Brilio.net - Buat pengguna telepon seluler jadul (feature phone) mungkin selama ini kebingungan jika ingin mengakses situs pencari Google. Selain karena fitur yang dibenamkan pada HP jadul kurang mumpuni, masih banyak perangkat tersebut yang belum bisa menjangkau jaringan generasi keempat atau 4G. Malah tidak sedikit feature phone yang hanya mampu menjangkau fasilitas jaringan generasi kedua alias 2G, terutamna di daerah perdesaan. 

Tapi sekarang, buat pelanggan Indosat nggak perlu khawatir. Meski cuma memiliki HP jadul, tapi sudah bisa menanyakan informasi pada Google Assistant dengan mudah. Sebab, Indosat Ooredoo melalui IM3 Ooredoo secara resmi berkolaborasi dengan Google meluncurkan IM3 Ooredoo Phone Line.

Indosat Google © 2020 brilio.net(Ki-Ka) Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf dan Presiden Direktur & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama 

Jadi pengguna bisa memanfaatkan Google Assistant hanya dengan menggunakan panggilan telepon. Sudah begitu gratis lagi, tanpa memakan kuota data atau pulsa. Pelanggan cukup tekan 696 untuk mendapatkan informasi apapun yang dibutuhkan. Langkah ini membuat Indosat menjadi operator pertama di Indonesia yang bekerja sama dengan Google meluncurkan IM3 Ooredoo Phone Line secara resmi.

"Kami sangat senang bisa bekerja bersama Google untuk memberdayakan masyarakat. Ini komitmen kami untuk mewujudkan inklusi digital di Indonesia. Kami ingin memberikan kemudahan akses informasi bagi masyarakat yang tinggal di daerah perdesaan dengan keterbatasan akses internet dan feature phone,” ujar Presiden Direktur & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama saat peluncuran kerjasama ini di kantor Indosat, Jakarta Pusat, Senin (10/2).

Loading...

Lewat kerjasama ini masyarakat bisa mengembangkan potensi mereka dengan cara memanfaatkan dunia digital. Berkat kerjasama ini, pelanggan IM3 Ooredoo terutama yang menggunakan feature phone dan berada di wilayah dengan keterbatasan akses internet, tidak perlu bingung jika ingin mengetahui berita terkini, informasi cuaca, hingga menerjemahkan Bahasa Indonesia ke bahasa asing.

Indosat Google © 2020 brilio.net

Sementara Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf mengatakan, pihaknya berkewajiban untuk turut memastikan agar setiap orang Indonesia memiliki kesempatan melakukan sesuatu yang hebat bagi diri mereka sendiri dan nusa bangsa, melalui teknologi.

”Kami berterima kasih kepada Indosat Ooredoo atas kerjasamanya untuk menyediakan sebuah teknologi baru bernama IM3 Ooredoo Phone Line dengan Asisten Google yang diharapkan dapat membantu memperluas akses informasi kepada masyarakat Indonesia,” ungkap Randy.  

Ada alasan mengapa Indosat melansir program ini. Sebab, berdasarkan Data GSMA Mobile Economy Report tahun 2019, di Indonesia masih terdapat gap atau kesenjangan digital antara penduduk di kota besar dan perdesaaan. Ditambah lagi dengan kondisi geografis Indonesia yang berupa kepulauan.

Kondisi ini menyebabkan akses informasi digital belum mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Untuk menjawab keterbatasan tersebut, layanan IM3 Ooredoo Phone Line dengan Asisten Google hadir sebagai solusi penghubung ke dunia digital.

RECOMMENDED BY EDITOR