Brilio.net - Bagi siswa SD sampai mahasiswa, Microsoft PowerPoint selalu jadi software favorit untuk membuat presentasi menarik. Software ini juga jadi andalan pengajar seperti guru atau dosen untuk menyampaikan materi saat mengajar. Kemudahan dan kecepatan Microsoft Powerpoint dalam membuat sebuah presentasi jadi alasan kuat kenapa software ini bisa sangat populer.

Bisa membuat file Microsoft PowerPoint apik bukan jaminan bisa memberikan presentasi yang bagus. Saking malasnya, orang bisa hanya membaca kalimat yang ada di layar saat melakukan presentasi. Susahnya public speaking memang jadi momok yang menakutkan saat harus berada di depan dan menjelaskan materi yang ada.

Nah, kali ini Microsoft membuat sebuah terobosan baru. Perusahaan dari Negeri Paman Sam ini membuat sebuah asisten digital dengan teknologi AI untuk membantumu mempresentasikan materi dengan lebih baik. Asisten yang diberi nama Presenter Coach ini bisa memberikanmu tips dan trik saat dalam mode latihan di dalam Microsoft PowerPoint.


Rencananya, Presenter Coach akan dirilis untuk PowerPoint web pada musim panas tahun ini. Pengguna PowerPoint versi dekstop dan mobile perlu bersabar untuk mendapatkan fitur unik yang satu ini.

Seperti apa sih kemampuan Presenter Coach? Dilansir Brilio.net dari TheVerge, Rabu (19/6), yuk kita simak.

1. Mengingatkanmu agar tak menggunakan terlalu banyak kata filler.

Microsoft PowerPoint © 2019 brilio.net

Kata filler seperti "umm","hmm", dan "ngg" sering kamu gunakan ketika tersendat saat memberikan presentasi. Presenter Coach secara realtime akan memberikan notifikasi jika kamu terlalu sering menggunakan kata filler tersebut. Dengan ini, kamu bisa fokus ke presentasi dan berusaha tidak terlalu sering menggunakan kata filler.

2. Memperingkatkan agar tidak berkata kotor.

Microsoft PowerPoint © 2019 brilio.net

Berkata kotor sering kita lakukan secara tidak sengaja atau refleks saat melakukan presentasi. Hal seperti ini bisa membuat malu dan presentasi jadi jelek. Presenter Coach bisa langsung memperingatkanmu jika kamu menggunakan kata-kata yang sensitif atau kotor saat presentasi. Dengan ini diharapkan kamu akan lebih hati-hati saat melakukan presentasi.

3. Membuat laporan mendalam dari hasil presentasimu.

Microsoft PowerPoint © 2019 brilio.net

Laporan mendalam yang dihasilkan oleh Presenter Coach sangat membantumu untuk meningkatkan skill presentasi. Jika kamu hanya membaca kalimat dari presentasi, jangan harap bakal mendapatkan nilai bagus. Ada juga laporan tentang kecepatan presentasi dan tips dan trik untuk bisa lebih baik lagi.