Brilio.net - Adobe Lightroom merupakan salah satu aplikasi editing foto yang cukup populer di kalang editor foto. Tidak hanya versi laptop, Adobe Lightroom versi Android juga banyak digunakan untuk keperluan editing foto.

Adobe Lightroom versi Android selain memiliki banyak fitur, penggunaanya juga dapat dibilang tidak terlalu rumit. Sehingga aplikasi ini merupakan aplikasi yang cocok untuk kalian gunakan sebagai salah satu aplikasi editing foto bagi yang ingin belajar mengedit foto.

Tapi kalian tau nggak sih kalau Adobe Lightroom itu punya banyak preset yang bisa kalian pakai? Dengan adanya preset, tentu saja proses editing foto kalian jadi lebih mudah dan cepat. Nah berkaitan dengan preset Adobe Lightroom, brilio.net sudah merangkum nih dari berbagai sumber pada Sabtu (26/2) cara download dan pasang preset Adobe Lightroom yang akan bikin proses editing foto kalian jadi mudah.

1. Cara download preset Adobe Lightroom.

Untuk mendownload preset Adobe Lightroom, kalian dapat mengunjungi beberapa website yang menyediakan preset Adobe Lightroom secara gratis atau kalian juga dapat mendownload preset Adobe Lightroom di Channel YouTube yang membahas preset Adobe Lightroom secara gratis.

Beberapa preset dapat didownload melalui Google Drive, jadi kalian dapat mendownload preset tersebut dengan mudah.

2. Cara memasang preset Adobe Lightroom di HP Android.

Sebelum memasang preset Adobe Lightroom pastikan bahwa kalian telah mendownload aplikasi ZArchiver pada HP kalian. Karena untuk memasukkan file preset Lightroom, kalian memerlukan aplikasi ini.

Terlebih lagi jika HP kalian menggunakan Android 10 atau yang lebih baru, kalian akan membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk membuka data pada HP kalian.

Setelah kalian menginstal Aplikasi ini, kalian bisa melakukan langkah sebagai berikut.

1. Buka aplikasi ZArchiver pada HP kalian.
2. Cari file preset yang telah kalian download sebelumnya.
3. Setelah menemukan file preset Adobe Lightroom yang telah kalian download, kalian tahan, tahan dan pilih salin.
4. Selanjutnya kalian klik Download pada sisi atas layar Hp kalian, dan pilih Memori perangkat.
5. Setelah itu klik Android.
6. Klik Data. Jika muncul notifikasi kecil dari ZArchiver kalian pilih OK.
7. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini dan kalian klik Gunakan Folder Ini.
8. Kemudian klik IZINKAN. Setelah kalian klik IZINKAN, kalian akan dapat mengakses data pada folder Android di HP kalian.
9. Secara otomatis kalian akan masuk ke dalam folder Data kemudian klik com.adobe.lrmobile.
10. Klik files.
11. Klik carouselDocuments.
12. Klik 046035fc1d3b4c00bc2bd8a1137bd967
13. Klik Profiles
14. Klik Setting
15. Klik UserStyles
16. Kemudian paste file copyan tadi dengan klik logo hijau pada pojok kanan bawah.
17. Setelah file preset tersalin, kalian ekstrak preset kalian di folder UserStyles. Caranya klik file preset, lalu klik ekstrak disini.

Proses pemasangan preset pada Adobe Lightroom telah selesai. Selanjutnya kalian dapat membuka aplikasi Adobe Lightroom kalian dan mulai mengedit menggunakan preset yang telah kalian masukkan. Untuk menggunakan preset pada Adobe lightroom, kalian dapat melakukan cara berikut.

1. Buka aplikasi Adobe Lightroom
2. Kalian pilih foto yang ingin kalian edit, jika kalian belum menambahkannya kalian dapat menekan tanda + pada pojok kanan bawah.
3. Klik preset dan kalian dapat menggunakan preset yang telah terpasang pada HP kalian.