Brilio.net - Fitur dark mode belakangan ini lagi ngetren di kalangan pengguna smartphone. Mulai dari tampilan smartphone yang support mode gelap, hingga aplikasi populer yang juga menerapkan fitur tersebut. Penggunanya pun berbondong-bondong penasaran dengan fitur anyar itu.

Setelah Instagram yang menerapkan mode gelap, kini WhatsApp kabarnya dalam waktu dekat bakal support dengan fitur dark mode. Seperti diketahui, WhatsApp memang jadi salah satu primadona aplikasi chat di Indonesia. Dengan kehadiran mode gelap di WhatsApp, tentu bakal membuat banyak pengguna untuk cobain fitur tersebut.

Rencana WhatsApp untuk menggulirkan mode gelap sebenarnya sudah diketahui sejak lama. Tapi hingga saat ini belum diterapkan. Namun kabar terbaru dari WABetainfo menyebut WhatsApp akan menggulirkan fitur ini dalam waktu dekat. Meskipun fitur mode gelap belum resmi dirilis WhatsApp, kamu bisa mengakali dengan cara berikut.

Berikut ini cara mengaktifkan dark mode di WhatsApp, seperti brilio.net lansir dari liputan6.com pada Kamis (14/11).

1. Buka Setting/Pengaturan, lalu tekan Obrolan/Chat > Wallpaper > Solid Color/Warna Solid.

Loading...

2. Selanjutnya gulir ke bawah untuk memilih warna gelap diikuti dengan mengetuk Set/Atur untuk menerapkan wallpaper gelap ke layar obrolan.

cara aktif mode gelap whatsapp © liputan6.com

foto: liputan6.com

3. Kamu juga bisa memilih untuk menggunakan gambar gelap di WhatsApp yang disesuaikan hanya dengan menyimpannya ke galeri kamera dan memilih dari opsi Photos dari halaman Wallpaper.

WhatsApp akan memiliki dua tipe mode gelap. Perbedaan ini terletak pada penggunaan latar belakang saat pengguna mengaktifkan dark mode.

Untuk tipe pertama, WhatsApp menggunakan dark mode dengan latar belakang abu-abu dan warna hitam untuk menu termasuk bagian lain aplikasi. Sementara opsi dua, latar belakang hadir dengan warna jet black dan abu-abu muda untuk opsi menu.

Opsi kedua ini disebut akan lebih populer untuk pengguna dengan layar OLED. Sebab dengan pengaturan dark mode semacam ini mampu menghemat penggunaan baterai.

Selain kedua opsi tersebut, WhatsApp dilaporkan juga memiliki opsi ketiga, yakni penggunaan warna biru gelap. Kendati demikian, belum dapat dipastikan anak perusahaan Facebook ini akan merilis ketiga opsi ini atau salah satunya.

Pendekatan serupa sebenarnya juga sempat dilakukan oleh Twitter. Awalnya, Twitter menggunakan latar belakang abu-abu untuk dark mode, tapi selanjutnya dihadirkan pula dengan latar belakang hitam untuk menghemat daya baterai.

RECOMMENDED BY EDITOR