Brilio.net - Beberapa pengguna aplikasi chat WhatsApp (WA) sudah bisa menikmati fitur pesan hilang secara otomatis. Fitur baru ini telah dirilis WhatsApp pada awal November lalu.

Fitur baru WA ini berfungsi untuk menghapus secara otomatis pesan yang telah kamu kirim, setidaknya selama tujuh hari kedepan. Cara ini lebih memudahkan kamu untuk membersihkan pesan-pesan yang sekiranya ingin kamu hapus setelahnya. 

"Di WhatsApp, kamu dapat mengirim pesan yang akan hilang secara otomatis dengan mengaktifkan fitur pesan sementara. Setelah diaktifkan, pesan baru yang dikirim di chat akan hilang setelah 7 hari," dikutip brilio.net dari laman resmi WhatsApp, faq.whatsapp.com, Kamis (19/11).

Setelan baru ini tidak akan mempengaruhi pesan yang dikirim atau diterima di chat sebelum fitur pesan sementara diaktifkan. Untuk chat pribadi atau antar personal, kamu bisa dengan mudah mengaktifkannya sendiri. Namun untuk pesan grup, hanya admin grup yang bisa menyalakan dan mematikan fitur ini.

Berikut cara aktifkan fitur pesan sementara atau chat hilang otomatis pada WhatsApp, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (19/11).

Loading...

 

Cara mengaktifkan atau menonaktifkan pesan yang hilang pada iPhone atau Android.

1. Buka WhatsApp.

2. Buka obrolan individu.

fitur pesan hilang otomatis © pixabay.com

foto: brilio.net

3. Ketuk nama kontak di bagian atas.

4. Pilih pesan yang menghilang atau sementara.

fitur pesan hilang otomatis © pixabay.com

foto: brilio.net

5. Ketuk Lanjutkan (jika diminta).

fitur pesan hilang otomatis © pixabay.com

foto: brilio.net

6. Pilih hidup untuk mengaktifkan.

fitur pesan hilang otomatis © pixabay.com

foto: brilio.net

7. Pilih mati untuk menonaktifkan.

Cara mengaktifkan dan menonaktifkan pesan sementara pada obrolan grup.

1. Buka WhatsApp.

2. Buka obrolan grup.

fitur pesan hilang otomatis © pixabay.com

foto: brilio.net

3. Jadi admin terlebih dulu pada grup.

4. Ketuk nama grup di bagian atas.

5. Pilih pesan yang menghilang atau sementara.

fitur pesan hilang otomatis © pixabay.com

foto: brilio.net

6. Ketuk Lanjutkan (jika diminta).

7. Pilih hidup untuk mengaktifkan fitur pesan hilang otomatis.

fitur pesan hilang otomatis © pixabay.com

foto: brilio.net

8. Klik mati jika ingin menonaktifkan fitur ini.

Cara mengaktifkan dan menonaktifkan pesan sementara pada WhatsApp Web dan desktop.

1. Buka Web atau aplikasi WhatsApp Web.

2. Buka obrolan individu atau grup.

3. Ketuk pada kontak atau nama grup di bagian atas.

4. Pilih pesan yang menghilang atau sementara.

5. Ketuk lanjutkan (jika diminta).

6. Pilih hidup atau mati

Namun WhatsApp memberikan petunjuk dan notifikasi jika kamu ingin memakai fitur ini. Adapun isi notifikasinya adalah:

1. Jika pengguna tidak membuka WhatsApp selama 7 hari, pesan tersebut akan hilang. Namun, pratinjau pesan mungkin masih akan ditampilkan di notifikasi sampai WhatsApp dibuka.

2. Ketika kamu membalas sebuah pesan, pesan orisinal akan dikutip. Jika pesan yang kamu balas adalah pesan sementara, pesan yang dikutip mungkin akan tetap ada di chat setelah 7 hari.

3. Jika pesan sementara diteruskan ke chat yang mematikan fitur pesan sementara, pesan tidak akan hilang di chat yang diteruskan.

