Brilio.net - Jika kamu belum tahu tentang cache, ini adalah saat yang tepat untuk memperdalam pengetahuan tentang hal yang satu ini. Cache merupakan data yang tersimpan secara sementara di memori internal yang dikumpulkan dari setiap aplikasi yang digunakan. Dengan kata lain, setiap aplikasi yang ada di smartphone pasti memiliki cache.

Cache sendiri tercipta dari sering dan lamanya suatu aplikasi digunakan. Semakin sering dan lama aplikasi itu digunakan, semakin banyak pula cache yang diciptakan, yang dalam hal ini akan menguras ruang memori internal juga.

Membersihkan cache dapat memberi manfaat ketika menggunakan browser atau aplikasi. Pada browser, membersihkan cache bisa mencegah pengguna menggunakan formulir lama, melindungi informasi pribadi, dan membantu aplikasi berjalan lebih baik di komputer. Sedangkan pada aplikasi, pembersihan cache bisa memberi efek baik seperti hemat memori, menghindari smartphone dari panas berlebih, dan lain-lain.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara membersihkan cache di Android dan iPhone, berikut langkah-langkahnya yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (13/10).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Membersihkan cache pada Android

Cara membersihkan cache di Android dan iPhone berbagai sumber

foto: pexels.com

1. Buka Pengaturan atau Settings.

2. Pilih Aplikasi atau Apps.

3. Lalu pilih setiap aplikasi yang ingin dihapus cache-nya. Sebaiknya pilih aplikasi yang sering digunakan. Karena seperti yang sudah disebutkan, aplikasi-aplikasi yang sering digunakan memakan cache yang banyak. Lebih bagus lagi kalau menghapus cache ini dilakukan secara rutin setelah menggunakan setiap aplikasi.

4. Setelah aplikasi diklik, klik Clear Cache atau Bersihkan Cache.

Jika kamu tidak ingin repot harus pergi ke Pengaturan, kamu tinggal menyentuh lama masing-masing aplikasi, pilih Info, lalu Bersihkan Cache.

Tips bermanfaat lainnya, kamu bisa pergi ke My File atau File Saya, pilih folder Android, lalu hapus folder tersebut. Jangan khawatir, menghapus folder ini tidak akan berpengaruh pada data-data kamu. Folder Android ini berisi berkas-berkas yang sifatnya sementara. Jika kamu tidak bisa menghapusnya, cari folder Media di dalam folder Android tersebut, lalu hapus.

Sebelum menghapus folder Android, coba perhatikan berapa besar memori internal kamu yang dimakan oleh sistem. Jangan kaget jika ukurannya besar, karena foldernya jarang diperhatikan. Tinggal lihat di bagian Rincian dan kamu akan menemukan jumlah memori yang terpakai selama ini.

Membersihkan cache pada iPhone

Cara membersihkan cache di Android dan iPhone berbagai sumber

foto: pexels.com

1. Pilih menu Pengaturan atau Settings dan ikuti dengan mengklik General.

2. Lalu klik iPhone Storage.

3. Dari menu Storage, kamu akan melihat deretan aplikasi dengan data tertinggi berada di posisi paling atas. Klik masing-masing aplikasi untuk melihat seberapa besar memori internal kamu dikuras oleh sistem.

4. Lakukan pembersihan dengan membuka aplikasi tersebut dengan mengklik Clear Cache.

5. Jika kamu merasa direpotkan dengan menghapus cache secara manual ini, kamu bisa menghapus aplikasi tersebut dan menginstalnya kembali. Untuk menghapus aplikasi, klik iPhone Storage lalu klik Delete App di bagian bawah.

(brl/lea)

RECOMMENDED BY EDITOR