Brilio.net - Facebook (FB) merupakan salah satu media sosial paling populer. Pasalnya hampir semua orang terkoneksi di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut. Sama halnya dengan media sosial lainnya, Facebook juga dapat mempermudah kita berinteraksi dengan kerabat, saudara, maupun orang baru yang tidak kita kenal.

Menawarkan segudang fitur, Facebook dapat menjadi sarana berkomunikasi dengan siapapun meksipun dibatasi oleh jarak. Tak hanya itu, banyak juga pengguna Facebook memanfaatkan jejaring sosial untuk berdiskusi, berbagi, dan sebagian orang memanfaatkannya untuk berjual-beli.

Bisa dikatakan Facebook merupakan media sosial yang cukup bermanfaat untuk berbagai kalangan, mula dari anak-anak hingga orang dewasa. Meski demikian, perlu diwasadai pula, tak jarang hal negatif berseliweran di Facebook. Misalnya saja memberikan ujaran kebencian, berbagi konten-konten video berkonten negatif, atau bahkan konten-konten yang mengandung SARA.

Meski Facebook cukup populer, namun orang-orang mulai meninggalkan media sosial satu ini. Pasalnya Facebook tak semenyenangkan sebelumnya. Banyak hal yang membuat makin lama kita makin malas berjejaring lagi di Facebook.

Dilansir brilio.net dari liputan6.com, Kamis (14/11), Sudah banyak kampanye bergulir untuk memboikot Facebook. Salah satu yang sempat viral adalah tagar #DeleteFacebook yang telah jadi tren global. Menghapus akun Facebook pun telah dilakukan oleh banyak pengguna di seluruh belahan dunia.

Loading...

Mungkin kamu salah satu di antara mereka yang mulai bosan menggunakan media sosial Facebook. Apakah kamu ingin memblokir akun Facebook milikmu sendiri baik sementara atau permanen? Namun bingung caranya bagaimana? Berikut panduannya yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (14/11).

1. Cara memblokir akun Facebook sendiri sementara lewat HP android.

Cara memblokir FB sendiri pixabay

foto: pixabay.com

Kamu bisa menggunakan HP untuk memblokir Facebook. Caranya cukup mudah.

- Buka aplikasi Facebook pada Android kamu, dan login. Klik pada menu tiga garis horizontal.

- Lakukan scrolling ke bawah, pilih Settings dan Privacy.

- Pilih Account Settings.

- Klik opsi General.

- Klik Manage Account.

- Klik Deactivate untuk menonaktifkan akun.

- Pilih alasan menonaktifkan akun sementara. Jangan lupa untuk mengisi alasannya pada kolom yang tersedia di bawah opsi.

- Centang untuk menolak email dari Facebook dan klik tombol Deactivate.

- Akun kamu sudah berhasil dinonaktifkan sementara.

- Klik OK untuk keluar dari akun.

2. Cara memblokir FB sendiri sementara lewat PC.

Cara memblokir FB sendiri pixabay

foto: pixabay.com

Sama halnya dengan HP, memblokir Facebook juga bisa kamu lakukan lewat PC. Berikut langkah-langkahnya.

- Buka browser pada PC atau Laptop. Lalu login akun Facebook yang akan kamu blokir.

- Pada halaman Beranda, klik tanda panah bawah di akhir menu dan kemudian pilih pengaturan.

- Kemudian kamu akan mendapati halaman Pengaturan Umum Akun dan Klik Edit pada bagian Kelola Akun.

- Setelah itu akan muncul pengaturan di bawah Kelola Akun. Pada bagian Nonaktifkan akun kamu, klik tulisan Nonaktifkan akun kamu yang berwarna biru.

-Langkah selanjutnya adalah kamu kamu harus memberi alasan menonaktifkan akun Facebook. Kamu bisa memiliih bermacam alasan dan setiap alasan yang kamu pilih, jangan lupa untuk menjelaskannya pada kolom yang ada tulisan harap jelaskan lebih lanjut.

- Kamu juga dapat mencentang bagian tolak email, jika kamu tidak ingin ada inbox yang masuk ke email kamu dari Facebook nantinya. Kemudian, klik tombol Tutup.

- Kemudian akan muncul kotak dialog yang akan meverifikasi kamu kembali. Jika yakin untuk menonaktifkan akun Facebook kamu, klik tombol nonaktifkan Sekarang.

- Selanjutnya ini akan terlihat info bahwa akun Facebook kamu telah berhasil dinonaktifkan sementara.  Namun, untuk mengaktifkannya kembali, kamu bisa login seperti biasa.

3. Memblokir Facebook secara permanen.

Cara memblokir FB sendiri pixabay

foto: pixabay.com

Sebelum menghapus akun Facebook secara permanen, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Pertama, dengan menghapus akun, tidak akan mendapatkan akses kembali terhadap akun yang dihapus.

Ada baiknya sebelum melakukan pemblokiran secara permanen, kamu mengunduh salinan informasi akun Facebook yang akan dihapus. Caranya adalah

- Masuk ke akun Facebook yang ingin dicadangkan.

- Buka pengaturan Facebook.

- Pilih bagian umum.

- Klik pada tulisan "Unduh salinan data Facebook kamu" yang berada pada informasi bagian paling bawah.

- Setelah muncul laman Unduh Informasi Saya, ketuk tombol Mulai Arsip Saya.

Kedua, setelah memilih untuk menghapus akun, siapapun tidak bisa mencari atau menemukan akun milikmu.

Ketiga, beberapa hal tidak tersimpan seluruhnya dalam akun Facebook yang kita miliki. Oleh karena itu, data-data ini tidak akan ikut terhapus saat kamu menghapus akun Facebook. Salah satunya adalah pesan yang telah dikirim melalui Messenger.

Jika kamu ingin memblokir Facebook secara permanen, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

- Buka browser pada Android kamu  (misalnya Google Chrome). Buka halaman Facebook dan login ke akun.

- Kunjungi link www.facebook.com/help/delete_account pada browser. Kamu bisa melakukannya pada tab yang sedang kamu buka atau dengan membuka tab baru pada browser.

- Halaman ini merupakan halaman konfirmasi penghapusan akun Facebook secara permanen. Masukkan password akun untuk melanjutnya. Kemudian, tekan tombol Kirim.

- Selanjutnya, akan diberitahu jadwal penghapusan resmi akun secara permanen. Artinya, kamu tidak dapat memiliki akun itu lagi setelah dihapus pada jadwal itu. Klik tombol Konfirmasi Penghapusan untuk melanjutkan penghapusan akun.

- Jadwal yang tertera pada gambar adalah 14 hari kemudian setelah kamu melakukan pemblokiran permanen. Jika kamu tidak login sebelum tanggal tersebut, maka akun kamu benar-benar akan terhapus.

- Akun Anda berhasil dijadwalkan untuk dihapus pada 14 hari kemudian.

RECOMMENDED BY EDITOR