di iPhone dan iPad © freepik.com

foto: freepik.com

Untuk kamu yang ingin mengaktifkan VPN secara manual, bisa melakukannya dalam fitur pengaturan dalam iPhone ataupun iPad milikmu. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Buka pengaturan pada smartphone.

2. Klik "general".

3. Pilih "add VPN configuration".

4. Klik "type".

5. Pilih jenis VPN yang akan didaftarkan.

6. Kemudian klik "add configuration".

7. Masukkan informasi yang dibutuhkan, mulai dari nama akun VPN, server address, local ID, hingga dengan alamat Proxy.

8. Jika sudah terpenuhi, klik "Done".

Cara menonaktifkan VPN.

Cara mengaktifkan VPN di iPhone dan iPad © freepik.com

foto: freepik.com

Untuk menonaktifkan profil VPN pada iPhone atau iPadmu juga nggak kalah praktis. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

1. Buka pengaturan.

2. Klik "general".

3. Klik "VPN".

4. Pada samping status, klik toggle sehingga warna yang ditampilkan mati, dan berubah menjadi abu-abu.

Cara untuk menghapus dan mengalihkan VPN ke profil lain.

Cara mengaktifkan VPN di iPhone dan iPad © freepik.com

foto: freepik.com

Bagi sebagian orang, terkadang membutuhkan tindakan untuk menghapus profil VPN karena berbagai alasan. Atau kamu adalah salah satu orang yang ingin beralih ke profil VPN lainnya. Nah, ada cara praktis yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan ini.

Untuk menghapus VPN, kamu hanya perlu klik tombol "Delete VPN". Sedangkan untuk mengalihkan, pilih profil yang ada di laman VPN. Kamu bisa menemukannya dengan membuka pengaturan lalu pilih "general".

Fungsi VPN.

Cara mengaktifkan VPN di iPhone dan iPad © freepik.com

foto: freepik.com

1. Meningkatkan kecepatan download.

Mendownload berbagai file dari internet menjadi aktivitas yang sering kamu lakukan. Bahkan nggak jarang file tersebut memiliki ukuran yang besar, sehingga membuat proses download menjadi lebih lama.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, VPN bisa menjadi solusinya. Ketika menggunakan VPN, maka kamu seperti menggunakan jaringan pribadi, yang mana sedikit digunakan oleh orang lain, sehingga kecepatan menjadi bertambah.

Di samping itu, kamu juga bisa terhubung langsung dengan arus data yang mengalir di internet, yang dapat meningkatkan kecepatan download.

2. Mengamankan transaksi secara online.

Kegiatan transaksi secara online menjadi pemandangan yang kerap dilakukan saat ini. Apalagi untuk kamu para pengusaha yang menggantungkan koneksi internet dalam berbisnis, VPN dapat mempermudah usahamu.

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan adalah menghindarkan dari pencurian data. Seperti yang kamu ketahui, kejahatan di dunia maya tersebut bisa terjadi lantaran kerap menggunakan sumber internet yang bersifat publik.

Ketika menggunakan VPN kamu dapat mengamankan data seperti data kartu rekening. Kehadiran VPN ini dapat mengamankan data serta transaksi yang kamu lakukan secara online.

3. Menutupi aktivitas browsing.

Keamanan privasi pun bisa dijaga dengan menggunakan VPN. Fitur VPN dapat menutupi aktivitas internet yang pengguna lakukan. Hal ini mengakibatkan history dari apa yang sudah kamu jelajahi di internet tidak akan terdeteksi oleh orang lain, sehingga tidak perlu khawatir apabila nanti orang lain yang tidak bertanggung jawab akan mengetahui apa yang user kerjakan.

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR