Brilio.net - Apakah kamu pernah melihat meme video di YouTube ataupun konten di media sosial lainnya, namun mereka menggunakan suara Google Translate? Mungkin sebagian besar dari kamu bertanya-tanya atau bahkan ingin mengetahui cara untuk download suara Google Translate. Pasalnya, banyak yang menganggap meme dengan suara Google Translate berkesan lucu.

Perusahaan teknologi terkenal dan terbesar, seperti Google tentu menyediakan banyak layanan untuk menunjang aktivitas keseharian penggunanya. Tak heran bila beberapa layanan tersebut menjadi sorotan publik. Salah satunya adalah fitur suara dari Google Translate sendiri. Fitur ini biasa disebut dengan sound of text alias text yang diubah menjadi suara.

Alih-alih digunakan pengguna untuk mengetahui pelafalan suatu bahasa yang diterjemah, suara Google Translate malah banyak disalahgunakan oleh masyarakat Indonesia maupun warganet dunia. Suara Google Translate kerap ditemukan sebagai meme video dari konten kreator atau bahkan digunakan untuk membuat remix lagu lho. Ada-ada aja ya.

Namun sebenarnya apa sih layanan Google Translate itu? Google Translate merupakan layanan yang berasal dari perusahaan Google yang berfungsi untuk menerjemahkan teks ke suatu bahasa tertentu yang dipilih pengguna. Seiring berjalannya waktu, Google Translate dilengkapi dengan fitur suara agar pengguna mengetahui lebih dalam pelafalan suatu bahasa.

Google Translate tersedia versi mobile yang bisa diunduh secara gratis di smartphone Android. Saat ini, Google Translate memiliki lebih dari 109 bahasa yang sangat beragam seperti Indonesia, Inggris, Jerman, Brasil, dan negara lain-lainnya.

Nah jika kamu minat untuk download suara Google Translate, kamu perlu mengetahui cara download suara Google Translate. Kamu bisa menggunakan PC maupun smartphone untuk mengunduhnya. Bila kamu menggunakan PC, kamu bisa memanfaatkan Developer Tools untuk download suara Google Translate. Namun, bila memakai smartphone, kamu bisa memakai aplikasi Voice Maker dan Sound of Text.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (31/12), berikut cara download suara Google Translate yang bisa kamu lakukan melalui smartphone maupun PC:

1. Cara download suara Google Translate di laptop melalui Developer Tools.

Bila kamu menggunakan laptop, kamu bisa memakai fitur Developer Tools. Fitur ini tersedia pada aplikasi browser kamu seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. Dengan tool ini, kamu dapat mengunduh suara Google Translate. Berikut cara-caranya:

1. Pergi ke situs Google Translate. https://translate.google.com/

2. Ketik bahasa yang ingin diterjemah.

3. Pengguna Google Chrome, klik titik tiga vertikal di bagian pojok kanan atas.

4. Selanjutnya, pilih More Tools > Developer Tools.

5. Klik tombol Network pada bagian atas.

6. Klik Tombol Suara pada Google Translate.

7. Setelah itu di bagian Network, akan tertampil beberapa jenis file > pilih ekstensi media.

8. Temukan file bernama translate_tts, klik kanan dan pilih Open in new tab.

9. Suara Google Translate akan tampak, klik titik tiga vertikal > pilih download.

Proses selesai. Cara download suara Google Translate di laptop telah usai dan file akan tersimpan secara otomatis.

2. Cara download suara Google Translate di HP melalui Voice Maker

Untuk cara download suara Google Translate di HP, kamu bisa menggunakan Voice Maker. Tak hanya di HP, Voice Maker ternyata juga bisa diakses melalui laptop lho. Namun untuk di HP, begini cara download suara Google Translate dengan mudah:

1. Menuju ke situs Voice Maker: https://voicemaker.in/.

2. Pada kolom Text, terjemahkan bahasa yang hendak dijadikan suara.

3. Setelah itu, pilih Language and Regions > pilih bahasa output.

4. Untuk memilih jenis suara, kamu bisa klik Voice untuk mengetahui suara apa saja yang tersedia.

5. Bila sudah memilih suara, klik tombol Download MP3.

Proses usai. Cara download suara Google Translate di HP melalui Voice Maker berhasil dilakukan. File akan secara otomatis tersimpan di file smartphone kamu.

3. Cara download suara Google Translate di HP melalui Sound of Text

Yang terakhir, kamu bisa menggunakan situs Sound of Text untuk mengubah tulisan terjemahan kamu menjadi bahasa suara. Sama seperti Voice Maker, Sound of Text dapat diakses melalui PC maupun smartphone. Tanpa berlama-lama lagi berikut cara download suara Google Translate menggunakan Sound of Text:

1. Kunjungi situs Sound of Text sebagai berikut: https://soundoftext.com/

2. Pada kolom Text, terjemahkan bahasa yang hendak dijadikan suara.

3. Untuk memilih jenis suara, kamu bisa klik Voice untuk mengetahui suara apa saja yang tersedia.

4. Bila sudah memilih suara, klik tombol Submit.

5. Sebelum unduh, kamu bisa mendengarkan hasilnya terlebih dahulu dengan menekan tombol Play.

6. Tekan tombol Download untuk mengunduh.

Proses kelar. Cara download suara Google Translate di HP melalui Sound of Text berhasil dilakukan. Kamu bisa melihat file unduhan bisa kamu temukan di file manager ponsel kamu.

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/pep)