Brilio.net - Mungkin banyak di antara kamu yang merasa asing saat mendengar nama Jim Geovedi. Dia adalah pakar keamanan teknologi informasi kelahiran Bandar Lampung yang saat ini tinggal di London, Inggris.

Belum lama ini, dirinya mengunggah status di akun Facebook miliknya yang menerangkan keamanan data pengguna Gojek dan Spotify. Dari aplikasi Gojek itu menerangkan secara gamblang bahwa pihak Gojek tidak menjamin keamanan database para penggunanya. Pihak Gojek menyarankan untuk tidak menunjukkan password milik pengguna ke orang lain. Sebab, resiko yang terjadi akan ditanggung oleh pengguna masing-masing.

gojek spotify © 2016 brilio.net

Lalu bagaimana dengan Spotify? Benarkah Spotify lebih aman? Jika dilihat dari keterangan 'security' Spotify, di awal kalimat menjelaskan bahwa Spotify akan selalu berusaha melindungi informasi semua penggunanya. Sama dengan Gojek, Spotify juga menyarankan untuk membuat password yang unik dan langsung log out setelah menggunakan Spotify lewat komputer.

Namun, pada akhir kalimat, Spotify menjelaskan bahwa selama proses pencegahan proteksi data, tidak ada standar keamanan yang sepenuhnya aman. Selain itu, Spotify juga tidak menanggung keamanan data pengguna.

Loading...

Wah, berarti sama aja dong? Bedanya Gojek lebih to the point dibanding dengan Spotify.

RECOMMENDED BY EDITOR