Brilio.net - Dunia pertanian sering dijauhi anak muda. Gengsi bekerja di bidang teknologi bikin dunia pertanian jarang diminati. Alhasil, pertanian Indonesia seringkali kekurangan bakat-bakat unggul dan kurang maju dibandingkan bidang yang lain.

Nah, bagaimana sih jadinya kalau teknologi bisa dipadukan dengan pertanian?

Dilansir Brilio.net dari theverge, Senin (24/6), seorang teknisi dari produsen mobil Nissan di Jepang membuat sebuah robot bebek sederhana yang dengan mudah bisa membasmi gulma seperti rerumputan di sawah. Robot imut ini sendiri bukan inisiasi Nissan melainkan proyek DIY dari sang teknisi itu sendiri.

robot pembasmi gula sawah © 2019 brilio.net

Loading...

foto: YouTube/@

Cara kerjanya gampang sekali. Robot ini bekerja dengan mencegah bibit gulma mendapatkan suplai cahaya matahari dengan mengeruhkan air yang ada di sawah. Dua alat penggerak yang mirip dengan sekrup ini bisa dengan mudah mengeruhkan air tanpa mengganggu tanaman padi.

Hanya uji coba, belum ada rencana untuk mengkomersilkan robot bernama Aigamo ini. Belum juga ada laporan teruji klinis tentang keefektifan dari robot seberat 1,5 kg ini. Menariknya, teknisi dari Nissan tersebut juga memasang sistem pengisi daya dengan tenaga surya agar robot ini semakin mudah digunakan.

robot pembasmi gula sawah © 2019 brilio.net

foto: YouTube/@

Sebenarnya, robot ini hanya terdiri dari beberapa elemen sederhana seperti baterai, motor, dan komputer penerima signal GPS. Mudah didapatkan, sistem seperti ini sangat jamak di dunia teknologi robot.

Bagaimana Sobat Brilio, tertarik untuk menerapkan konsep robot DIY mungil ini di sawah sekitar rumahmu?

RECOMMENDED BY EDITOR