Brilio.net - Generasi Z memang tak bisa jauh-jauh dari kenarsisan diri. Apalagi mereka didukung teknologi komunikasi yang begitu canggih dan memadai. Begitu banyak cara mengekspresikan diri di dunia maya dengan berbagai platform media yang telah disetting sedemikian baiknya. Salah satunya adalah mengekspresikan diri melalui video.

Platform media berbentuk audio visual telah banyak dibuat, salah satunya adalah TikTok. Aplikasi yang paling populer secara global ini begitu mudah digunakan. TikTok adalah aplikasi yang berasal dari China, didirikan pada September 2016 oleh Zhang Yiming.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat video-video pendek secara cepat dan mudah, lalu bisa kamu bagikan di sosial media lainnya. Tercatat hingga berita ini ditayangkan, TikTok berhasil memuncaki 'Top Free Apps' di Google Play Store. Bahkan mengalahkan WhatsApp, YouTube Go, Facebook Messenger dan Facebook Lite.

Lalu bagaimana cara membuat video TikTok keren? Nah, brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber untuk kamu yang akan membuat video TikTok, Minggu (19/1).

1. Pentingnya pencahayaan.

Loading...

cara membuat video tiktok istimewa

Hal yang paling utama adalah pencahayaan. Carilah cahaya yang paling bagus. Pencahayaan yang baik akan membuat video TikTok kamu terlihat lebih keren. Tambahkan juga dengan fitur efek transisi yang akan membuat video TikTok kamu akan jauh lebih menarik.

2. Pilihan lagu.

cara membuat video tiktok istimewa

Pilihlah lagu yang cocok dengan tema video yang akan kamu buat. Jangan salah memilih lagu jika kamu tidak mau dianggap aneh. Lagu juga yang menunjang untuk kerennya video yang akan kamu buat. Kemudian, kamu juga perlu menambahkan efek filter yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter video yang kamu buat.

3. Jangan buru-buru.

Lalu yang ketiga adalah kamu jangan terburu-buru atau tergesa-gesa dalam membuat video TikTok. Agar hasilnya keren dan cantik.

Proses pembuatan video dengan tema transisi yang menghasilkan durasi 5 menit, tetapi prosesnya akan memakan waktu hampir 4 jam untuk memilih dan mengedit lagu.

4. Jangan monoton.

Dalam artian kamu harus berinovasi. Video yang kamu buat dan edit jangan monoton itu-itu saja. Kamu bisa melihat video TikTok konten kreator yang lain agar kamu punya referensi dan inspirasi lainnya.

5. Aplikasi editor.

cara membuat video tiktok istimewa

Ada banyak sekali efek, animasi, hingga filter baru di aplikasi editor yang bisa kamu pakai. Sehingga, video yang telah kamu buat menjadi lebih menarik dan keren.

Adapun beberapa aplikasi editor yang bisa kamu coba seperti KineMaster Pro karena sangat mudah digunakan. Lalu ada Vizmato yang bisa membuat dua atau lebih video bergabung menjadi satu frame yang sama.

Selanjutnya ada Funimate yang berguna untuk memberikan kesan slowmotion, ip-synv atau lainnya. Kemudian InShot, salah satu aplikasi editor video TikTok yang paling sering digunakan karena memiliki user interface yang mudah dipahami dan digunakan. Yang terakhir adalah PowerDirector, di mana aplikasi ini memberikan lebih dari 30 efek dan transisi efek.

Reporter: mgg/Nurul Fitriana

RECOMMENDED BY EDITOR