Brilio.net - Di era yang serba digital, membuat orang ingin semua hal berjalan cepat namun tetap efisien. Kemunculan internet adalah jawaban bagi permasalahan tersebut.

Adanya internet diakui telah membawa perubahan yang besar dalam kehidupan manusia. Berbagai kemudahan yang ditawarakan membuat transaksi via online lebih diminati dan sering digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Saat ini hampir semua hal yang kamu lakukan memang sangat terbantu dengan adanya internet. Baik di bidang informasi maupun komunikasi. Tidak hanya itu, bidang finansial juga turut memanfaatkan keunggulan internet. Tak heran, sudah banyak perbankan yang menyediakan layanan internet banking untuk memudahkan nasabahnya.

Salah satu bank yang juga tak mau ketinggalan menghadirkan internet banking adalah BCA (Bank Central Asia). Ada banyak kelebihan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan internet banking BCA. Salah satunya adalah mempermudah berbagai transaksi hanya dalam waktu yang singkat, tanpa perlu pergi ke bank.

Dengan sekali klik, kamu bisa mengetahu informasi rekening maupun kartu kredit. Seperti cek saldo dan histori transaksi. Selain itu, kamu juga dapat menggunakannya untuk pembelian. Seperti belanja online, isi ulang pulsa, bayar tiket, maupun PLN prabayar. Kemudian bisa juga digunakan untuk transfer ke rekening lain, Sakuku, BCA Virtual Account, dan masih banyak lagi.

Loading...

Fitur dari internet banking BCA ini juga bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Ada pula m-banking dan mobile banking yang masih termasuk dalam layanan internet banking. Internet banking juga bisa diakses melalui smartphone maupun PC.

Nah, bagi kamu yang memiliki rekening BCA, tidak ada salahnya untuk menggunakan layanan internet banking. Jika kamu ingin mendaftar internet banking BCA, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/12) cara daftar internet banking BCA.

1. Daftar di ATM BCA.

internet banking bca istimewa

foto: freepik.com

Untuk mendaftar internet banking BCA, kamu tidak perlu pergi dan mengantre di bank, melainkan lewat ATM. Kamu bisa pergi ke ATM BCA terdekat. Kemudian mendaftar internet banking BCA melalui ATM. Cukup persiapkan kartu ATM atau kartu debit BCA dan ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

- Masukkan kartu debit BCA ke mesin ATM.

- Ketikkan PIN.

- Pilih menu daftar E-Banking/Autodebet.

- Kemudian pilih menu internet banking.

- Selanjutnya akan ada perintah untuk memasukkan PIN internet banking. Kamu boleh menggunakan PIN yang sama maupun berbeda.

- Ketikkan kembali PIN internet banking kamu untuk konfirmasi.

- Selanjutnya kamu akan mendaptkan user ID internet banking. PIN dan User ID inilah yang nantinya akan kamu gunakan untuk berbagai transaksi.

- Cetak dan simpan struk.

2. Aktivasi melalui website klikBCA.

internet banking bca istimewa

foto: infoperbankan.com

Setelah kamu sudah memiliki user ID, maka kamu tinggal aktivasi melalui website BCA. Kamu bisa mengaksesnya melalui link https://www.klikbca.com lalu ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

- Klik LOGIN.

- Ketikkan user ID dan PIN yang sudah kamu buat di ATM. Gunakan struk untuk memastikan bahawa user ID dan PIN yang kamu masukkan sudah benar.

- Kamu akan dialihkan pada halaman yang berisi syarat dan ketentuan klikBCA. Klik saja AGREE atau SETUJU.

- Selanjutnya masukkan alamat email.

- Masukkan nomor kartu debit kamu

- Jika menu utama klikBCA sudah muncul, maka kamu telah berhasil mengaktivasi dan bisa mulai bertransaksi via internet banking.

3. Aktivasi KeyBCA.

internet banking bca istimewa

foto: berbagiinfo4u.com

KeyBCA merupakan salah satu fitur klikBCA yag bertujuan untuk keamanan dan perlindungan. Mungkin kamu lebih mengenalnya dengan istilah token BCA.

Nah, cara kerja KeyBCA ini adalah dengan mengeluarkan password yang selalu berganti setiap nasabah malakukan transaksi. Jika kamu belum memiliki KeyBCA, maka datang saja ke kantor cabang BCA dengan membawa buku tabungan dan e-KTP.

Selanjutnya aktivasi KeyBCA, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

- Kunjungi website BCA di https://ibank.klikbca.com kemudian klik LOGIN.

- Masukan User ID dan PIN.

- Pilih menu Administrasion.

- Pilih Aktivasi KyeBCA.

- Masukan nomor kartu debit BCA.

- Cantumkan nomor seri KeyBCA.

- Hidupkan alat KeyBCA dan masukkan PIN.

- Jika muncul APPLI tekan angka 1.

- Apabila muncul kode respon, maka masukkan kode tersebut pada halaman aktivasi KyeBCA.

- Klik KIRIM.

- Tunggu konfirmasi bahwa aktivasi KeyBCA telah berhasil.

Setelah mengetahui cara daftar internet banking BCA. Jangan lupa berhati-hati agar user ID mu tidak terblokir ketika mengakses klikBCA. Berikut hal yang bisa membuat user ID dan klikBCA terblokir:

- Salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.

- Salah memasukan angka di KeyBCA sebanyak 3 kali berturut-turut.

- User ID dan PIN telah digunakan orang lain dan dilaporkan.

- Kartu ATM hilang atau diganti.

Reporter: Deta Jauda Najmah

RECOMMENDED BY EDITOR