4. Jika pengguna membuat cadangan sebelum pesan hilang, pesan sementara akan disertakan dalam cadangan tersebut. Pesan sementara akan dihapus ketika pengguna memulihkan dari cadangan.

Gunakan fitur pesan sementara hanya dengan orang-orang yang kamu percayai. Sebab, ada kemungkinan orang tersebut bisa meneruskan atau mengambil tangkapan layar pesan sementara dan menyimpannya, menyalin dan menyimpan isi pesan, mengambil foto pesan sementara dengan kamera atau perangkat lain sebelum pesan tersebut hilang.

Secara pengaturan, pesan dan foto yang kamu terima di WhatsApp akan diunduh secara otomatis ke media handphone maupun galeri foto. Jika fitur pesan sementara dinyalakan, media yang dikirim di chat akan hilang tetapi akan disimpan pada telepon jika unduh otomatis menyala.

Nah untuk itu kamu bisa mematikan unduh otomatis pada WhatsApp. Caranya, buka menu 'Setelan WhatsApp, lalu pilih Data dan penyimpanan'.

 

Cara mematikan notifikasi grup WhatsApp di Android.

Salah satu fungsi tergabung pada grup WhatsApp ialah menambah teman. Tapi sebagian orang mungkin tidak suka dengan pemberitahuan atau notifikasi pada grup. Pemberitahuan penuh, membuat handphone berbunyi terus setiap detik, membuatmu jadi merasa terganggu.

Solusi supaya notifikasi tidak lagi mengganggumu, kamu bisa membisukan pemberitahuan untuk percakapan grup WhatsApp. Hasilnya, kamu tetap bisa membaca pesan masuk di grup WhatsApp saat ada waktu, tanpa pusing mendengar suara notifikasinya.

Ada dua metode yang bisa kamu lakukan. Pertama, melalui menu tiga titik pada obrolan grup, dan kedua, dengan menekan lama pada utas obrolan grup di halaman "Obrolan".

Cara mematikan notifikasi grup WhatsApp pada Android.

- Via menu tiga titik.

a. Buka grup yang menurutmu paling mengganggu. Ketuk tombol Pilihan, yang dilambangkan dengan tiga titik di bagian pojok kanan atas. Tunggu sampai menu pop-up muncul. Pilih atau klik 'Info grup' untuk melanjutkan.

b. Pada layar settingan grup, pilih opsi 'Bungkam pemberitahuan' atau 'Mute notifications'.

c. Akan muncul pilihan berapa lama kamu akan mematikan notifikasi grup WhatsApp. Pilih sesuai keinginanmu yang paling cocok. Ada pun pilihannya adalah selama 8 jam, 1 minggu, atau hingga 1 tahun ke depan.

d. Jangan lupa centang pilihan 'show notifications' untuk tetap tahu ada pesan masuk tanpa mengganggu.

e. Untuk mengaktifkan suara notifikasi lagi, ketuk pada menu tiga titik, lalu pilih 'Unmute notifikasi'.

- Via menekan lama grup.

a. Tentukan grup WhatsApp yang ingin kamu bungkam.

b. Tekan sedikit lama grup WhatsApp tersebut. Hingga tombol utas di halaman utama muncul.

c. Pilih tanda speaker di bagian atas halaman utama.

d. Kamu akan diminta untuk memilih berapa lama notifikasi grup WhatsApp dimatikan. Pilih sesuai keinginan, selama 8 minggu, 1 minggu, atau 1 tahun.

e. Jangan lupa centang menu 'Tampilkan notifikasi'. Jika dicentang, kamu masih akan menerima pemberitahuan di bilah status serta peringatan LED, tetapi kamu tidak akan mendapatkan suara berisik dari WhatsApp.

f. Untuk mengaktifkan suara percakapan grup lagi. Ulang cara yang sama, lalu ketuk tombol unmute (ikon pengeras suara atau speaker) yang ada di bagian atas halaman utama.

RECOMMENDED BY EDITOR