Brilio.net - Beberapa waktu lalu jagat maya dikejutkan tentang skandal Facebook yang dituding telah menjual data para pengguna kepada pihak lain. Kabar tersebut diungkap oleh Cambridge Analytica, yang melaporkan adanya penyalahgunaan data dari pengguna FaceEfek. Dari kejadian tersebut saham Facebook dari Mark Zuckerberg ini langsung mengalami penurunan signifikan.

Tak sedikit pengguna yang merasa kecewa dengan kabar penyalahgunaan data yang dilakukan oleh perusahaan Facebook. Sempat pula muncul tagar #deletefacebook di media sosial lain sebagai tanda kekecewaan dari para pengguna.

Media sosial Facebook sendiri diketahui telah menyimpan banyak data dari para penggunanya, mulai dari sejak pertama kali mendaftar hingga aktivitas terakhir. Semua aktivitas yang dilakukan pengguna Facebook dapat direkam dan disimpan Facebook dengan mudah. Ada beragam data yang direkam dan dikumpulkan Facebook seperti percakapan, pesan singkat, foto, hingga data pribadi pengguna.

curi fb © 2018 brilio.net

foto: cnbc.com


Usai skandal penyalahgunaan data, banyak pengguna Facebook yang merasa khawatir. Tak sedikit pula yang penasaran dengan data apa saja yang telah dicuri oleh Facebook. Dilansir brilio.net dari laman Cnbc, Selasa (27/3), berikut cara mengetahui dan mengunduh data yang direkam Facebook dari penggunanya.

curi fb © 2018 brilio.net foto: cnbc.com


Pertama, masuk ke akun Facebook masing-masing kemudian buka bagian setting. Selanjutnya klik 'Download a copy of your Facebook data'. Tak berselang lama akan muncul perintah untuk mengunduh atau mendownload di 'Download Archive'. Tunggu dalam beberapa saat, data yang direkam Facebook siap diunduh. Data yang kamu unduh akan berupa file zip.

Setelah mengunduh dari facebook, kamu bisa mengekstrak file untuk mengetahui lebih detail. Facebook akan membagikan ke beberapa folder sesuai mulai dari pesan, foto, videos, hingga data percakapanmu semua ada.