Brilio.net - Nggak hanya di dunia nyata saja, orang suka berinteraksi atau melakukan perbincangan mengenai berbagai hal di dunia maya. Ya umumnya orang membuat grup percakapan di aplikasi seperti WhatsApp, Line, ataupun Facebook. Mereka menggunakan grup itu tak hanya untuk pekerjaan saja, melainkan juga untuk percakapan dengan keluarga, hingga obrolan bersama teman-teman terdekat.

Ya keseruan percakapan di grup mengenai suatu minat tertentu memang mengasyikkan. Apalagi saat ini aplikasi media sosial berlomba-lomba menawarkan berbagai fitur menarik untuk memudahkan penggunannya. Biasanya grup tersebut digunakan untuk membagikan informasi dari berbagai media, bisa berupa foto, video, atau yang lainnya. Misalnya, untuk membagikan link konten tertentu dari aplikasi media lain.

Mungkin ada sebagian diantara kamu yang nggak tahu, kalau Instagram memiliki fitur untuk chatting atau sekadar ngobrol di aplikasi tersebut. Yang ini bukan chat dengan satu orang saja melainkan dengan banyak orang. Ya kamu dapat membuat grup percakapan di apliksai Instagram. Caranya pun mudah dan nggak banyak memerlukan waktu serta bisa dilakukan oleh siapapun. Lalu gimana cara membuatnya? Dari pada kelamaan yuk langsung simak rangkuman di bawah ini.

Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, cara membuat grup percakapan di Instagram (IG), mudah dan bisa kamu praktikkan, pada Selasa (21/1).

Cara membuat grup percakapan di Instagram.

Loading...

Cara membuat grup percakapan di Instagram freepik.com

foto: freepik.com

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan membuat grup percakapan di fitur Direct Message (DM). Berikut caranya.

1. Masuk ke akun Instagram kamu. Kemudian pada home Instagram klik direct message atau (DM) yang ada di pojok kanan atas.

2. Masuk ke DM, tulis sebuah pesan misalnya "Share Info" lalu pilih dua teman atau lebih dengan mengetik nama akun mereka untuk dijadikan anggota grup.

3. Setelah itu beri nama grup pada bagian "Name this group" yang secara otomatis akan muncul setelah kamu memilih akun teman-teman kamu.

4. Lihat bagian bawah kolom untuk menulis pesan, kita dapat menuliskan pesan maupun menshare gambar ataupun video di grup tersebut.

5. Jika ingin mengirim gambar kamu dapat menekan ikon gambar yang ada di kolom write a messege. Gambar yang kamu kirim bisa kamu ambil dari galeri di smartphone.

6. Nah, jika kamu ingin menambahkan anggota di grup percakapan ini cukup klik nama grup, lalu pilih ikon tambah (+).

Cara membuat grup di Instagram Stories.

Cara membuat grup percakapan di Instagram freepik.com

foto: freepik.com

Seperti sudah banyak diketahui, bahwa fitur Instagram Stories digunakan untuk mengunggah foto dan video dalam kurun waktu yang terbatas. Kamu bisa menggunggah foto yang telah diedit menggunakan teks ataupun emoticon yang tersedia di fitur ini. Serunya kini kamu bisa mengundang para pengikut akunmu untuk gabung di obrolan DM dalam satu topik tertentu. Nah cara membuat grup melalui Instagram story ini mudah lho. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka akun instagram kamu, kemudian pilih menu stories. Buat foto atau video terlebih dahulu, lalu tekan tombol panah atau next.

2. Setelah itu pilih beberapa teman yang ingin kamu ajak gabung ke dalam grup.

3. Pilih New Group, kemudian kamu bisa memberi nama grup sesuai seleramu.

Pengguna juga bisa memilih cara simpel lainya dengan menempelkan stiker "chat" atau "obrolan" dan menuliskan topik yang ingin dibahas. Pertama kamu bisa mengklik ikon "Smiley" untuk menemukan stiker "obrolan", lalu ketuk stiker tersebut. Kemudian tulis topik percakapan yang ingin dibahas dalam grup untuk mengundang para pengikut atau followermu.

Nantinya teman-teman yang tertarik dengn topik tersebut dapat mengetuk stiker untuk bisa bergabung di dalamnya. Pengguna dapat melihat daftar teman yang ingin bergabung dan mengusap layar ke atas untuk membuka "viewer". Selanjutnya kamu bisa memilih dan menyetujui siapa saja yang bisa bergabung untuk memulai percapakan grup ini. Setelah kamu menyetujui permintaan teman kamu, mereka akan melihat sebuah percakapan dalam grup di Direct Message. Kamupun bisa mengakhiri percakapan itu kapan saja

Cara menghapus grup percakapan di Instagram di direct message.

Cara membuat grup percakapan di Instagram freepik.com

foto: freepik.com

Setelah kamu membuat grup Instagram dan berniat menghapusnya, caranya gampang kok.

1. Pertama kamu harus menekan nama grup yang akan kamu hapus.

2. Kemudian akan muncul informasi mengenai mengakhiri obrolan. Setelah mengklik mengakhiri obrolan secara otomatis grup akan terhapus.

RECOMMENDED BY EDITOR